ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Reset HP TECNO Jika Mengalami Sistem Error Atau Bootloop

Cara Reset HP TECNO Header

Gadgetren – Ponsel buatan TECNO sama seperti ponsel lainnya dimana bisa mengalami suatu error akibat suatu masalah terutama jika sudah lama digunakan.

Biasanya masalah yang sering terjadi seperti sistem tiba-tiba hang atau menampilkan aplikasi sering ditutup tiba-tiba. Untuk mengatasi hal menjengkelkan seperti itu, kamu dapat coba melakukan reset sistem pada ponsel TECNO.

Proses reset akan membuat sistem ponsel TECNO kembali seperti semula sehingga memastikannya dapat bekerja seperti ketika awal dinyalakan

Cara Reset HP Tecno

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih System.
  3. Pilih opsi Reset.
  4. Pilih Erase all data (Factory Reset).
  5. Masukkan PIN, pattern, atau password yang digunakan jika perlu.
  6. Pilih Reset Phone.
  7. Tunggu proses hingga selesai.

Nantinya kamu akan melihat pengaturan awal seperti ketika menyalakan ponsel TECNO untuk pertama kalinya. Selanjutnya, kamu dapat melakukan pengaturan kembali hingga bias masuk ke halaman Home Screen.

Setelah melakukan proses Factory Reset, seharusnya sistem akan kembali normal. Namun perlu dicatat bahwa proses Factory Reset akan menghilangkan semua data yang ada di dalam ponsel sehingga selalu cadangkan data ke penyimpanan lain sebelum melakukannya.

Sementara itu jika kamu mengalami bootloop yang ditandai dengan hanya muncul logo TECNO saja ketika ponsel dinyalakan, kamu perlu melakukan Reset dengan metode Recovery Mode.

Reset Melalui Recovery Mode

  1. Pastikan ponsel TECNO dalam kondisi mati
  2. Tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan.
  3. Setelah muncul logo TECNO, lepas tombol Power sambil tetap menahan tombol Volume Atas.
  4. Selanjutnya, Recovery Mode akan muncul.
  5. Tekan tombol Volume untuk navigasi menu dan Power untuk memilih menu.
  6. Kemudian, pilih menu Wipe data/factory reset.
  7. Pilih opsi Factory data reset.
  8. Setelah proses reset selesai, pilih Reboot System Now.

Apabila proses reset dengan menggunakan Recovery Mode berhasil, seharusnya sistem pada ponsel TECNO akan kembali seperti semula dan kamu akan diperlihatkan opsi pengaturan awal ponsel.

Namun akibat kamu tidak bisa mencadangkan data terlebih dahulu akibat ponsel tidak bisa masuk ke sistem, maka mau tidak mau kamu harus merelakan kehilangan data yang terdapat di dalam ponsel yang akan dihapus saat proses Reset.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.