ASUS TUF Gaming F15
Berita

Palit Pamerkan GeForce RTX 4090 Neptunus, Bawa Pendingin Air dan Udara!

Palit GeForce RTX 4090 NEPTUNUS - Header

Gadgetren – Palit Microsystems menyita perhatian pengunjung ajang Computex 2024 dengan memamerkan sebuah kartu grafis bernama GeForce RTX 4090 Neptunus yang sedang mereka kembangkan.

Teknologi yang digunakan pada GeForce RTX 4090 Neptunus memang sangat menarik. Dinamai dari dewa air dan lautan dalam mitologi Romawi, kartu grafis tersebut mempunyai sistem termal hibrida yang menggabungkan pendingin berupa cairan dan udara.

Dengan sistem termal gabungan ini, GeForce RTX 4090 Neptunus diharapkan mampu menghadirkan kemampuan untuk mengelola suhu panas yang luar biasa. Jadi perangkat yang memakainya bisa tetap berjalan stabil tanpa khawatir mengalami penurunan kinerja.

Di ajang Computex 2024, GeForce RTX 4090 Neptunus tampil mencolok dengan sebuah kotak kemasan berukuran sangat besar. Terdapat lampu RGB yang membentang sepanjang kartu grafis tersebut dengan menampilkan logo “Beyond Limits” dan menciptakan efek “cermin pantulan tak terbatas”.

Tiga buah kipas pendingin berjajar dengan diameter yang lebar terlihat jelas dalam kotak kemasan GeForce RTX 4090 Neptunus. Di tepi-tepi komponen kartu grafis juga terdapat beberapa pipa cairan pendingin yang mengitarinya.

Yang tak kalah menarik, GeForce RTX 4090 Neptunus juga menggunakan pelat pendingin bernama AquaFusion Copper Base dengan permukaan yang dibuat 100 persen datar. Hal ini untuk memastikan memori GDDR6X di dalam kartu grafis tidak akan hangus terbakar.

Palit GeForce RTX 4090 NEPTUNUS

Berdasarkan klaim dari pihak Palit, perpaduan sistem termal yang ditawarkan oleh GeForce RTX 4090 Neptunus mampu menurunkan suhu di dalam komponen hingga sebanyak 10° Celsius apabila pendingin cairan dan udara sama-sama diaktifkan.

Perlu diingat bahwa GeForce RTX 4090 Neptunus tetap bisa berfungsi secara normal meskipun pendingin cairan tidak diaktifkan. Kartu grafis tersebut masih mempunyai kinerja luar biasa dari pendingin udaranya.

Namun tentu saja, lebih baik menjalankan sistem pendingin udara dan air yang ada di dalamnya secara bersamaan saat perlu menggunakan kartu grafis tersebut dengan kinerja maksimal. Jadi nantinya suhu komponen bisa tetap terjaga.

Sayangnya, Palit belum mengungkapkan ketersediaan dari kartu grafis menarik tersebut. GeForce RTX 4090 Neptunus memang masih dalam tahap pengembangan. Ada kemungkinan harganya akan sangat fantastis ketika diluncurkan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar