Berita Laptop / PC

Kartu Grafis Seri NVIDIA GeForce RTX 40 dari ASUS Segera Hadir di Indonesia

ROG-STRIX-RTX4090-24-1

Gadgetren – Kartu grafis seri NVIDIA GeForce RTX 40 dari ASUS untuk melengkapi lini ROG Strix dan TUF Gaming dikabarkan dalam waktu dekat akan segera tersedia di Indonesia.

Adapun varian kartu grafis seri GeForce RTX 40 dari ASUS ini mencakup RTX 4090 24GB, RTX 4080 16GB, dan RTX 4080 12 GB.

Menurut pihak ASUS, kartu grafis seri GeForce RTX 40 menyasar pengguna dari kalangan pemain game dan pembuat konten profesional.

Berkat dukungan arsitektur NVIDIA Ada Lovelace, seri GeForce RTX 40 menghadirkan performa ngebut untuk beragam produktivitas pekerjaan dengan beban berat sambil tetap mempertahankan suhu rendah seperti aktivitas bermain game, rendering video, desain grafis, dan masih banyak lagi.

Untuk kartu grafis ROG Strix GeForce RTX 4090 dari ASUS akan berukuran 357mm sedangkan TUF Gaming GeForce RTX 4090 berukuran lebih pendek mencapai 348mm. Kartu grafis ROG Strix mengusung desain 3,5-slot yang mana lebih tipis dari kartu grafis TUF Gaming yang memiliki ketebalan 3,65 slot.

ASUS sendiri merancang kartu grafis ROG Strix dengan mengutamakan sistem pendinginan karena memiliki bodi yang tipis dibanding saudaranya. Oleh karena itu, kartu grafis ROG Strix GeForce 4090 didesain dengan vapor chamber terbaru dan permukaan heatsink 30 persen lebih luas dibandingkan ROG Strix GeForce RTX 3090 generasi sebelumnya.

 TUF-RTX4090-24G-GAMING-1

Sementara itu, baik ROG Strix dan TUF Gaming GeForce RTX 4090 mempunyai desain vapor chamber yang sama dengan total delapan heatpipe yang masing-masing meliputi lima heatpipe berukuran 8mm dan tiga heatpipe berukuran 6mm.

Dengan ukuran kartu grafis yang berbeda, maka potensi pendinginan keduanya pun akan berbeda meski memiliki desain vapor chamber serupa. Lebih jauh, kartu grafis ROG Strix RTX 4090 dengan beban thermal sebesar 500 watt diklaim suhunya bisa diturunkan menjadi 5ºC lebih dingin daripada vapor chamber biasa.

Kemudian untuk sistem pendinginan kartu grafis TUF Gaming GeForce RTX 4090 membawa peningkatan potensi pendinginan karena memiliki area yang 35 persen lebih lebar dibandingkan generasi sebelumnya.

Kedua kartu grafis ini juga turut dibekali Aura Sync di bagian bodinya pada lampu pencahayaan ARGB yang bisa disesuaikan. Untuk TUF Gaming akan memiliki logo TUF akrilik 3D pada pencahayaan ARGB. Keduanya pun mendukung konektor PCIe 5.0 16-pin yang bisa mengirim daya listrik lebih besar dan stabil.

Tinggalkan Komentar