ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Tablet

Canggih, Kalkulator di iPad Kini Bisa Pecahkan Rumus Matematika

Canggih, Kalkulator di iPad Kini Bisa Pecahkan Rumus Matematika

Gadgetren – Pada ajang WWDC 2024, selain memperkenalkan Apple Intelligence model AI generatif baru, Apple juga mengumumkan pratinjau iPadOS 18 dengan pembaruan besar yang memperkenalkan berbagai fitur baru.

Dengan pembaruan tersebut akan menjadikan iPad dengan dukungan iPadOS 18 lebih fleksibel dan cerdas dari sebelumnya. Ada beberapa pembaruan utama dalam iPadOS 18 yang salah satunya ialah kalkulator AI.

Selain itu, iPadOS 18 juga turut membawa fitur-fitur sistem kecerdasan personal AI Intelligence seperti alat penulisan baru di aplikasi catatan dan mail. Kemudian pengguna iPad kini memiliki lebih banyak cara untuk menyesuaikan Layar Home serta Pusat Kontrol.

Lalu juga ada Apple Pencil dengan Smart Script, Bar tab yang di desain ulang seperti di Apple TV, tampilan aplikasi foto yang baru, penjadwalan pesan, sorotan baru di halaman web, kontrol privasi baru, hingga Image Playground. Mengenai ketersediaannya, iPadOS 18 versi beta publik akan hadir melalui Apple Beta Software Program bulan depan di beta.apple.com.

Terkait fitur-fitur yang tersedia di iPadOS 18 kamu bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Kalkulator dan Catatan Matematika untuk iPad

 Apel-iPadOS-18-kalkulator-AI

Untuk pertama kalinya, aplikasi Kalkulator hadir di iPad dengan fitur Math Note Calculator atau catatan kalkulator matematika. Dengan fitur canggih ini, pengguna dapat mengetik atau menulis hitungan atau skenario matematika menggunakan Apple Pencil dan hasilnya akan langsung terlihat dalam bentuk tulisan tangan.

Kalkulator ini juga menyediakan grafik interaktif untuk membantu pengguna memahami hubungan antar persamaan.

Peningkatan Aplikasi Catatan

 Apple-iPadOS-18-Smart-Script.

Aplikasi Note kini lebih canggih dengan fitur Smart Script atau Skrip Cerdas yang dapat menghaluskan tulisan tangan secara real-time dan memungkinkan pengeditan yang mudah.

Pengguna dapat mengatur konten dengan menciutkan bagian di bawah judul atau subjudul dan menggunakan lima warna sorotan teks baru untuk menonjolkan informasi penting. Bahkan dapat menghapus dengan sekadar mencoretnya saja.

Kustomisasi Layar Home dan Pusat Kontrol

 Apple-WWDC24-iPadOS-18-customize-Home-Screen-240610.

iPadOS 18 memperkenalkan lebih banyak cara untuk menyesuaikan Layar Home dan Pusat Kontrol. Pengguna dapat menata ikon aplikasi dan widget sesuai keinginan, membuat tampilan yang lebih personal dan efisien. Pusat Kontrol yang didesain ulang memberikan akses cepat ke fungsi yang sering digunakan, serta dukungan untuk kontrol dari aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi Foto yang Didesain Ulang

Apple-WWDC24-iPadOS-18-redesigned-Photos-240610

Aplikasi Foto mengalami perubahan besar dengan tampilan yang lebih rapi dan fitur baru seperti koleksi tema, sorotan harian, dan tampilan carousel yang memudahkan pengguna untuk menelusuri dan mengingat momen spesial.

Pembaruan Aplikasi Pesan

Apple-WWDC24-iPadOS-18-Messages-send-later-240610

Pesan mendapatkan peningkatan dengan fitur penjadwalan pesan dan kemampuan Tapback yang lebih kaya. Pengguna dapat merespons pesan dengan berbagai emoji atau stiker, serta menggunakan pemformatan teks baru seperti huruf tebal, garis bawah, dan huruf miring untuk membuat percakapan lebih hidup.

Safari dengan Sorotan Baru

Apple-WWDC24-iPadOS-18-Safari-Highlights-240610.

Safari kini menawarkan Sorotan yang menggunakan pembelajaran mesin untuk menampilkan informasi penting dari halaman web, seperti ringkasan artikel atau lokasi restoran. Tampilan Pembaca yang didesain ulang menyediakan penyajian artikel yang lebih sederhana dan ringkas.

Apple Intelligence

 Apple-WWDC24-iPadOS-18-Freeform-Image-Playground-240610.

Tak lupa iPadOS 18 juga menyediakan Apple Intelligence yang terintegrasi di iPadOS 18 menghadirkan alat-alat baru seperti Alat Penulisan untuk membantu pengguna menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks di berbagai aplikasi. Image Playground yang memungkinkan pengguna membuat gambar menarik dengan gaya Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa.

Pembaruan Lainnya

Apple-WWDC24-iPadOS-18-Passwords-24061
Pembaruan lain termasuk aplikasi Kata Sandi yang menyimpan kredensial dengan aman, peningkatan SharePlay untuk berbagi layar, alat baru di Freeform untuk membantu pengguna mewujudkan ide, dan fitur baru di Peta Apple untuk menelusuri jalur pendakian.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar