ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatur Jam Otomatis di HP realme Supaya Tepat Waktu

Cara Mengatur Jam Otomatis di HP realme Header

Gadgetren – Pada ponsel berbasis Android, termasuk merek realme, kamu dapat mengatur jam di ponsel secara otomatis maupun manual.

Apabila kamu mengatur manual, maka dapat mengatur sendiri sesuai dengan waktu saat itu. Namun jika kamu mengatur otomatis, maka jam serta tanggal pada ponsel realme akan mengikuti lokasimu berada secara otomatis berdasarkan GPS dan akses internet.

Fitur jam otomatis ini cocok bagi kamu yang sering bepergian ke berbagai daerah baik luar kota maupun luar negeri karena nantinya akan membuat waktu di ponsel realme berubah otomatis tanpa perlu diatur secara manual.

Cara Mengatur Jam Otomatis di HP realme

  1. Buka kunci layar ponsel realme.
  2. Akses aplikasi Settings dan pilih kolom Search di bagian atas.
    realme - Jam Otomatis - 1
  3. ketik keyword time.
  4. Pilih opsi Date & time yang muncul.
    realme - Jam Otomatis - 2
  5. Tekan tombol pada opsi Set time automatically dan Set time zone automatically ke posisi aktif.
    realme - Jam Otomatis - 3

Penggunaan keyword time di kolom Search dimaksudkan agar kamu dapat secara cepat mencari menu Date & Time di berbagai ponsel realme tanpa perlu kesulitan mencari tata letak menunya terlebih dulu.

Dengan Set time zone automatically nantinya waktu akan secara otomatis mengikuti zona waktu suatu negara yang terdeteksi. Misalnya saja untuk wilayah Indonesia akan menggunakan zona waktu +7 UTC.

Selanjutnya Set time automatically akan membuat sistem menyesuaikan jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun secara otomatis sesuai dengan zona waktu yang ada sehingga tidak perlu lagi mengaturnya secara manual.

Sebagai tambahan, pada halaman Date & Time kamu juga dapat mengaturkan format waktu dari jam yang ditampilkan di ponsel realme. Jika memilih 24 hour format akan menampilkan jam mulai dari jam 00.00 hingga 23.59 sedangkan pada saat kamu memilih 12 hour format akan memunculkan jam 01.00 AM maupun 01.00 PM.

Perbedaan waktunya ditandai dengan AM dan PM saja tanpa hadirnya angka 13.00 hingga 23.59 sama sekali. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan dual clock alias dua jam sekaligus pada Lock Screen ponsel realme dimana terdapat jam untuk lokasi kamu berada dan satu jam untuk daerah lain yang telah ditentukan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar