ASUS TUF Gaming F15
Berita Laptop / PC

Laptop Lenovo Legion Pro 7i dan Legion Pro 5i Rilis di Indonesia, Ada Chip AI Khusus

Lenovo-Legion-Pro-7i-5

Gadgetren – Lenovo secara resmi telah memboyong dua laptop dalam keluarga seri Legion terbaru mencakup Legion Pro 7i dan Pro 5i. Kedua laptop gaming ini sudah bisa dibeli di Indonesia pada kanal penjualan e-commerce di Shopee, Blibli, Bhinneka, dan Bukalapak.

Laptop Legion Pro 7i dibanderol dengan harga mulai Rp57.999.000 dan Legion Pro 5i dilepas mulai Rp30.999.000. Setiap pembelian kedua laptop tersebut akan mendapatkan layanan purnajual berupa garansi Accidental Damage Protection dan Legion Ultimate Support selama 3 tahun.

Selain itu keduanya juga dilengkapi dengan pre-instal Windows Office Home and Student yang berlaku seumur hidup. Performa pacu Legion Pro 7i dan Pro 5i ditenagai oleh prosesor Intel Generasi ke-13  yang dipadukan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX hingga seri 4090.

Sistem operasi keduanya menjalankan Windows 11 yang ditambah Lenovo Vantage, sebuah dukungan software bawaan yang menyediakan beragam  pengaturan personalisasi perangkat untuk pengalaman bermain game yang optimal seperti dasbor performa secara real time, kontrol overclocking, Legion Spectrum RGB, dan pengaturan performa Artificial Intelligence.

Baik Legion Pro 7i dan Pro 5i pertama kali diperkenalkan awal tahun 2023. Keduanya diklaim sebagai laptop gaming pertama yang mendukung chip AI khusus berupa AI Engine+ yang mampu memantau framerate dalam game dan menyesuaikan kinerja sistem untuk menghasilkan sistem yang lebih cerdas dan lebih optimal untuk semua game.

AI Engine+ juga bisa membantu meminimalisir suara bising kipas dalam sesi permainan. Dengan AI Engine+ konsumsi daya Thermal Design Power (TDP) kedua laptop tersebut menjadi lebih tinggi 15 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Keduanya juga dilengkapi sistem pendinginan Legion ColdFront 5.0 yang menggunakan sistem pembuangan, sistem kipas ganda, phase changing thermal compound, dan heat pipe hibrida yang canggih. Hal tersebut untuk menjaga sesi permainan tetap tenang dan dingin.

Lenovo-Legion-Pro-7i

Dari sisi tampilan, Legion Pro 7i dan Pro 5i sama-sama mengusung layar berukuran 16″. Sebagai model tertinggi, Legion Pro 7i  mempunyai resolusi WQXGA (2560 x 1600 piksel) serta mendukung refresh rate 240Hz, 100% RGB, tingkat kecerahan hingga 500 nit, VESA DisplayHDR 400 Certified, Dolby Vision, TÜV Rheinland Certified, dan X-Rite Pantone Certified.

Khusus untuk layar Legion Pro 7i dapat diputar hingga dalam posisi rebahan untuk skenario bekerja lebih optimal seperti melakukan presentasi. Soal warna, keduanya hadir dalam satu varian yakni Onyx Grey.

Pada bagian keyboard keduanya dibekali keycaps WASD yang bisa dikustomisasi melalui software pencahayaan Legion Spectrum RGB di mana memungkinkan lampu latar keyboard dapat disinkronkan dengan konten layar.

Santi Nainggolan selaku Consumer Lead Lenovo Indonesia mengungkapkan bahwa rangkaian terbaru Lenovo Legion Pro 7i dan Legion Pro 5i ini memiliki tujuan untuk mendukung para gamer dan kreator dengan gaya hidup gaming mereka.

“Yang paling menonjol dari rangkaian baru kami, semua laptop gaming Lenovo kini hadir dengan chip AI yang bertenaga yang dapat menganalisis kebiasaan penggunaan dan mengoptimalkan seluruh kinerja sistem, memberikan keunggulan tertinggi kepada pengguna,” ujarnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar