ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Membuat Add Notes di Instagram, Gaya Baru Berkomentar

Cara Membuat Add Notes di Instagram Header

Gadgetren – Instagram telah menghadirkan fitur anyarnya bernama Add Notes yang kabar baiknya fitur sudah bisa dinikmati oleh pengguna di Indonesia.

Berbeda dengan fitur Notes sebelumnya yang berada di halaman DM Instagram, Add Notes memungkinkan kamu meninggalkan catatan atau komentar pada foto dan Reels.

Add Notes akan muncul dalam bentuk catatan atau komentar singkat pada sebuah gelembung kecil di atas konten foto dan Reels. Sama halnya dengan Notes, Add Notes juga bersifat sementara yang mana akan hilang setelah tiga hari secara otomatis.

Cara Membuat Add Notes di Instagram

  • Update aplikasi Instagram untuk mendapatkan pembaruan fitur Add Notes.
  • Setelah itu masuk ke Instagram dengan akun personal kamu.
  • Pilih salah satu postingan foto atau Reels di halaman beranda.
  • Ketuk ikon tanda pesawat di bawah foto.Add-Notes-IG
  • Jika memilih Reels, ketuk ikon tanda pesawat terdapat di samping kanan bawah.Add-Notes-IG
  • Kemudian tulis catatan atau komentar di dalam kotak komentar.
  • Pilih catatan ingin dilihat oleh siapa saja , misal close friends (teman dekat) atau followers yang mengikuti balik.Add-Notes-IG
  • Setelah itu ketuk tombol Share di bawah.Add-Notes-IG
  • Komentar akan muncul di atas konten postingan tersebut.

Add Notes menjadi cara baru pengguna mengomentari postingan foto dan Reels. Komentar yang telah dibuat di Add Notes nantinya akan muncul di atas konten dan dapat dilihat oleh follower sesuai dengan setelan yang dipilih.

Fitur Add Notes menambahkan pilihan lain dalam berinteraksi di Instagram yang menurut Adam Mosseri selaku Head of Instagram beranjak dari kepopuleran fitur Notes.

Dengan berinteraksi melalui Add Notes, pengguna dapat lebih personal berkomunikasi dengan pemilik postingan seperti mengirim pesan langsung. Sementara untuk pemilik foto dan Reels dapat melihatnya dengan cepat hanya melalui bubble di atas konten tanpa harus mencari di kolom komentar.

Hal tersebut akan mempersingkat waktu pencarian jika komentar pada postingan sudah begitu banyak yang terkadang membuat sebagian pengguna Instagram cukup merepotkan untuk membalas satu persatu.

Satu postingan foto dan Reels diketahui dapat memuat banyak komentar melalui Add Notes. Namun demikian fitur Add Notes juga membuka peluang untuk lebih banyak orang berkomentar sehingga bisa saja ada komentar yang berisi hal kurang berkenan.

Maka dari itu pihak Instagram dilansir dari The Verge menyebutkan bahwa pengguna dapat menonaktifkan fitur Add Notes. Sayangnya untuk saat menonaktifkan fitur Add dilakukan melalui menu Turn off commenting yang mana juga membuat kolom komentar ikut tidak aktif.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.