ASUS TUF Gaming FA506
Tips dan Trik

Cara Reset HP Xiaomi Untuk Semua Model Dengan Sangat Mudah

Xiaomi Mi 8 Lite Render Header

Gadgetren – Nama Xiaomi sudah sangat populer di Indonesia berkat smartphone buatannya yang memiliki spesifikasi hardware menarik dengan harga yang terjangkau.

Meskipun smartphone Xiaomi punya spesifikasi lebih tinggi dari kompetitor, namun terkadang perangkat ini mengalami hang atau error ketika load dari aplikasi atau game sedang berat.

Biasanya kalau kerusakannya terjadi terus menerus, maka cara yang paling ampuh dengan melakukan reset pada smartphone Xiaomi tersebut.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran mengenai cara reset di smartphone atau HP Xiaomi maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Factory Reset di HP Xiaomi

Factory Reset akan menghapus semua data yang ada di dalam smartphone sehingga pastikan kamu sudah mencadangkan data penting agar bisa dipulihkan kembali nantinya. Jika semua data sudah diamankan, maka kamu bisa langsung melakukan factory reset.

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka menu atau aplikasi Settings
  2. Pada halaman Settings, Gadgeter dapat memilih menu Additional Settings
  3. Dalam halaman Additional Settings, Gadgeter dapat memilih menu Backup & Reset
  4. Selanjutnya, Gadgeter dapat langsung memilih menu Factory Data Reset
  5. Nantinya Gadgeter akan diperlihatkan mengenai data apa saja yang akan dihapus
  6. Ada baiknya untuk mengaktifkan juga Erase Stored Content agar smartphone kembali bersih
  7. Apabila Erase Stored Content aktif maka Gadgeter dapat menghapus juga musik, foto, video, dan data penting lainnya pada smartphone Xiaomi
  8. Jika semua pengaturan telah dipilih maka Gadgeter dapat langsung menekan tombol Reset Phone
  9. Setelah muncul peringatan, Gadgeter dapat menekan tombol Yes dan proses Reset akan berjalan hingga selesai

Pengaturan Factory Data Reset Xiaomim

Nantinya smartphone akan secara otomatis melakukan restart dan proses reset dimulai. Apabila smartphone telah masuk ke menu home screen untuk pengaturan pengguna maka proses reset telah selesai dan Gadgeter dapat menggunakan HP Xiaomi seperti awal.

Menggunakan Kode Rahasia

  1. Pertama, Gadgeter dapat masuk ke menu atau aplikasi Phone
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat mengetikkan kode rahasia *#*#7780#*#* dan langsung menekan tombol berlogo Telepon
  3. Smartphone atau HP Xiaomi akan melakukan Restart dan memulai proses Reset
  4. Apabila proses Reset telah selesai maka secara otomatis akan tampilan akan kembali ke halaman pengaturan seperti saat HP pertama kali dibeli

Sekilas, kode rahasia ini akan secara otomatis melakukan reset terhadap data partisi dari smartphone atau HP Xiaomi milik Gadgeter sehingga semua aplikasi dan akun Google yang tersambung akan dihapus.

Dari kedua metode tersebut, fitur Factory Reset merupakan langkah yang paling aman untuk dilakukan karena langkahnya mudah untuk dilakukan dan sudah menjadi standar di semua smartphone Android.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar