ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

Proses Pengembalian Barang Semakin Cepat, Blibli Hadirkan Solusi Retur Instan dengan Teknologi AI

Blibli-AI-Development

Gadgetren –  Setelah berkolaborasi dengan aplikasi pencarian kado yang dipersonalisasi bernama Untukmu.AI, Blibli kembali menghadirkan fitur baru Solusi Retur Instan yang mengandalkan teknologi AI yang memungkinkan pengguna dapat mengembalikan produk secara instan.

Pengguna yang telah membeli produk di Blibli saat menerima produk tidak sesuai dengan yang diharapkan atau ada kekurangan seperti rusak dan lainnya bisa menggunakan fitur Solusi Retur Instan untuk pengembalian barang.

Dengan Solusi Retur Instan, pembeli di Blibli dapat memprosesnya langsung secara mandiri tanpa memerlukan bantuan costumer service. Untuk dapat mengajukan pengembalian barang dengan retur instan, pembeli harus memperlihatkan produk yang diterima melalui foto.

Pada proses ini, fitur AI Damage Product Detection akan bekerja untuk mendeteksi kondisi barang yang ingin dikembalikan secara otomatis melalui foto yang dilampirkan dan langsung memberikan rekomendasi solusi. Sebagai contoh jika barang diterima dalam keadaan rusak, maka hasil deteksi AI pada foto akan memberi instruksi ke pusat retur barang untuk segera mengirim produk pengganti.

Fitur tersebut bekerja menggunakan teknologi AI dan ML yang dapat memproses deteksi kerusakan dan rekomendasi yang diklaim lebih cepat hampir 50%. Selain melampirkan foto, pembeli juga harus melengkapi serta mengajukan formulir secara daring untuk mendapatkan nomor pengajuan yang bisa digunakan memantau prosesnya.

Bila diperlukan informasi lebih lanjut, pembeli yang melakukan pengembalian barang akan dihubungi oleh Blibli Care Agent. Untuk dapat mengakses fitur pengembalian barang instan, Blibli memiliki mekanisme pengembalian barang dan ketentuan masing-masing untuk 20 kategori produk yang tersedia.

Sementara untuk proses pengembalian barangnya sendiri, Blibli turut menyediakan jaringan mitra offline yang tersebar di seluruh Indonesia.  Semua proses pengembalian diberikan secara gratis dan pembeli dapat metode pengembalian barang sebagai berikut:

  • Barang dapat dijemput melalui pick up di rumah pelanggan oleh mitra logistik Blibli seperti BES Paket, Grab, Anteraja dan Paxel.
  • Barang bisa dititipkan (Return Point) di gerai-gerai mitra Blibli seperti kantor JNE, Indomaret, Alfamart atau Alfamidi atau Dan+Dan.
  • Pelanggan bisa datang ke tempat pengembalian khusus pada empat titik kantor Blibli di WTC Mangga Dua, Cawang, KS Tubun, dan Surabaya untuk bertemu dengan tim Blibli di tempat dan mendapatkan solusi dalam maksimal 30 menit.
  • Di luar ketiga metode di atas, pelanggan bisa mengirimkan barang dengan ekspedisi pilihannya sendiri.

 Form-Retur-4-Blibli-

Saat ini Blibli telah bekerja sama dengan delapan mitra logistik dengan lebih dari 47.800 lokasi return points yang tersebar di seluruh Tanah Air. Azizah Purwitasari selaku Head of Business Process Transformation Blibli menyampaikan bahwa Blibli melakukan ekstensifikasi AI dan ML untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan inovasi bisnis dalam mendukung operational excellence. Seperti penerapan AI dan ML pada packaging recommendations dan retur management system yang terintegrasi. Lebih jauh lagi, memahami tantangan kondisi geografis Indonesia dan domisili pelanggan kami yang tersebar, kami terus memperluas jaringan omnichannel kami terutama untuk proses retur barang serta menggandeng mitra logistik dengan jangkauan hingga ke pelosok,” terangnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar