ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

Siap-Siap, ASUS ROG Ally X Segera Hadir di Indonesia

ASUS ROG Ally X

Gadgetren – Setelah diperkenalkan dalam ajang Computex 2024 di Taiwan, akhirnya ASUS Republic of Gamers (ROG) secara resmi telah mengkonfirmasi kehadiran dari perangkat gaming handheld terbarunya yang bernama ROG Ally X.

Mengenai tanggal peluncurannya sendiri, ASUS ROG belum membeberkan kepada tim Gadgetren. Namun begitu perangkat tersebut telah diumumkan pada kanal penjualan online di ASUS ROG Indonesia.

Mengenai harganya, ROG Ally X di Indonesia akan dibanderol sekitar Rp13.999.000 yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Z1 Extreme yang dipadukan oleh prosesor grafis AMD Radeon.

Setiap pembelian ROG Ally X di Indonesia nantinya akan menghadirkan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia dan garansi 2 tahun International Warranty. Setiap pembelian ROG Ally X juga akan menghadirkan bonus gratis berlangganan Xbox Game Pass selama tiga bulan.

ROG Ally X sendiri akan tampil dengan balutan warna hitam. Sama seperti ROG Ally sebelumnya, gaming handheld baru ini akan menjalankan sistem operasi Windows 11 yang mendukung game-game PC dari berbagai platform seperti Xbox dan Steam.

Dibandingkan dengan ROG Ally sebelumnya, ROG Ally X akan tampil dengan sederet upgrade mulai dari memori, penyimpanan, baterai, hingga sisi desain serta sistem pendinginannya.

ASUS-ROG-Ally-X-2

Prosesor Ryzen Z1 Extreme yang akan menunjang gaming handheld ROG Ally X menawarkan kemampuan arsitektur Zen4 dengan fabrikasi 4nm, 8-core dan 16-threads dengan total cache 24MB, dan kecepatan hingga 5.10Ghz.

Sementara prosesor grafis Radeon-nya menggunakan arsitektur RDNA 3 dengan kecepatan maksimal 2,7GHz dan menawarkan hingga 8.6 Teraflops. Prosesor grafis AMD ini menghadirkan teknologi upscaling seperti AMD Fluid Motion Frames dan Radeon Super Resolution untuk framerate yang lebih halus dan anti lag pada setiap game yang dimainkan di ROG Ally X.

Soal kapasitas memori dan penyimpanan lebih besar dari generasi sebelumnya. ROG Ally X akan dibekali dengan RAM LPDDR5X berkapasitas 24GB dan penyimpanan internal M.2 2280 PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB. Baterai ROG Ally X juga akan memiliki kapasitas lebih besar yaitu 80Whr yang dilengkapi pengisian daya cepat 65W melalui USB Type C.

ASUS-ROG-Ally-X-4.

Meskipun bobot ROG Ally X lebih berat 70 gram dari generasi sebelumnya, tetapi perangkat gaming handheld ini memiliki tombol, joystick, dan hand grip yang didesain baru menjadikannya lebih terasa ergonomis ketika digunakan.

Ukuran tombol M1 dan M2 kini lebih kecil dengan posisi yang baru dengan tujuan agar tidak mudah tertekan. Selain itu, ROG Ally X juga akan dapat digunakan dengan ROG XG Mobile untuk menghadirkan pengalaman bermain game lebih kencang.

Menariknya, dua port USB Type-C yang tersedia pada ROG Ally X akan mendukung penggunaan perangkat berbasis Thunderbolt sehingga pemain dapat melakukan transfer data lebih cepat.

Dengan sistem pendinginan baru, ROG Ally X disebut akan menghadirkan solusi termal yang adem seperti heatpipe anti gravitasi agar dapat tetap efektif menjalankan permainan bahkan saat terbalik.

ASUS ROG Ally X

Kemudian, sistem pendinginan akan dibekali dua kipas yang memungkinkan pengguna dapat memegang ROG Ally X dalam setiap arah. Sementara layar ROG Ally X masih mengusung spesifikasi yang sama seperti sebelumnya dengan ukuran 7″ yang memiliki resolusi FHD (1920 x 1080 piksel) dan berpanel IPS-level.

Layarnya juga mendukung glossy display, warna gamut sRGB: 100%, refresh rate hingga 120Hz, waktu respon 7ms, tingkat kecerahan hingga 500 nits, dan dilindungi lapisan anti gores Gorilla Glass Victus.

Sistem audio ROG Ally X akan menyediakan dua speaker dengan dukungan Smart Amplifier Technology yang bersertifikasi Hi-Res dan Dolby Atmos. Selain itu akan didukung fitur AI noise-canceling untuk meredam suara bising ketika sedang berkomunikasi dalam game dan tersedia mikrofon bawaan.

ASUS ROG Ally X

Bersamaan dengan rencana kehadiran ROG Ally X di Indonesia, ASUS ROG juga turut memberikan promo menarik untuk ROG Ally 2023 dengan harga spesial Rp9.999.000 untuk prosesor Z1 Extreme dan Rp7.999.000 untuk varian prosesor Ryzen Z1.

Setiap pembelian ROG Ally 2023 akan diberikan bonus ROG Ally Travel Case selama persediaan masih ada. Promo ROG Ally 2023 ini berlaku di ASUS Online Store, ROG Store, ASUS Exclusive Store serta toko-toko partner ASUS lainnya

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.