ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengaktifkan Passkey WhatsApp Untuk Keamanan Akun

Cara Mengaktifkan Passkey WhatsApp Header

Gadgetren – Penyedia layanan dan aplikasi seperti WhatsApp tidak hanya punya fitur menarik seperti membuat stiker melainkan juga membawa fitur Passkey untuk menambah keamanan akun.

Passkey merupakan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna dapat masuk ke layanan atau aplikasi tanpa perlu memasukkan kode keamanan (password atau PIN) dan digantikan dengan penggunaan kunci layar atau fitur biometrik seperti pemindaian sidik jari.

Sementara Passkey yang dihadirkan pada WhatsApp diklaim memiliki keamanan yang tinggi dan kemudahan akses yang mana bisa kamu aktifkan dengan langkah berikut.

Cara Mengaktifkan Passkey WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pada halaman Chats, tekan tombol Options berikon tiga titik pada bagian kanan atas.
    WhatsApp - Passkey - 1
  3. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Settings.
    WhatsApp - Passkey - 2
  4. Pilih opsi Account.
    WhatsApp - Passkey - 3
  5. Pilih menu Passkeys.
    WhatsApp - Passkey - 4
  6. Tekan tombol Create a passkey.
    WhatsApp - Passkey - 5
  7. Pada menu pop-up, kamu akan dihadapkan pada Passkey yang terpasang pada akun dengan nomor ponsel dan email yang tersedia.
  8. Tekan tombol Continue untuk setuju.
    WhatsApp - Passkey - 6
  9. Pilih Use screen lock pada halaman selanjutnya.
    WhatsApp - Passkey - 7
  10. Verifikasi dengan menggunakan kode keamanan kunci layar atau sidik jari.
  11. Fitur Passkey pun akan aktif.
    WhatsApp - Passkey - 8

Perlu dicatat bahwa Passkey WhatsApp akan mengaktifkan kunci kriptografi dengan enkripsi yang ada pada ponsel. Nantinya kamu akan menggunakan kunci layar maupun pemindai sidik jari ketika ingin melakukan login ke aplikasi WhatsApp.

Tentunya kamu perlu mengaktifkan fungsi biometrik pada ponsel untuk menggunakannya pula sebagai Passkey. Nantinya kunci kriptografi terdiri dari kunci publik dan pribadi yang digabungkan untuk meningkatkan keamanannya.

Biasanya pada saat kamu akan login akun WhatsApp di ponsel baru, sistem akan meminta kode OTP sebagai bentuk konfirmasi. Sayangnya OTP pun bisa terkendala akibat jaringan kurang baik bahkan terkadang disebut tidak terlalu aman.

Dengan hadirnya Passkey, kamu tidak perlu repot-repot menunggu OTP terlebih dulu ketika login akun WhatsApp karena bisa langsung menggunakan metode keamanan seperti biomterik yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Fitur Passkey sendiri telah dirilis secara bertahap sejak aplikasi WhatsApp versi terbaru 2.24.8.85 sehingga kamu yang belum mendapatkannya perlu menunggu hingga kebagian.

Perlu diperhatikan Passkey saat ini hanya dapat dijalankan pada ponsel dengan sistem operasi Android 9 atau di atasnya. Belum diketahui apakah WhatsApp akan meluncurkan Passkey atau fitur serupa pada ponsel berbasis iOS.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar