ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Wearable

Samsung Perkenalkan Exynos W1000, Chipset Wearable Baru Untuk Galaxy Watch7?

Samsung-Exynos-W1000.

Gadgetren – Melalui situs resminya, Samsung telah memperkenalkan chipset khusus yang ditujukan untuk perangkat wearable terbarunya yang bernama Exynos W1000.

Dilansir dari situs Sammobile, Exynos W1000 dirumorkan akan digunakan pada smartwatch terbaru Samsung yaitu Galaxy Watch 7 dan Galaxy Watch Ultra. Keduanya diperkirakan akan turut diumumkan pada ajang Galaxy Unpacked tanggal 10 Juli 2024 mendatang.

Chipset Exynos W1000 dibuat melalui teknologi fabrikasi dengan pemrosesan 3nm yang terdiri dari lima core mencakup 1x Core Cortex-A78 dan 4x Core Cortex-A55. Samsung mengklaim bahwa CPU baru ini dapat menawarkan waktu peluncuran aplikasi 2,7x lebih cepat dibandingkan dengan Exynos W930 dan memungkinkan peralihan aplikasi yang lebih cepat.

Adapun performanya diklaim untuk single-core menawarkan 3.4x lebih cepat sedangkan performa multi-core menawarkan 3.7x lebih cepat. Selain itu chipset ini juga menggunakan GPU ARM Mali-G68 MP2 yang dapat menghadirkan resolusi layar hingga 640 x 640 piksel.

Selain itu untuk meningkatkan efisiensi daya dan pembuangan panas, chipset Exynos W1000 juga didukung teknologi pengemasan tingkat panel kipas (FOPLP) untuk mengoptimalkan efisiensi daya dan pembuangan panas.

Chipset ini pun telah ditingkatkan dalam dengan menggunakan teknologi LPDDR5 yang disebut dapat memberikan efisiensi daya serta menyediakan penyimpanan internal eMMC sebesar 32GB.

 Samsung-Exynos-W1000-berpindah-aplikasi

Untuk menghubungkan berbagai komponen menjadi satu paket tipis dan compact, chipset ini menggunakan metode sistem dalam paket (SiP) untuk memasang IC manajemen daya (PMIC) serta menggunakan paket tertanam dalam paket (ePoP) untuk memasang memori DRAM dan NAND flash.

Selanjutnya dukungan always-on display (AOD) memungkinkan layar jam dapat menyala jika dibutuhkan. Menggunakan mesin 2.5D AOD, Exynos W1000 dapat menghadirkan tampilan jam tangan dengan detail yang kaya sehingga setiap elemen antarmuka pengguna menjadi sangat jelas dan mudah diperiksa dalam penggunaan sehari-hari.

Fitur-fitur lainnya seperti Bluetooth LE, 4G LTE, Wi-Fi b/g/n, GPS, dan NFC telah diberikan. Jam tangan yang menggunakan chipset Exynos W1000 juga diklaim dapat bertahan hingga 2-3 hari dengan sekali pengisian daya.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.