ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Hapus Cache dan Data Aplikasi di iPhone Biar Penyimpanan Lega!

Cara Hapus Cache dan Data Aplikasi di iPhone - Header

Gadgetren – Menghapus cache dan data aplikasi di perangkat iPhone memang memerlukan langkah-langkah khusus. Berbeda dengan Android, iOS tidak menyediakan fitur khusus untuk melakukannya.

Penumpukan cache dan data aplikasi padahal menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan media internal perangkat menjadi penuh. Dengan membersihkannya, kita bisa memperoleh penyimpanan yang lebih lega.

Untuk menghapus cache dan data aplikasi di iPhone, kita salah satunya dapat memanfaatkan fungsi Offload App atau Delete App. Kita bisa menggunakan kedua fitur ini melalui pengaturan perangkat secara langsung.

Cara Hapus Cache dan Data Aplikasi di iPhone

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian General.
  • Pilih menu iPhone Storage.
  • Cari aplikasi yang ingin cache dan datanya dihapus.
  • Ketuk tombol Offload App atau Delete App.
  • Konfirmasi dengan mengetuk tombol yang sesuai.
  • Pasang kembali aplikasi yang bersangkutan.

Offload App dan Delete App memang menawarkan fungsi yang hampir sama. Kedua fitur ini dapat digunakan untuk menghapus aplikasi yang dipilih dan mengosongkan ruang penyimpanan internal perangkat iPhone.

Namun, penggunaannya sedikit berbeda. Delete App akan menghapus aplikasi secara keseluruhan, sementara Offload App hanya berkas instalasinya saja tanpa menghilangkan data-data atau dokumen para pengguna.

Pemasangan ulang aplikasi setelah menggunakan kedua fungsi ini juga akan sedikit berbeda. Kita perlu mencari aplikasi lewat Apple Apps Store untuk Delete App. Sedangkan untuk Offload App, kita juga bisa menggunakan fitur Reinstall App dengan memilih aplikasi lewat halaman pengaturan iPhone Storage.

Delete App dalam hal ini bisa menjadi opsi pas jika kita perlu menghapus data-data aplikasi secara keseluruhan. Sementara Offload App, sangat cocok jika kita hanya ingin membersihkan cache dari aplikasi yang bersangkutan.

Melalui Pengaturan di Dalam Aplikasi

Selain menggunakan fungsi Offload App dan Delete App yang tersedia di sistem iOS, kita juga dapat menggunakan fitur khusus di dalam aplikasi. Beberapa layanan menyediakan opsi untuk menghapus cache maupun data walaupun langkah-langkahnya bisa berbeda.

Bahkan secara khusus untuk peramban Safari, kita misalnya bisa membersihkan cache dan data aplikasi melalui pengaturan perangkat secara langsung. Kita dalam hal ini dapat melakukannya dengan langkah sebagai berikut.

Khusus Safari

  • Buka halaman Settings.
  • Cari dan pilih pengaturan Safari.
  • Gulir sampai ke bagian Privacy & Security.
  • Ketuk menu Clear History and Website Data.
  • Atur jangka waktu sesuai data yang ingin dihapus apabila diminta.
  • Selanjutnya, ketuk tombol Clear History.

Sementara untuk layanan lain yang berasal dari pihak ketiga, fitur menghapus cache dan data umumnya akan tersedia di dalam antarmuka tampilan aplikasinya. Kita pun perlu mengecek ketersediaannya satu per satu untuk setiap layanan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.