Berita Tablet

Fokus Multitasking, iPadOS 15 Bawa Pembaruan Besar-Besaran

Apple-iPadOS-15-Feature

Gadgetren – Dalam ajang Worldwide Developers Conference 2021, Apple telah mengumumkan sejumlah pembaruan secara besar-besaran untuk produk tablet iPad lewat iPadOS 15.

Pengguna tablet iPad kini pun bakal segera menikmati fitur-fitur terbaru iPadOS 15 yang menurut Apple bertujuan untuk memudahkan pengguna mengerjakan tugas multitasking sehingga mereka semakin produktif.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diambil dari situs resmi Apple, fitur-fitur ini akan diterapkan ke dalam iPadOS 15 yang meliputi Quick Note, layout widget untuk Home Screen dan App Library, terjemahan bahasa, FaceTime Call, Safari, Find Focus, Live Text, dan masih banyak lagi.

Quick Note

iPadOS 15 memberikan pembaruan pada kegiatan mencatat pengguna menjadi semakin kreatif. Beragam jenis format berupa foto, tulisan tangan atau font tertentu yang disukai, hingga memilih warna font akan tersedia pada sistem operasi baru ini.

Split View dan Slide Over

Pengguna akan memiliki akses cepat ke layar utama saat menggunakan Split View sehingga lebih mudah untuk membuka aplikasi yang tepat. Dengan menggunakan rak baru, pengguna dapat melakukan banyak tugas dengan aplikasi yang memiliki banyak jendela Safari hingga memantau dengan cepat email yang masuk.

Widget dan App Library

Pengguna akan dapat menempatkan widget pada halaman beranda serta tampilan Widget dan App Library yang bisa dipersonalisasi. Terdapat widget baru untuk aplikasi App Store, Find My, Game Center, Mail, dan Contacts.

Pada kesempatan berikutnya, App Library dapat secara otomatis mengatur aplikasi ke dalam kategori khusus sesuai penggunaan seperti produktivitas, game, aplikasi yang baru ditambahkan, serta memungkinkan pengguna mengakses semua aplikasi mereka langsung dari Dock.

FaceTime Call

Apple-iPadOS-15-FaceTime-Call

Seperti iOS 15, FaceTime membawa perubahan lebih alami pada iPadOS 15 dimana pengguna dapat menyaksikan keluarga lainnya dalam satu layar. FaceTime iPadOS 15 bisa dibilang mirip dengan penggunaan aplikasi telekonferensi yang berisi lebih dari dua orang.

Tak hanya itu, pengguna dapat berbagi pengalaman dengan keluarga maupun teman lewat fitur SharePlay seperti mendengarkan lagu bersama lewat Apple Music, menonton acara TV atau film atau berbagi layar untuk melihat aplikasi bersama.

Safari

Browser melalui Safari kebagian desain tab baru yang memungkinkan pengguna melihat lebih banyak halaman saat mereka menjelajah. Grup Tab dapat menyimpan dan mengelola tab untuk pengguna merencanakan perjalanan, berbelanja, atau menyimpan tab yang sering dikunjungi.

Safari di iPadOS15 juga akan mendukung ekstensi web yang tersedia di Apple App Store. Selain itu, Grup Tab dapat dihubungkan ke Mac dan iPhone pengguna sehingga mereka dapat melanjutkan pekerjaan di manapun atau membagikannya kepada teman dan keluarga.

Find Focus

Apple-iPadOS-15-Find-Focus

Untuk membantu konsentrasi pengguna saat bekerja, iPadOS 15 akan menyediakan fitur Find Focus sehingga mengurangi gangguan dari luar. Find Focus bekerja dengan cara menyaring notifikasi berdasarkan apa yang dilakukan pengguna.

Live Text

Apple-iPadOS-15-Live-Text

Sama seperti iOS 15, fitur Live Text pada iPadOS 15 menggunakan teknologi Artificial Intelligence agar sistem dapat mengenali teks dalam foto dan memungkinkan pengguna untuk menangkapnya atau memindahkan teks tersebut ke media lain. Menariknya, pengguna akan dapat mengontak nomor telepon yang tertera pada foto tersebut.

Terjemahan

Saat menggunakan aplikasi Terjemahan iPadOS 15, pengguna secara otomatis akan dapat mendeteksi saat orang lain berbicara tanpa harus mengetuk tombol mikrofon. Pengguna juga akan dapat menerjemahkan tulisan berbahasa yang tidak dimengertinya melalui foto maupun dari tulisan tangannya.

Swift Playgrounds

Apple-iPadOS-15-Swift-Playground

Dengan Swift Playgrounds pada iPadOS 15 memungkinkan pengguna memiliki alat untuk mengembangkan aplikasi pada iPhone dan iPad secara langsung melalui iPad mereka dan mempromosikannya ke Apple App Store. Pengguna juga bisa melihat dan mengujinya langsung di dalam iPad.

Tinggalkan Komentar