ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Hapus Foto di Google Maps Agar Tidak Muncul Lagi

Cara Hapus Foto di Google Maps - Header

Gadgetren – Google Maps merupakan layanan peta dari Google yang tersedia di web maupun aplikasi sehingga memudahkan banyak orang dalam mencari dan menuju suatu lokasi.

Dengan Google Maps, kamu bisa menentukan rute ke lokasi yang dituju ketika berjalan kaki, berkendara pribadi, hingga menggunakan kendaraan umum. Bahkan pada layanan ini juga kamu bisa melihat atau memberikan rating yang dilengkapi foto dari sebuah tempat.

Namun ada kalanya kamu ingin menghapus foto yang sebelumnya telah diunggah pada Google Maps karena suatu hal atau lainnya yang mana bisa dilakukan lewat aplikasi maupun web.

Cara Hapus Foto di Google Maps

  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Pada halaman utama, pilih Foto Profil di bagian kanan atas.
  3. Pada menu pop-up yang muncul, pilih menu Your profile.
  4. Pada bagian Photos, kamu dapat menekan See all photos untuk melihat semua foto yang telah diunggah ke Google Maps.
  5. Cari dan pilih foto yang ingin dihapus.
  6. Pada halaman Preview foto, tekan tombol Delete pada bagian atas.
  7. Pada menu pop-up Delete this photo, tekan tombol Delete.
  8. Notifikasi Photo deleted akan muncul.

Kamu yang lebih sering menggunakan perangkat seperti laptop pun dapat menghapus foto di Google Maps dengan mudah melalui halaman web yang sudah disediakan.

Melalui Halaman Web

  1. Akses https://www.google.com/maps menggunakan browser.
  2. Login dengan akun Google.
  3. Pilih menu More berikon tiga garis pada bagian kiri atas halaman utama Google Maps.
  4. Pada menu pop-up yang muncul, pilih menu Your contributions.
  5. Pada halaman Contributions, pilih tab Photos.
  6. Selanjutnya, semua foto yang pernah diunggah ke Google Maps akan muncul secara perlahan.
  7. Tekan tombol More berikon tiga titik tepat pada foto yang akan dihapus.
  8. Tekan tombol Delete this photo.
  9. Pada menu pop-up Delete this photo, tekan tombol Delete.

Perlu dicatat bahwa semua foto yang dihapus pada Google Maps akan hilang selamanya dan tidak bisa dikembalikan. Jadi kamu perlu mempertimbangkannya secara matang apakah foto tersebut memang lebih baik dihapus atau masih penting digunakan.

Selain itu, setiap foto yang kamu hapus akan mengurangi poin Local Guide yang kamu kumpulkan di Google Maps. Apabila poin berkurang secara drastis dan telah mencapai batas tentunya akan menurunkan level Local Guide.

Bagi yang belum mengetahuinya, Local Guide adalah program yang diselenggarakan oleh Google Maps agar pengguna memberikan kontribusi berupa ulasan, foto, penilaian, dan informasi lainnya tentang tempat-tempat yang mereka kunjungi.

Program ini dirancang untuk meningkatkan kualitas informasi yang tersedia di Google Maps dan membantu pengguna lain menemukan tempat yang tepat. Biasanya Local Guide dengan level yang tinggi akan mendapatkan berbagai hadiah menarik dari Google.

Local Guide memilih level atau tingkatan dari 1 hingga 10. Semakin tinggi dari level Local Guide, tentunya berarti sudah memberikan kontribusi yang sangat banyak.

Sementara itu perlu diketahui bahwa kamu tidak bisa menghapus foto orang lain yang telah diunggah di Google Maps. Namun kamu menekan tombol Report a Problem untuk melaporkannya terkait masalah foto yang tidak pantas pada suatu tempat di Google Maps.

Semakin banyak yang melaporkan foto tersebut, maka peluangnya untuk dihapus oleh pihak Google akan menjadi lebih tinggi.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.