ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP ADVAN Supaya Tidak Terlihat

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP ADVAN Header

Gadgetren – Pada beberapa ponsel berbasis Android masa kini sudah tersedia fitur bawaan yang dapat menyembunyikan aplikasi secara mudah.

Namun perlu dicatat bahwa fitur bawaan untuk Hide Apps atau menyembunyikan aplikasi merupakan modifikasi dari produsen pembuat ponsel. Dengan begitu, tidak semua ponsel sudah memiliki fitur tersebut.

Salah satunya ponsel ADVAN yang hingga kini belum menyediakan fitur serupa secara. Jadi kamu harus mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi, seperti HideU: Calculator Lock dari Google Play Store.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP ADVAN

  1. Jalankan aplikasi HideU: Calculator Lock setelah terpasang di ponsel ADVAN kamu.
  2. Pada halaman Calculator, kamu akan diminta untuk memasukkan 4 digit PIN dan menekan tombol =.
  3. Misalnya tekan 1111 lalu tekan tombol =.
  4. Selanjutnya, kamu diminta lagi untuk memasukkan angka yang sama dan tombol = kembali.
  5. Pada halaman Set up, masukkan Pattern atau fitur sidik jari untuk kunci keamanan.
  6. Selanjutnya, pilih opsi Hide Apps.
  7. Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan.
  8. Tekan tombol Next.
  9. Tekan tombol Enter saat kamu diminta untuk menggunakan HideU sebagai Home Screen.
  10. Selanjutnya, pilih Calculator untuk menjadi Default home app.
  11. Tampilan Home Screen akan berubah dan aplikasi sudah disembunyikan

Tampilan antarmuka dari aplikasi ini terbilang sederhana dan nyaman untuk digunakan layaknya tampilan dari Home Screen bawaan ponsel.

Nantinya pada saat membuka Home Screen maupun App Drawer, kamu tidak akan lagi melihat aplikasi yang disembunyikan. Untuk melihat aplikasi yang telah disembunyikan tadi, kamu harus masuk dulu ke aplikasi Calculator.

Lalu kamu perlu menekan angka sesuai dengan PIN yang dibuat di awal dan tekan tombol = untuk konfirmasi. Apabila kode dari PIN benar, maka secara otomatis akan masuk ke halaman yang berisikan aplikasi tersembunyi.

Berkat aplikasi HideU: Calculator Lock, kamu bisa menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin tidak diakses oleh sembarang orang, termasuk teman maupun anggota keluarga.

Harap dimaklumi juga bahwa aplikasi HideU: Calculator Lock bersifat gratis sehingga terkadang muncul iklan ketika kamu sedang mengakses. Kamu pun dapat berlangganan per bulan, per tahun, ataupun seumur hidup jika tidak ingin ada iklan

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.