ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan Webview Sistem Android Jika Bermasalah

Cara Mengaktifkan Webview Sistem Android Header

Gadgetren – Kamu yang menggunakan ponsel berbasis Android mungkin sudah familiar atau pernah melihat tulisan Webview Sistem Android ketika menggunakan aplikasi maupun lainnya.

Webview Sistem Android memungkinkan konten dari suatu halaman website muncul langsung di aplikasi yang sedang diakses tanpa perlu membuka peramban terlebih dulu. Misalnya kamu mendapatkan sebuah tautan atau link di aplikasi Instagram, maka pada saat ditekan halaman web dapat langsung terlihat.

Tentunya hadirnya Webview Sistem Android membuat penggunaan lebih praktis karena kamu jadi tidak perlu berpindah aplikasi. Namun ada kalanya sistem ini tidak bekerja atau mengalami error sehingga aplikasi menjadi tidak berfungsi sebagaimana harusnya yang mana terkadang bisa kamu perbaiki sendiri.

Cara Mengaktifkan Webview Sistem Android

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Apps atau Application.
  3. Pada beberapa ponsel, kamu perlu masuk lagi ke menu App management.
  4. Lalu cari dan pilih aplikasi Android System WebView atau Webview Sistem Android.
  5. Tekan tombol Enable

Dengan telah aktifnya Webview Sistem Android, maka secara otomatis aplikasi seharusnya bekerja normal kembali. Sementara itu jika memang sudah aktif, bisa saja ponsel belum melakukan update terhadap Webview Sistem Android sehingga memunculkan error tersebut.

Seharusnya apabila ponsel terhubung ke internet, biasanya sistem operasi Android akan langsung memberikan notifikasi bahwa kamu harus melakukan pembaruan terhadap aplikasi Webview Sistem Android ketika update telah muncul sehingga kamu tinggal mengetuknya saja.

Menekan tautan khususnya yang tidak kamu kenal tentunya memiliki resiko sehingga perlu hati-hati ketika menerimanya karena bisa saja pada saat terbuka akan membuat ponsel terkena malware maupun spyware. Apalagi jika tautan tersebut dari tempat atau orang yang tidak dikenal.

Pihak Google sendiri menyarankan kamu untuk selalu menggunakan Webview Sistem Android versi terbaru agar kemanannya terjaga sehingga dapat menghindari kejahatan siber dari orang jahat yang ingin mengambil data maupun merusak perangkat.

Oleh karena itu kamu sebaiknya selalu mengaktifkan Webview Sistem Android dan melakukan pembaruan secara berkala supaya kamu dapat beraktivitas dengan nyaman di dunia maya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar