ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali HP realme Untuk Nyala dan Matikan

Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali HP realme Header

Gadgetren – realme UI menyajikan beragam fitur yang dapat memudahkan pengguna ponsel realme menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Meskipun belum aktif secara langsung, namun pada ponsel realme terdapat fitur ketuk dua kali atau disebut Double-tap to wake or turn off screen yang dapat dimanfaatkan untuk mengaktifkan layar dari kondisi istirahat.

Dengan begitu pada saat layar ponsel realme sedang dalam kondisi istirahat, maka dapat dinyalakan kembali hanya dengan mengetuk layarnya sebanyak dua kali dengan jari.

Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali HP realme

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih kolom Search.
  3. Ketik kata kunci Double.
  4. Pilih opsi Double-tap to wake or turn off screen atau Double-tap to wake tergantung dari seri ponsel realme.
  5. Geser tombol ke posisi aktif.

Menggunakan kata kunci Double di kolom Search dimaksudkan agar memudahkan kamu langsung masuk ke fiturnya secara cepat karena biasanya letak menu bisa berbeda pada beberapa seri ponsel realme.

Sebenarnya fitur yang satu ini sudah ada pada berbagai ponsel Android karena sudah diperkenalkan beberapa tahun yang lalu. Namun tidak semua perangkat memiliki fitur yang satu ini karena memang biasanya tambahan dari masing-masing vendor.

Apabila layar sedang terkunci, maka fitur ketuk dua kali hanya akan masuk ke halaman Lock Screen terlebih sehingga kamu tetap perlu memasukkan Pattern, PIN, atau Password untuk bisa masuk ke dalamnya.

Dengan kata lain jika kamu ingin langsung membuka kunci dari kondisi layar istirahat dapat langsung menggunakan sensor fingerprint saja sementara ketuk dua kali bisa untuk melihat notifikasi maupun lainnya.

Tidak hanya untuk menyalakan layar dari kondisi istirahat saja, sebenarnya fitur ketuk layar 2 kali juga bermanfaat ketika ingin membuat layar aktif menjadi istirahat dan langsung terkunci sehingga tidak perlu menekan tombol Power.

Oleh karena itu fitur ketuk layar 2 kali memiliki banyak fungsi yang bisa dimanfaatkan maupun digunakan sesuai kebutuhan. Biasanya fitur ini memang lebih diandalkan pada ponsel yang belum memiliki sensor pindai jari sehingga lebih mudah untuk mengaktifkan layar.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar