ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

12 Fitur Baru iOS 18, Semakin Cerdas dan Personal!

Fitur Baru iOS 18 - Header

Gadgetren – Perusahaan Apple telah memperkenalkan generasi terbaru dari sistem operasi seluler mereka yang bernama iOS 18 dalam acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 kemarin.

Pembaruan sistem mayor tersebut akan tersedia secara resmi untuk sejumlah model iPhone pada Bulan September 2024 mendatang. Perangkat yang akan mendapatkannya adalah ponsel yang mempunyai kompabilitas sama dengan iOS 17.

Tak hanya menawarkan perbaikan untuk sistem yang sudah ada sebelumnya, pembaruan iOS 18 menariknya juga membawa sejumlah peningkatan dan fitur baru. Adapun sebagian di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Apple Intelligence

Mengikuti tren perkembangan teknologi sekarang ini, Apple mulai bermain dengan dukungan sistem kecerdasan buatan atau AI Artificial Intelligence). Pembaruan iOS 18 membuka jalannya dengan memperkenalkan fitur bernama Apple Intelligence.

Apple Intelligence merupakan fitur kecerdasan buatan yang mengombinasikan teknologi Generative AI dengan konteks personal. Di dalamnya mencakup kemampuan untuk menyempurnakan tulisan, menjadikan Siri lebih pintar, dan memungkinkan berbagai bentuk pembuatan konten.

Fitur kecerdasan buatan ini hadir dalam beberapa perlengkapan. Salah satunya adalah Writing Tools yang dapat diakses melalui berbagai macam aplikasi untuk menulis ulang, memoles, mengoreksi, hingga meringkas teks.

Fitur Baru iOS 18 - Apple Intelligence

Selain itu, ada juga Image Playground. Perangkat dari Apple Intelligence ini dapat digunakan untuk membuat sebuah gambar dengan memasukkan sejumlah teks perintah dan memilih gaya yang tersedia seperti Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa.

Genmoji juga hadir sebagai bagian dari Apple Intelligence. Memungkinkan kita membuat emoji apa pun yang diinginkan tanpa terpaku pada opsi bawaan. Mirip seperti Image Playground, kita hanya perlu memasukkan teks perintah yang diinginkan.

Aplikasi Photos kini juga mendukung fitur cerdas bernama Memories. Fungsinya untuk membentuk rangkaian cerita dari foto maupun video yang terdapat di dalam galeri berdasarkan deskripsi tulisan, lengkap dengan alur cerita, musik, dan bab.

Dengan Apple Intelligence, kemampuan Siri semakin mutakhir. Asisten virtual khusus ekosistem perangkat buatan Apple tersebut kini bisa berinteraksi secara lebih alami, relevan, kontekstual, dan personal.

Siri kini dapat digunakan dengan opsi tulisan, memahami konteks secara personal, hingga melakukan sejumlah hal di dalam aplikasi lain. Asisten virtual tersebut juga bisa mengedit foto, mengelola file, maupun membuat folder.

Yang tak kalah menarik, Siri kini terintegrasi dengan ChatGPT Semua pertanyaan atau tugas yang tidak dimengerti oleh asisten virtual tersebut bisa dengan praktis dialihkan ke platform besutan OpenAI ini.

Sayangnya, Apple Intelligence hanya tersedia terbatas untuk model iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max yang menggunakan chipset Apple A17 Pro. Hal ini dikarenakan sebagian besar pemroses sistem kecerdasan buatan perlu dilakukan secara lokal di perangkat.

2. Kustomisasi Baru untuk Home Screen, Lock Screen, dan Control Center

Di samping Apple Intelligence, iOS 18 untungnya juga mempunyai beberapa peningkatan dan fitur lain yang dapat diadopsi ke dalam lebih banyak perangkat. Termasuk salah satunya pada aspek antarmuka tampilan.

Lewat pembaruan iOS 18, kita dapat mengatur ikon dan widget di layar utama atau Home Screen secara lebih leluasa. Kita kini dapat menempatkannya di seluruh area kosong hingga mengubah tema warnanya.

Fitur Baru iOS 18 - Apple UI

Untuk pertama kalinya, tombol Camera dan Flashlight di layar kunci atau Lock Screen dapat diganti dengan pintasan lain. Kita bahkan bisa menghapus keduanya atau memindahkan fungsinya ke Action button apabila memakai iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Tampilan Control Center juga dirombak sehingga memungkinkan kita mengatur ulang tombol pintasan seusai keinginan. Kita kini bisa menambahkan kontrol dari aplikasi pihak ketiga maupun mengelompokkan ikon ke dalam beberapa layar terpisah.

3. Perombakan Aplikasi Photos

Tidak hanya mendapatkan fitur baru bernama Memories, aplikasi Photos juga didesain ulang. Tab Library dan For You kini digabungkan menjadi satu tampilan sederhana yang berfokus pada foto dan kenangan terbaik pengguna.

Dilengkapi dengan dukungan bernama Collections yang bisa bekerja otomatis mengelompokkan konten, kita kini bisa lebih mudah untuk mencari foto atau video di aplikasi Photos berdasarkan tema seperti perjalanan atau hari terkini.

Fitur Baru iOS 18 - Photos

Layar aplikasi Photos juga akan menampilkan carousel baru yang akan menyajikan sorotan dari konten terbaik pengguna. Tampilannya akan diperbarui setiap hari dengan tayangan dari orang-orang, hewan peliharaan, hingga tempat favorit.

4. Aplikasi Messages yang Lebih Andal

Bersama dengan penambahan fitur Genmoji, aplikasi Messages dilengkapi dengan efek teks baru yang dapat membuat percakapan menjadi lebih hidup. Kita dapat memakainya untuk memperjelas huruf, kata, frasa, atau emoji.

Efek teks baru aplikasi Messages memungkinkan kita mengubah tulisan ke berbagai macam format seperti huruf tebal, garis bawah, huruf miring, dan coretan. Jadi, bisa membuat pesan menjadi lebih bernada.

Fitur Baru iOS 18 - Messages

Opsi untuk menjadwalkan pengiriman pesan juga tersedia lewat pembaruan iOS 18. Selain itu, fungsi Tapback yang semula hanya mendukung pesan teks kini pun bisa digunakan untuk memberikan reaksi terhadap emoji.

Khusus untuk perangkat iPhone 14 atau lebih baru, aplikasi Messages kini juga dapat digunakan untuk mengirim atau menerima pesan via satelit ketika koneksi seluler dan Wi-Fi tidak tersedia. Kita dapat memakainya untuk semua jenis konten mulai dari teks, emoji, dan Tapback.

5. Penyempurnaan Aplikasi Mail

Pada akhir Tahun 2024 ini, aplikasi Mail juga akan disempurnakan dengan sejumlah dukungan baru yang ikut meluncur bersama iOS 18. Aplikasi tersebut salah satunya akan mendapat fungsi kategorisasi yang bekerja Secara lokal di perangkat.

Fitur Baru iOS 18 - Mail

Fungsi kategorisasi ini dapat mengelola kotak masuk secara otomatis. Pesan yang diterima akan diurutkan dan dikelompokkan ke beberapa tab seperti promosi, transaksi, dan email pribadi untuk mempermudah pengelolaan.

Pesan-pesan di aplikasi Email juga mempunyai tampilan intisari baru yang dapat mengumpulkan semua email relevan dari suatu bisnis untuk melihat korespondensi secara menyeluruh. Jadi, kita bisa langsung memeriksanya dengan seketika.

6. Tambahan Fitur untuk Safari

Highlight di Safari juga tidak luput dari penyegaran yang dilakukan oleh Apple melalui pembaruan iOS 18. Aplikasi peramban ini kini akan langsung menampilkan informasi penting dari sebuah web seperti ringkasan inti dari artikel hingga lokasi restoran.

Fitur Baru iOS 18 - Safari

Reader mode di peramban Safari juga diberi dua buah fungsi baru yang mana meliputi ringkasan dan daftar isi. Dengan begitu, kita bisa lebih mudah saat perlu membaca sebuah artikel yang berukuran sangat panjang.

7. Fungi Baru di Aplikasi Notes

Menuliskan catatan matematika di Notes juga bisa semakin mudah. Pembaruan iOS 18 menambahkan fungsi Math Notes yang dapat secara otomatis menyelesaikan persamaan maupun rumus yang diketikan di aplikasi.

Fitur Baru iOS 18 - Notes

8. Game Mode

Setelah sekian lama, Perusahaan Apple akhirnya membekali sistem operasi iOS dengan sebuah dukungan khusus bernama Game Mode yang dapat meningkatkan kinerja perangkat selama digunakan untuk bermain game.

Ketika Game Mode diaktifkan, sistem di dalam perangkat akan mengurangi aktivitas di latar belakang untuk memastikan semua kekuatan pemrosesan iPhone disalurkan ke game yang sedang dimainkan

Mode ini akan membuat game yang dimainkan berjalan dengan frame rate maksimal. Selain itu, akan mengurangi latensi dari pengontrol game dan AirPods sekaligus mengaktifkan fitur Personalized Spatial Audio for gaming.

9. Aplikasi Passwords

Pengembangan iOS 18 juga melahirkan sebuah aplikasi pengelola kata sandi yang disebut Passwords. Aplikasi ini dapat menyimpan informasi login dan kata sandi dari layanan-layanan yang digunakan di dalam perangkat.

Fitur Baru iOS 18 - Passwords

Berlandaskan iCloud Keychain, aplikasi ini dapat digunakan untuk menyimpan mulai dari Passkey, kata sandi WiFi, kredensial akun, hingga kode verifikasi. Kita menariknya bisa memakai aplikasi ini di perangkat iPhone, iPad, Mac, maupun komputer berbasis sistem Windows.

10. Privasi yang Lebih Kuat

Masalah privasi selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengembangan setiap versi iOS. Pada pembaruan iOS 18, Apple pun kembali menghadirkan fitur tambahan untuk meningkatkan keamanan data para penggunanya.

Secara khusus pada pembaruan iOS 18, kita kini dapat menyembunyikan dan mengunci berbagai macam aplikasi di dalam perangkat dengan memakai Face ID atau Touch ID. Jadi nantinya tidak dapat diakses tanpa menggunakan verifikasi.

Fitur Baru iOS 18 - Privacy

Deretan aplikasi yang dikunci dan disembunyikan tidak akan muncul di Home Screen melainkan dipindahkan ke folder tersembunyi di dalam App Library. Notifikasi maupun hasil pencarian dari layanan yang berkaitan pun tidak akan ditampilkan di layar.

Pengaturan kontak juga bisa dilakukan secara lebih spesifik. Saat sebuah aplikasi meminta izin untuk mengakses daftar kontak, kita bisa mengaturnya ke beberapa nomor terpilih saja tanpa perlu membuka akses ke seluruh data.

Menghubungkan perangkat aksesori dari pihak ketiga kini juga bisa dilakukan dengan lebih aman. Apple mempunyai metode baru yang memungkinkan aplikasi hanya bisa mengakses apa yang diperlukan tanpa melihat seluruh perangkat di dalam jaringan.

11. Kontrol Gerak untuk AirPods Pro (Gen 2)

Interaksi dengan perangkat AirPods Pro (Gen 2) kini juga bisa lebih bervariasi. Pembaruan iOS 18 menawarkan opsi kontrol cerdas dari Siri menggunakan gesture khusus seperti mengangguk atau menggelengkan kepala.

Kualitas panggilan melalui AirPods Pro pun bisa terdengar secara lebih jernih. Apple menambahkan fitur Voice Isolation di iOS 18 yang dapat mengurangi tingkat kebisingan suara di latar dengan lebih baik.

12. Fitur Aksesibilitas yang Lebih Lengkap

Dukungan aksesibilitas yang ditawarkan oleh iOS 18 juga semakin lengkap. Terdapat beberapa pembaruan yang diberikan oleh Apple di mana mencakup Eye Tracking, Music Haptics, hingga Vocal Shortcuts.

Eye Tracking adalah opsi pengoperasian perangkat dengan gerakan mata. Music Haptics memungkinkan tunarungu atau pengguna dengan gangguan pendengaran menikmati musik menggunakan Taptic Engine. Sementara Vocal Shortcuts, dapat digunakan untuk membuat pintasan tugas dengan suara tertentu sebagai pemicunya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar