ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

HUAWEI MateBook X Pro dan MateBook 14 dengan Intel Core Ultra H Series Segera Hadir di Indonesia

HUAWEI MateBook X Pro dan MateBook 14 dengan Intel Core Ultra H Series Segera Hadir di Indonesia

Gadgetren – Selain akan membawa tablet terbaru yang bernama HUAWEI MatePad 11.5 S ke Indonesia, Huawei juga akan segera memboyong dua laptop terbarunya yang ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra H Series melalui HUAWEI MateBook X Pro dan MateBook 14.

Kedua laptop ini akan bisa dipesan mulai tanggal 25 Juni 2024 hingga 12 Juli 2024 dengan sejumlah hadiah menarik yang bisa langsung dibawa pulang pembeli berupa HUAWEI FreeBuds 5, HUAWEI Mouse, Backpack, laptop stand, dan Microsoft Office Home & Student.

Pemesanan HUAWEI MateBook 14 bisa diakses melalui kanal penjualan online Shopee, Tokopedia, Blibli, dan DatascripMall.id. Sedangkan secara offline HUAWEI MateBook 14 dapat dipesan melalui HUAWEI Authorized Experience Store, Erafone, hingga Blibli.

Kemudian untuk pemesanan HUAWE MateBook X Pro hanya tersedia secara eksklusif di Tokopedia dan kanal penjualan offline HUAWEI yang sama.

Soal keunggulannya, HUAWEI MateBook X Pro akan hadir dalam satu varian warna yaitu Morandi Blue. Laptop yang satu ini ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra 9 185H yang dipadukan kartu grafis Intel Arc.

Prosesor tersebut juga didukung RAM berkapasitas 32GB dan penyimpanan SSD PCIe NVMe 2 TB. Sedangkan HUAWEI MateBook 14 hadir dalam dua varian warna meliputi Green dan Space Grey. Laptop HUAWEI MateBook 14 ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra 7 155H yang dipadukan oleh kartu grafis Intel Arc.

Prosesor HUAWEI MateBook 14 juga dibekali RAM berkapasitas 16GB dan penyimpanan SSD PCle NVMe 1TB. Keduanya sama-sama akan menggunakan kapasitas baterai 70Whr yang diklaim dapat memutar video hingga 19 jam. Namun untuk HUAWEI MateBook X Pro akan dilengkapi pengisian cepat 90W.

 HUAWEI-Matebook-X-Pro-2

Secara fisik, HUAWEI MateBook 14 memiliki bobot yang lebih berat sekitar 1,31 kg sedangkan HUAWEI MateBook X Pro memiliki berat 980 gram. Keduanya mengusung ukuran layar 14,2″ yang memiliki panel OLED dan mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Untuk HUAWEI MateBook X Pro memiliki resolusi layar 3120 × 2080 piksel dan tingkat kecerahan hingga 1000 nits. Sedangkan HUAWEI MateBook 14 mempunyai resolusi layar 2.8K (2880 × 1920 piksel) dan tingkat kecerahan hingga 450 nits.

HUAWEI MateBook X Pro menyediakan perlindungan mata terhadap paparan sinar biru dari sertifikasi TÜV Rheinland Eye Comfort 3.0. Sementara HUAWEI MateBook 14 juga didukung TÜV Rheinland Eye Comfort.

Menariknya kedua laptop ini mendukung pengoperasian sentuhan sehingga pengguna tak hanya mengandalkan mouse saja untuk menyelesaikan tugas maupun memilih menu di layar. Selain itu keduanya menjalankan sistem operasi Windows 11 Home.

HUAWEI-MateBook-14-layar

Sistem pendinginan laptop HUAWEI MateBook 14 ini juga menggunakan dua kipas yang baru dengan 102 bilah kipas ultra-tipis dan kipas booster efisien yang dirangsang oleh AI yang disebut dapat meningkatkan volume udara sebesar 40%. Kemudian juga dibekali ventilasi udara berpola hampir 5.000 titik di penutup belakang meningkatkan area pemasukan udara sebesar 10%.

Sementara HUAWEI MateBook X Pro menggunakan sistem heat management Shark Fin didukung juga dengan kipas booster, pengaturan ventilasi udara 3D, dengan dua ventilasi pembuangan udara dan empat ventilasi masuk udara. Ini untuk menjaga pengoperasian tetap sejuk dan senyap meskipun saat mesin bekerja.

Keduanya juga menyediakan kamera webcam beresolusi 1080p dengan AI Camera yang diklaim dapat menghasilkan gambar yang tajam dan menawarkan fitur seperti dapat menyesuaikan dengan garis pandang. Selain itu didukung  pengoptimalan kualitas suara dari AI Sound dan Personal Voice Enhancement untuk meredam suara bising di sekitar.

Mengenai ketersediaan port, HUAWEI MateBook X Pro menawarkan port Thunderbolt 4 × 2, USB-C × 1, dan terdapat tombol camera privacy switch. Sedangkan HUAWEI MateBook 14 menyediakan port USB-C, USB3.2 Gen 1 × 2, HDMI × 1, 3.5 mm headset, dan microphone 2-in-1 jack.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar