ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Membatasi Penggunaan Data HP OPPO Agar Tidak Boros

Cara Membatasi Penggunaan Data HP OPPO Header

Gadgetren – Bisa dibilang ponsel besutan OPPO memiliki kinerja yang lancar untuk menunjang aktivitas sehari-hari penggunanya, terutama dalam hal akses internet.

Pengguna dapat menikmati koneksi internet yang lancar tergantung dari operator maupun layanan yang digunakan. Biasanya apabila menggunakan layanan internet berkecepatan tinggi dengan sistem kuota, maka paket data akan tidak terasa cepat habis.

Apalagi pada saat mengakses media sosial yang banyak menampilkan video atau gambar seperti TikTok dan Instagram tentunya akan membuat kuota cepat terpakai.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa melakukan pembatasan penggunaan data di ponsel OPPO sehingga kamu tidak terlalu boros menggunakan paket data sebelum masa aktifnya habis.

Nantinya setelah fitur pembatasan kuota diaktifkan, maka akses internet akan dinonaktifkan atau muncul notifikasi apabila sudah berada pada batas yang ditetapkan.

Cara Membatasi Penggunaan Data HP OPPO

  • Buka aplikasi Settings.
  • Pilih menu Mobile network.
    OPPO - Pembatasan Data - Mobile Network
  • Pilih menu Data usage.
    OPPO - Pembatasan Data - Data usage
  • Pilih opsi Data usage limit.
    OPPO - Pembatasan Data - Data usage limit
  • Aktifkan toggle Daily data usage limit untuk pembatasan data harian.
  • Atau bisa juga Monthly data usage limit untuk pembatasan data bulanan.
    OPPO - Pembatasan Data - Daily Monthly
  • Masukkan batasan data sesuai keinginan. Misalnya 2 GB untuk harian atau 100 GB untuk bulanan.
  • Pilih mode peringatan dengan Send alert only atau Send alert and turn off mobile data.
    OPPO - Pembatasan Data - All Settings
  • Tekan tombol Back untuk kembali ke halaman Data usage limit.
  • Lihat apakah fitur pembatasan data telah diaktifkan
    OPPO - Pembatasan Data - Active

Setelah pembatasan aktif, nantinya kamu akan mendapatkan peringatan ketika data sudah mencapai batas yang ditentukan. Send alert only akan mengirimkan peringatan saja sementara mode Send alert and turn off mobile data akan mengirimkan peringatan dan akses internet langsung dimatikan.

Khusus Monthly data usage limit, terdapat juga Data warning yang dapat memunculkan pesan peringatan tergantung dari batas yang ditentukan agar kamu dapat berhati-hati sebelum pemakaian data melebihi kuota bulanan yang dimiliki.

Fitur Daily data usage limit sangat terasa manfaatnya ketika kamu menggunakan paket data berkecepatan tinggi dengan sistem kuota atau paket data unlimited yang mempunyai FUP (Fair Usage Policy).

Berkat adanya peringatan dari pembatasan datanya, kamu tidak akan terlalu berlebihan dalam mengakses suatu aplikasi sehingga dapat tetap mendapatkan akses internet secara optimal.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar