ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Membersihkan RAM di Perangkat OPPO Supaya Kembali Lega

Cara Membersihkan RAM OPPO Header

Gadgetren – Pada saat kapasitas RAM hampir penuh karena digunakan untuk menjalankan beragam aplikasi maupun sistem, bisa terjadi lag pada perangkat termasuk ponsel OPPO.

Kamu pun perlu melakukan pembersihan secara berkala agar kapasitas RAM menjadi lega kembali sehingga dapat menjalankan berbagai aplikasi penting yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Cara membersihkan RAM di perangkat OPPO yang paling mudah dengan mengeluarkan beberapa aplikasi yang berjalan di Background padahal sedang tidak terpakai. Biasanya metode ini dapat dilakukan dengan mengakses halaman Recent App.

Cara Membersihkan RAM di Handphone OPPO

Melalui Recent App

  • Tekan tombol Virtual Recent berikon tiga garis di bagian bawah layar.
  • Sapu pratinjau salah satu aplikasi dari bawah ke atas sesuai.
    OPPO - Recent App - Close App
  • Apabila ingin semua aplikasi langsung dikeluarkan, maka cukup tekan tombol Close All
    OPPO - Recent App - Close All
  • Setelah aplikasi dikeluarkan, kapasitas RAM yang kosong pun akan bertambah

Bisa dibilang mengeluarkan aplikasi dari Recent App merupakan metode termudah untuk mengembalikan ruang RAM yang terpakai. Namun perlu dicatat bahwa setiap kamu membuka aplikasi tentunya akan kembali menggunakan RAM yang ada sehingga kamu perlu kembali mengeluarkan aplikasi yang tidak lagi terlalu digunakan.

Selain mengeluarkan aplikasi secara manual, kamu juga dapat memanfaatkan fitur Optimize yang terdapat pada aplikasi Phone Manager yang mana merupakan aplikasi berisikan tool serbaguna yang dapat digunakan untuk merawat perangkat OPPO mulai dari pembersih RAM, pembersih memori internal, pemindai virus, privasi, dan lainnya.

Melalui Phone Manager

  • Buka aplikasi Phone Manager di perangkat OPPO.
  • Sistem akan melakukan pemindaian file yang dapat dibersihkan.
  • Tekan tombol Optimize.
    OPPO - Phone Manager - Free RAM part 1
  • Selanjutnya, sistem akan memulai proses Cleanup.
  • Kamu akan melihat apa saja yang dilakukan oleh sistem.
  • Tekan tombol Done apabila telah selesai.
    OPPO - Phone Manager - Free RAM part 2

Apabila kamu menggunakan Phone Manager, maka tidak hanya mengeluarkan aplikasi tetapi juga sekaligus melakukan beberapa hal untuk optimalisasi.

Phone Manager dapat membantu untuk membersihkan RAM apabila memang ingin memastikan seluruh sistem bekerja optimal. Sementara mengeluarkan aplikasi yang sedang tidak dipakai juga dapat dilakukan jika hanya ingin melegakan kembali kapasitas RAM yang tidak terpakai.

Tidak dapat dipungkiri memang aplikasi yang berjalan di latar tidak jarang memakan kapasitas RAM yang cukup besar. Jadi kamu secara berkala mencari aplikasi yang sedang tidak digunakan untuk dihentikan dan lebih memprioritaskan aplikasi yang sedang digunakan saat itu untuk aktivitas pekerjaan, pembelajaran, atau hiburan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar