ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatur Jam di Handphone vivo Supaya Tepat Waktu

Cara Mengatur Jam di Handphone vivo Header

Gadgetren – Ada kalanya kamu merasa heran ketika jam dan tanggal yang tampil di handphone vivo tidak sesuai dengan waktu saat ini.

Hal ini kemungkinan karena kamu pernah mengatur jam dan tanggal secara manual. Dengan begitu, waktu menjadi berbeda dimana bisa kurang atau lebih sehingga tidak sama lagi dengan sebagaimana harusnya.

Tentunya kamu perlu mengatur kembali jam di handphone vivo. Ada baiknya juga untuk dibuat otomatis agar melakukan perubahan setiap berpindah suatu wilayah maupun negara.

Cara Mengatur Jam di Handphone vivo

  • Buka aplikasi Settings di handphone vivo
  • Untuk mengubah jam, Ketik Time di kolom Search
  • Pilih menu Date & Time atau Date and Time untuk mengatur jam
  • Pilih kembali menu Date & Time atau Date and Time
  • Tekan tombol toggle Use network provided-time dan Use network provided time-zone ke posisi aktif

Penggunaan kata kunci di kolom Search akan memudahkan kamu dalam mencari menu Date & Time karena terkadang ada beberapa menu yang letaknya berbeda di beberapa handphone vivo.

Nantinya sistem akan memanfaatkan jaringan internet dan GPS untuk dapat mendeteksi wilayah kamu berada sehingga dapat mengubah jam dan tanggal secara otomatis secara lebih akurat.

Apabila kamu menonaktifkan Use network-provide time, maka harus mengatur jam dan tanggal secara manual. Sementara jika Use network-provided time zone dimatikan, kamu juga perlu mengatur zona waktu dari negara yang sedang dikunjungi secara manual.

Kamu juga bisa mengaktifkan Use 24-hour format untuk membuat tampilan jam yang muncul dimulai dari angka 00.00 hingga 23.59 ketimbang angka menggunakan sistem AM dan PM.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan widget jam pada halaman Home Screen untuk mendapatkan akses yang lebih mudah dan bisa melihatnya secara jelas.

Menambahkan Widget Jam

  • Tekan dan menahan area kosong di halaman Home Screen
  • Pada menu pop-up yang muncul, pilih Widgets
  • Cari widget Clock yang ingin digunakan
  • Tekan dan tahan widget tersebut
  • Tarik widget ke halaman Home Screen

Dengan adanya Widget di halaman Home Screen, kini kamu punya akses yang lebih cepat untuk mengatur waktu sambil mempercantik tampilan layar agar tidak terlihat kosong begitu saja.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar