ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Tekno

Apple Umumkan Teknologi AI yang Terintegrasi dengan ChatGPT untuk iPhone, iPad, dan Mac

Apple Umumkan Teknologi AI yang Terintegrasi dengan ChatGPT untuk iPhone, iPad, dan Mac

Gadgetren – Dalam ajang WWDC 2024, Apple telah memperkenalkan teknologi terbarunya yang bernama Apple Intelligence, sebuah model AI generatif pertama yang akan mendukung sistem operasi iOS 18 untuk iPhone, iPadOS 18 untuk iPad, dan macOS Sequoia.

Apple Intelligence adalah sebuah sistem kecerdasan personal yang dirancang untuk iPhone, iPad, dan Mac. Sistem ini memanfaatkan kekuatan model generatif dan konteks personal untuk memberikan kecerdasan yang sangat berguna dan relevan bagi pengguna.

Sistem kecerdasan personal ini bekerja dengan memanfaatkan kekuatan prosesor Apple Silicon untuk memahami dan menciptakan bahasa serta gambar, serta melakukan berbagai tindakan di seluruh aplikasi.

Apple Intelligence akan tersedia dalam versi beta tahun ini sebagai bagian dari iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia. Beberapa fitur tambahan akan hadir tahun depan. Apple Intelligence akan mendukung perangkat iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac dengan prosesor M1 dan versi lebih baru.

Melalui Apple Intelligence, Apple menghadirkan beragam cara baru untuk pengguna agar dapat menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan lebih efektif baik itu untuk menulis maupun berkomunikasi, berikut fitur-fiturnya yang diberikan beserta penjelasannya secara rinci.

Writing Tools Baru 

 Apple-WWDC24-Apple-Intelligence-Notes-Summarize-240610

Apple Intelligence memberikan fitur penulisan dan komunikasi yang lebih canggih dengan memperkenalkan Writing Tools baru atau Alat Penulisan baru yang terhubung dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia.  Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks di berbagai aplikasi termasuk e-mail, Catatan, dan Pages.

Pengguna dapat memilih berbagai versi tulisan mereka, menyesuaikan nada, dan menyempurnakan konten dengan lebih percaya diri.

Pengelolaan Mail dan Pemberitahuan yang Lebih Efisien

Apple-WWDC24-Apple-Intelligence-Mail-Priority-Messages-240610

Dengan fitur Priority Messages atau Pesan Prioritas di Mail, pengguna dapat dengan mudah memantau email yang paling mendesak. Fitur ini menampilkan email penting di bagian atas inbox, memberikan ringkasan tanpa perlu membuka pesan.

Selain itu terdapat fitur Priority Notifications atau Pemberitahuan Prioritas dan Reduce Interruptions atau Fokus Kurangi Gangguan yang keduanya dapat membantu pengguna memprioritaskan notifikasi yang paling penting.

Kemudian juga ada Smart Reply untuk memberikan saran untuk respons cepat dan akan mengidentifikasi pertanyaan dalam email untuk memastikan semuanya terjawab.

Perekaman dan Transkripsi Audio

 Apple-WWDC24-Apple-Intelligence-Notes-record-and-transcribe-audio-240610

Apple Intelligence juga menghadirkan kemampuan untuk merekam, mentranskripsikan, dan meringkas audio di aplikasi Catatan dan Telepon. Fitur ini memberikan ringkasan otomatis setelah panggilan berakhir, membantu pengguna mengingat poin-poin penting.

Pembuatan Gambar dengan Image Playground

Apple-WWDC24-Apple-Intelligence-Image-Playground-240610.j

Fitur Image Playground memungkinkan pengguna membuat gambar menarik dengan cepat dalam tiga gaya berbeda yakni Animasi, Ilustrasi, dan Sketsa. Terintegrasi langsung ke dalam aplikasi seperti Pesan, Catatan, dan Keynote, fitur ini memberikan kebebasan bagi pengguna untuk bereksperimen dengan gambar.

Ekspresi Diri dengan Genmoji

 Apple-WWDC24-Apple-Intelligence-Genmoji-race-car-driver-240610

Pengguna dapat membuat Genmoji orisinal berdasarkan deskripsi atau foto untuk meningkatkan emoji ke level yang sepenuhnya baru. Genmoji dapat ditambahkan sebaris dengan pesan, atau dibagikan sebagai stiker atau reaksi di Tapback.

Peningkatan dalam Pencarian Foto dan Video

Apple-WWDC-Hapus-background

Pencarian foto dan video menjadi lebih mudah dengan kemampuan pencarian bahasa alami. Dengan memasukan judul spesifik yang diinginkan pencarian foto dan video menjadi semakin detail dan relevan.

Kemudian ada alat pembersih baru yang dapat menghapus objek yang mengganggu di latar belakang foto tanpa mengubah subjek utama. Selain itu tersedia fitur memori yang memungkinkan pengguna membuat cerita dari foto dan video berdasarkan deskripsi yang mereka berikan.

Siri yang Lebih Pintar dan Kontekstual

 Apple-WWDC24-Apple-Intelligence-type-to-Siri-240610.

Dengan Apple Intelligence, Siri kini lebih relevan secara kontekstual dan personal. Siri dapat memahami permintaan yang lebih kompleks, memberikan dukungan perangkat, dan melakukan tindakan terkait informasi di layar.

Menariknya, kini Siri terintegrasi dengan ChatGPT seperti yang telah diumumkan sebelumnya oleh OpenAI. Dengan integrasi ChatGPT ini memungkinkan Siri memberikan jawaban yang lebih mendalam dan membantu dalam penulisan konten dan berbagai perintah lainnya.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar