ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Touchscreen HP vivo Untuk Tes Masalah Sentuhan di Layar

Cara Cek Touchscreen HP vivo Header

Gadgetren – Touchscreen atau layar sentuh merupakan komponen yang paling penting pada ponsel pintar karena berfungsi untuk segala aktivitas.

Mulai dari memilih menu, melakukan navigasi, mengatur Settings, mengakses atau menjalankan aplikasi, hingga memainkan game dapat dilakukan dengan hanya menggunakan sentuhan jari.

Akan tetapi performa touchscreen bisa menurun saja menurun sehingga kurang responsif yang mana tentu akan membuat navigasi sehari-hari jadi terganggu. Jika kamu merasakan hal tersebut, mungkin sudah saatnya untuk mengecek kondisi touchscreen vivo.

Cara Cek Touchscreen HP vivo

  1. Buka aplikasi Phone atau Telepon.
  2. Ketik kode *#558#.
  3. Pada halaman Factory Test yang muncul, pilih menu Engineering Test.
  4. Pilih tab Engineering Test 2 yang memuat Touchscreen test.
  5. Selanjutnya, pilih opsi Touchscreen test dan Handwriting Test untuk mulai pengetesan.
  6. Ikuti instruksi yang tampil di layar.

Touchscreen test akan melakukan tes secara otomatis dengan beberapa parameter yang tersedia. Untuk memulainya, kamu dapat menekan tombol Start Test. Jika touchscreen terdeteksi berjalan normal, maka parameter akan mendapatkan tanda Pass di dalam kotak hijau.

Sementara Handwriting Test memungkinkan kamu melakukan pengujian touchscreen dengan membuat pola gambar yang harus diisi. Selain itu, kamu juga dapat mencoba untuk membuat suatu tulisan atau gambar di layar untuk mengetahui apakah semua area normal.

Namun perlu dicatat bahwa tidak semua ponsel vivo dapat menggunakan kode Factory Test tersebut sehingga kamu harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti Screen Test Pro untuk melakukan pengujian.

Gunakan Aplikasi Screen Test Pro

  1. Unduh aplikasi Screen Test Pro dari Google Play Store.
  2. Jalankan aplikasi Screen Test Pro setelah terpasang.
  3. Pilih menu Multi-touch Test untuk menguji sentuhan jari pada layar sentuh.
  4. Kamu juga dapat memilih opsi Touch Test untuk menguji secara keseluruhan titik mana saja yang dapat merespon sentuhan jari.

Rata-rata touchscreen ponsel masa kini sudah mendukung multi sentuhan hingga 10 jari sekaligus. Apabila di layar muncul 10 angka pada saat Multi-touch Test, maka berarti layar tidak mengalami masalah sama sekali untuk mendeteksi hingga 10 jari sekaligus.

Sementara jika hanya muncul seperti angka 8 atau 6 saja, maka menandakan bahwa layar tidak dapat mendeteksi semua sentuhan. Selanjutnya, Touch Test akan meminta kamu untuk menekan dan menggeser jari ke seluruh area layar.

Jika semua area berubah menjadi merah, maka dapat dipastikan bahwa layar sentuh dalam kondisi normal. Jika touchscreen pada ponsel vivo kamu memang mengalami masalah, sebaiknya langsung mengunjungi Service Center resmi vivo terdekat agar dapat diperbaiki oleh teknisi profesional.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.