ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Bedanya Samsung Galaxy S23 FE Vs Galaxy S22 yang Harganya Relatif Setara

Samsung Galaxy S23 FE Vs Samsung Galaxy S22 - Header

Gadgetren – Samsung Galaxy S23 FE memang meluncur sebagai alternatif lebih terjangkau dari lini keluarga flagship Samsung masa kini dengan beberapa penyesuaian berdasarkan umpan balik para penggemar.

Hanya saja, perangkat baru tersebut juga banyak dibanding-bandingkan dengan lini ponsel lawas Samsung Galaxy S22 yang kini sudah turun menjadi sekitar Rp8 jutaan. Galaxy S23 FE soalnya juga menyasar rentang harga serupa dengan banderol mulai dari Rp8.999.000.

Belum lagi, kedua ponsel buatan Samsung tersebut juga sama-sama mengusung spesifikasi yang menarik. Untungnya masih ada beberapa perbedaan dari keduanya di mana bisa menjadi bahan pertimbangan saat bingung untuk memilih yang mana.

Perbedaan Samsung Galaxy S23 FE Vs Galaxy S22

Dari sejumlah perbedaan yang ada, ukuran layar menjadi salah satu aspek yang terlihat mencolok. Galaxy S23 FE dalam hal ini membawa panel yang lebih besar di mana membentang hingga seluas 6,4 inci sementara Galaxy S22 hanya 6,1 inci.

Meskipun sama-sama menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) dan refresh rate hingga 120Hz, keduanya juga punya tingkat kecerahan berbeda. Galaxy S23 FE mampu menghasilkan hingga 1.450 nits saat Galaxy S22 hanya sampai 1.300 nits.

Lapisan pelindung yang digunakan di bodi bagian depan maupun belakang dari kedua ponsel tersebut juga menjadi pembeda selanjutnya. Tidak seperti Galaxy S22 yang sudah memakai Corning Gorilla Glass Victus+, Galaxy S23 FE justru kembali mengandalkan Corning Gorilla Glass 5.

Di Indonesia, kedua perangkat flagship tersebut juga memakai dapur pacu yang cukup berlainan. Galaxy S23 FE secara khusus mengandalkan Samsung Exynos 2200 (4nm) berkecepatan hingga 2,8GHz sedangkan Galaxy S22 mengusung Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm) hingga 2,99GHz yang punya kemampuan sedikit berbeda.

Pemakaian chipset yang berbeda ini pun memengaruhi sejumlah dukungan dan fitur di kedua ponsel tersebut. Misalnya pada koneksi di mana Galaxy S23 FE sudah mendukung WiFi 2.4GHz + 5GHz + 6GHz dan Bluetooth 5.3 sedangkan Galaxy S22 masih WiFi 2.4GHz + 5GHz dan Bluetooth 5.2.

Selaras dengan ukurannya yang lebih besar, Galaxy S23 FE pun membawa kapasitas baterai yang sedikit lebih banyak daripada Galaxy S22. Kedua perangkat tersebut dalam hal ini secara berturut-turut mempunyai penyimpanan daya sebesar 4.500mAh dan 3.700mAh.

Dengan kapasitas baterai yang lebih besar, Galaxy S23 FE pun dapat menyala dengan durasi waktu lebih lama. Perangkat tersebut bahkan diklaim mampu bertahan hingga 22 jam untuk memutar tayangan video saat Galaxy S22 hanya sekitar 18 jam saja.

Perbedaan selanjutnya dari kedua ponsel tersebut terletak pada sektor kamera. Sama-sama menawarkan kamera utama 50MP dan ultra-wide 12MP, Galaxy S23 FE meluncur dengan sensor telephoto 8MP yang mana lebih kecil ketimbang Galaxy S22 dengan resolusi 10MP miliknya.

Kamera depan dari kedua ponsel tersebut juga membawa bukaan rana yang sedikit berlainan. Resolusi sensor yang diusung memang sama-sama 10MP tetapi Galaxy S23 FE mengemas f/2.4 sedangkan Galaxy S22 f/2.2.

Kedua perangkat tersebut juga sama-sama mendukung fitur pemindai sidik jari terintegrasi di dalam layar. Hanya saja teknologi yang digunakan sangat berlainan di mana Galaxy S23 FE memakai sensor optik sementara Galaxy S22 sudah mengusung sensor ultrasonik.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar