Tips dan Trik

Cara Reset HP ASUS dengan Aman dan Mudah

ASUS Zenfone Max Pro M1 Feature 1280

Gadgetren – Selain terkenal dengan laptop dan perangkat komputernya, ASUS juga memiliki smartphone seri Zenfone yang populer di Indonesia.

HP ASUS Zenfone ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena mempunyai spesifikasi hardware cukup tinggi dengan harga yang bisa dibilang terjangkau.

Meskipun bagus, namun terkadang muncul masalah-masalah yang tak terduga sehingga membuat kamu harus mereset HP ASUS Zenfone agar kembali ke kondisi primanya.

Untuk melakukan reset terhadap HP ASUS ini bisa dibilang mudah karena kamu dapat memanfaatkan menu Factory Reset untuk memulihkan kondisi seperti pada saat pertama kali digunakan.

Cara Factory Reset HP ASUS

  1. Pertama, kamu dapat menyalakan HP ASUS terlebih dahulu
  2. Setelah masuk home screen, maka kamu dapat memilih menu atau aplikasi Settings
  3. Pada halaman Settings, kamu dapat memilih menu System
  4. Selanjutnya, kamu dapat memilih menu Reset Options pada halaman System
  5. Kemudian akan muncul tiga menu pada halaman Reset Options dan saya langsung memilih Erase All Data (Factory Reset)
  6. Selanjutnya, kita dapat menekan tombol Reset Phone, memasukkan kode untuk melakukan Reset, dan menekan tombol Yes
  7. Kemudian, kita hanya tinggal menunggu hingga proses Factory Reset selesai
  8. Setelah HP ASUS menyala kembali maka sistem akan kembali seperti semula

Perlu dicatat, bahwa Erase All Data (Factory Reset) ini akan menghilangkan semua data yang terdapat pada HP ASUS mulai dari foto, aplikasi, game, dokumen, dan masih banyak lagi sehingga kamu perlu melakukan backup data terlebih dahulu.

Sementara dua menu lainnya yang terdapat pada halaman Reset Options adalah Reset App Preference dan Reset Wi-Fi, mobile & Bluetooth. Untuk Reset App Preference ini memungkinkan pengaturan ulang preferensi sehingga aplikasi error menjadi sehat kembali.

Sementara Reset Wi-Fi, mobile & Bluetooth biasanya digunakan untuk menormalkan kembali jaringan seluler atau internet dan Bluetooth. Dengan kata lain, Erase All Data merupakan proses paling ampuh untuk mengembalikan HP ASUS ke kondisi semula.

Factory Reset ini merupakan cara yang paling aman apabila kamu ingin mengembalikan HP ASUS ke kondisi primanya seperti sedia kala. Nah, bagi kamu yang mempunyai cara lain untuk melakukan reset terhadap HP ASUS ini maka dapat menuliskan komentarnya pada kolom di bawah ini.

Tinggalkan Komentar