ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Google Mulai Gulirkan Passkey untuk Gantikan Password, Apa itu?

Google-Passkey

Gadgetren – Sebelumnya Google sempat mengumumkan akan menggunakan sistem log in berupa passkey yang berkolaborasi dengan FIDO Alliance, Apple, dan Microsoft.

Kini akhirnya Google secara resmi merilis sistem log in passkey layaknya buka kunci handphone seperti dengan sidik jari, PIN, hingga pengenalan wajah sebagai alternatif dari menggunakan password.

Saat ini pengguna Google sudah bisa mencoba dan menambahkan sistem log in baru dengan passkey ini. Pengguna bisa melakukan pengaturan untuk menggunakan sistem log in passkey melalui situs g.co/passkeys.

Bagi Admin Google Workspace yang dikelola perusahaan, ke depannya akan segera menerima opsi pengaturan untuk akses passkey pada akun user.

Kehadiran sistem log in dengan passkey ke dalam seluruh ekosistem platform Google dengan metode sidik jari, kunci layar PIN, hingga pengenalan wajah ini bertujuan untuk memudahkan pengguna ketika masuk ke akun Google mereka tanpa harus mengingat kata sandi yang kerap sekali sering terlupa jika tidak dicatat.

Selain itu sistem log in dengan passkey pada platform Google ini diklaim Google lebih aman ketimbang dengan kata sandi yang memungkinkan akun pengguna tidak mudah diserang oleh adanya aktivitas pishing dan malware.

Dengan begitu kerentanan terhadap pembobolan data bisa terhindar. Penggunaan sistem log in dengan passkey ini juga kabarnya lebih baik tingkat perlindungannya dibandingkan dengan verifikasi kode melalui WhatsApp atau SMS.

Menurut pantauan tim Gadgetren, untuk menggunakan sistem log in dengan passkey ini sangat mudah digunakan. Setelah pengguna sudah mengatur sistem log in dengan passkey dengan mengetuk tombol menu Gunakan Kunci Sandi.

Mengubah Passkey Google

Pengguna langsung diarahkan untuk membuat sidik jari dengan menempelkan salah jari pada pemindai di laptop maupun handphone mereka. Kemudian passkey pun bisa diterapkan pada saat pengguna masuk ke akun Gmail.

Setelah menulis alamat email, pengguna akan diminta menggunakan passkey dengan sidik jari, pengenalan wajah, atau kunci layar PIN di layar. Tak lama pengguna akan langsung masuk ke akun Gmail dengan cepat tanpa perlu mengingat dan mengetik kata sandi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar