Tips dan Trik

Kapasitas Memori iPhone Menipis? Coba Hapus Data Cache Aplikasinya Seperti ini!

cara hapus data aplikasi di iphone Header

Gadgetren – Satu hal yang cukup mengganggu saat menggunakan perangkat iPhone adalah media penyimpanan miliknya tidak mendukung kartu memori eksternal.

iPhone merupakan ponsel dengan kualitas yang tidak bisa diragukan lagi dalam urusan kinerjanya. Perangkat buatan Apple ini selalu menghadirkan kinerja yang sangat mumpuni meskipun memiliki spesifikasi yang biasanya di bawah perangkat lain.

Namun, sistem iOS yang berjalan di dalam perangkat tersebut menawarkan efektivitas yang sangat unggul yang mampu memberikan kinerja mumpuni pada spesifikasinya tersebut. Bahkan tak jarang, beberapa perangkat iPhone mampu mengungguli pesaingnya pada masanya.

Namun ada satu hal yang menurut saya membuatnya sangat terbatas, dimana perangkat tersebut biasanya tidak mendukung memori tambahan dan hanya menyediakan dukungan cloud yang sangat menguras isi kantong bagi sebagian orang. Hal ini mungkin tidak mengganggu bagi ponsel yang memiliki memori internal yang besar, namun bagaimana dengan perangkat dengan memori terbatas?

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menghapus data cache aplikasi di perangkat iPhone tersebut.

Cache merupakan data sampah yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat prosesnya dengan menyediakan data-data sementara yang dapat digunakan aplikasi kembali, sehingga aplikasi tidak perlu membuat atau mengunduh data baru untuk proses yang sama.

Baca Juga: Sekarang kamu bisa merekam layar di iPhone tanpa aplikasi tambahan

Sayangnya, fitur hapus data cache aplikasi manual tidak tersedia juga di iPhone. Lalu bagaimana caranya?

Cara Hapus Data Cache Aplikasi Melalui App Store

Karena membersihkan cache di iOS dilakukan secara otomatis, maka cara yang paling sederhana untuk menghapus cache adalah dengan mengaktifkan fitur menghapus cache tersebut. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, salah satu cara yang dapat digunakan oleh pengguna iPhone adalah dengan menggunakan App Store.

Cara melakukannya pun sangat mudah. Bagi yang penasaran bagaimana cara menghapus data cache aplikasi di iPhone dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Lihat kapasitas yang tersedia di perangkat yang digunakan dengan masuk ke pengaturan, kemudian pilih umum, dan pilih Simpanan dan Penggunaan iCloud
  2. Setelah itu, buka App Store dan cari aplikasi maupun konten (seperti film) gratis dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kapasitas kosong yang tersedia di perangkat
  3. Unduh aplikasi atau konten tersebut, dan tunggu sampai muncul peringatan “Kapasitas Tidak Mencukupi
  4. Setelah muncul peringatan tersebut, batalkan proses download dan tekan tombol home
  5. Beberapa ikon aplikasi akan berubah menjadi hitam, dan menampilkan pesan “Membersihkan”
  6. Tunggu sampai proses tersebut selesai
  7. Jika sudah selesai, cek kapasitas memori yang tersedia dengan cara yang sama dengan sebelumnya
  8. Pengguna harus mencoba cara ini berulang-ulang

Ingat ya, sebenarnya tidak ada cara menghapus data cache aplikasi di iPhone seperti yang bisa dilakukan di Android karena sistem iOS melakukannya secara otomatis. Oleh karenanya cara di atas hanya berlaku untuk perangkat dengan kapasitas penyimpanan yang tersedia sangat sedikit.

Tinggalkan Komentar