Smartphone Tips dan Trik

Ragam Cara Screenshot di vivo Y21 Untuk Menangkap Tampilan Layar

Cara Screenshot di vivo Y21

Gadgetren – Sebagai salah satu handphone kelas menengah yang hadir di Indonesia, vivo Y21 membawa beragam fitur yang dapat menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Bahkan vivo Y21 juga dibekali beberapa fitur yang dapat memudahkan kamu untuk mengambil screenshot dalam mengabadikan beragam konten yang muncul di layar.

Biasanya hasil gambar screenshot dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari membuat sebuah tutorial, menghadirkan bukti transaksi digital, atau mengabadikan beberapa percakapan di jejaring sosial serta aplikasi chat.

Beberapa metode yang dapat kamu lakukan dengan mudah untuk mengambil screenshot di handphone vivo Y21 terdiri dari kombinasi tombol fisik, Gesture Tiga Jari, dan S-Capture.

Cara Screenshot di Handphone vivo Y21

Dengan Tombol Fisik

  1. Cari area yang akan diabadikan
  2. Tekan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan dalam beberapa saat
  3. Setelah suara shutter terdengar dan layar berkedip, maka screenshot telah berhasil
  4. Hasil screenshot dapat kamu akses di aplikasi Albums

Sebenarnya metode tombol fisik ini sudah digunakan oleh handphone Android pada umumnya. Namun ada risiko yang ditimbulkan dari metode ini yang mana tombol penting seperti power dapat lebih cepat rusak apabila sering digunakan.

Padahal kita tahu bersamaan bahwa power ini merupakan tombol penting yang digunakan untuk mematikan dan menyalakan handphone. Untuk itulah, sebaiknya kamu menggunakan metode lain yang lebih aman seperti menggunakan gesture tiga jari.

Dengan Gesture Tiga Jari

  1. Cari dan tentukan area yang akan ditangkap
  2. Sapu atau swipe layar dari atas ke bawah dengan menggunakan tiga jari yang dirapatkan
  3. Apabila layar berkedip dan suara shutter terdengar, maka screenshot dapat berjalan dengan baik
  4. Kamu dapat melihat gambar hasil screenshot melalui aplikasi Albums

Fitur yang satu ini sudah hadir sejak kamu mengaktifkan handphone untuk pertama kali. Sebagai alternatif lainnya, kamu juga bisa menggunakan fitur S-Capture yang dapat diakses melalui Quick Menu.

Dengan S-Capture

  1. Kamu dapat memilih area yang akan diambil
  2. Swipe atau sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari hingga muncul Quick Menu
  3. Selanjutnya, pilih S-Capture dan kamu akan dihadapkan pada menu melayang
  4. Kamu dapat memilih beberapa jenis screenshot, seperti Long Screenshot, Rectangular Screenshot, atau Funny Screenshot
  5. Setelah jenis screenshot ditentukan, maka layar akan berkedip dan suara shutter berbunyi yang menandakan bahwa screenshot berhasil dilakukan
  6. Gambar dari hasil screenshot ini dapat dilihat di aplikasi Albums

Sebagai catatan, Long Screenshot memungkinkan kamu menghasilkan screenshot yang panjang sehingga cocok untuk dokumen maupun website yang perlu menggulung halaman untuk melihat informasi secara keseluruhan.

Sementara Rectangular Screenshot mengizinkan kamu untuk mengambil screenshot dengan bentuk persegi yang dapat diatur sesuai keinginan, sedangkan kamu dapat membuat screenshot dengan bentuk yang bebas melalui Funny Screenshot.

Tinggalkan Komentar