ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Membersihkan RAM HP realme Supaya Lebih Lega

bersihkan RAM HP realme header

Gadgetren – RAM atau Random Access Memory merupakan memori yang digunakan ponsel untuk menyimpan data sementara yang diperlukan oleh aplikasi dan sistem operasi ketika sedang berjalan.

Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh ponsel, tentunya dapat membuat lebih banyak aplikasi yang dijalankan. Namun tetap saja ada kalanya kapasitas RAM yang sudah hampir habis akan membuat performa dari perangkat menjadi menurun.

Pada ponsel realme, kamu dapat memanfaatkan tombol Recent Apps untuk dapat menutup aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang agar meningkatkan kapasitas RAM yang sedang bebas.

1. Tutup Aplikasi Lewat Recent Apps

  1. Tekan tombol Recent App di bagian bawah
  2. Selanjutnya, tekan tombol Close all untuk menutup seluruh aplikasi.
  3. Atau sapu satu per satu pratinjau untuk menutupnya secara spesifik.
  4. Setelah beberapa aplikasi ditutup, maka kapasitas RAM akan meningkat

Dengan menekan tombol Close all, tentunya semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang akan ditutup. Namun aplikasi yang sedang kamu gunakan atau dikunci tidak akan dikeluarkan.

Perlu dicatat bahwa setiap aplikasi dibuka kembali, maka penggunaan RAM akan kembali meningkat. Jadi kamu secara berkala dapat menutup aplikasi dengan menggunakan tombol Recent Apps.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan alternatif lainnya untuk membersihkan RAM dengan menggunakan aplikasi Phone Manager yang secara bawaan telah dihadirkan pada realme UI.

2. Bersihkan dengan Phone Manager

  1. Akses aplikasi Phone Manager.
  2. Pada halaman utama aplikasi, tekan tombol Optimize.
  3. Sistem ponsel realme akan melakukan optimalisasi otomatis, termasuk pembersihan RAM.

Bisa dibilang Phone Manager akan mendeteksi secara otomatis mengenai apa saja yang dapat digunakan untuk membersihkan RAM. Selanjutnya, kamu dapat menekan tombol Optimize yang akan mengaktifkan proses.

Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi halaman App Management di aplikasi Settings untuk mengeluarkan beberapa aplikasi yang biasanya tidak mau ditutup pada halaman Recent Apps.

3. Manfaatkan App Management

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Pilih menu App Management.
  3. Pilih opsi App List.
  4. Cari dan pilih aplikasi yang ingin ditutup.
  5. Pada halaman App Info, tekan tombol Force Stop.

Dengan metode-metodet tersebut, kamu dapat dengan mudah untuk membersihkan RAM pada ponsel realme yang mana bisa digabungkan untuk hasil yang lebih menyeluruh.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.