ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Touchscreen di HP OPPO Untuk Tes Setiap Sentuhan Terdeteksi

Cara Cek Touchscreen di HP OPPO Header

Gadgetren – Tentunya touchscreen atau layar sentuh merupakan sesuatu yang sangat penting bagi ponsel berbasis Android, termasuk buatan OPPO.

Touchscreen memungkinkan navigasi, membuka serta menjalan aplikasi, memainkan game, dan lainnya secara langsung menggunakan sentuhan jari. Namun ada kalanya kemampuan touchscreen menjadi kurang responsif seiring berjalannya waktu pemakaian.

Pada saat kemampuan multi sentuhan mulai menurun, tentunya akan sulit untuk melakukan navigasi. Untuk mengetahui touchscreen di ponsel OPPO bermasalah atau tidak, kamu dapat mengeceknya dengan cara yang mudah.

Cara Cek Touchscreen di HP OPPO dengan AfterSale Page

  1. Akses aplikasi Phone.
  2. Ketik kode *#899#.
  3. Pada halaman AfterSale Page, pilih manual test.
  4. Pilih Touch Screen di bagian Device Debugging
  5. Kemudian, pilih mode pengujian yang terdiri dari HandWriting, Verification, atau Touch screen auto test.
  6. Pada saat pengujian, kamu akan melihat area mana saja yang dapat mendeteksi sentuhan jari.

Pada ColorOS sebelumnya, halaman AfterSale Page bernama Engineer Mode. Namun fungsi dari halaman ini pun masih sama dimana kamu dapat melakukan berbagai tes manual hingga otomatis untuk mengetahui kondisi dari ponsel OPPO.

Jika memilih mode HandWriting, kamu dapat menulis dengan menggunakan jari yang mana nantinya akan terlihat garis-garis sesuai pada area yang disentuh.

Sementara untuk mode Verification akan diperlihatkan koordinat area layar yang berhasil disentuh. Hal ini ditujukan agar kamu mengetahui apakah semua area pada ponsel OPPO dapat mendeteksi sentuhan dengan baik atau tidak.

Terakhir, mode Touch screen auto test dapat mendeteksi secara otomatis area layar yang disentuh. Pada saat pengujian berlangsung, kamu tidak boleh menyentuh apapun di ponsel dan nantinya muncul tulisan Pass apabila kondisi masih sehat.

Cara Cek Touchscreen di HP OPPO dengan Screen Test Pro

Apabila kamu ingin lebih memastikan lagi kondisi touchscreen dari ponsel OPPO, maka dapat mencoba juga untuk mengunduh aplikasi Screen Test Pro dari Google Play Store. Ada dua mode pengujian yang bisa dipilih meliputi Multi-touch Test dan Touch Test.

Untuk layar ponsel OPPO masa kini sudah mendukung respon hingga 10 sentuhan jari sekaligus. Tentunya mode Multi-Touch Test memudahkan kamu dalam mengetahui apakah touchscreen dari perangkat dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Pada saat 10 sentuhan jari dapat direspon sekaligus oleh layar, maka pengujian dengan mode Multi-Touch akan memunculkan angka 10 di layar ponsel OPPO. Sementara jika hanya memunculkan angka seperti total 8 atau 7 menandakan bahwa touchscreen sudah tidak optimal.

Lalu untuk pengujian Touch Test, kamu diminta untuk menekan dan menggeser jari ke seluruh area. Apabila semua area layar berhasil menjadi merah, maka mengisyaratkan bahwa touchscreen masih dalam kondisi yang baik.

Jika kamu melihat bahwa touchscreen OPPO mengalami sudah lagi tidak berfungsi dengan baik selama pengujian, maka sebaiknya langsung dibawa ke OPPO Service Center agar diperbaiki oleh teknisi yang sudah bersertifikasi.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar