ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengembalikan Tampilan WhatsApp Seperti Semula

Cara Mengembalikan Tampilan WhatsApp Seperti Semula Header

Gadgeren – WhatsApp mempunyai fitur baru bernama Channel mirip dengan yang ada di aplikasi Telegram yang memungkinkan kamu, instansi, media, atau lainnya dapat mengirimkan broadcast pada anggota yang terdaftar di suatu channel.

Dengan hadirnya channel, tampilan WhatsApp turut berubah pada bagian tab Updates dari yang biasanya berisikan Status dari pengguna lain menjadi muncul Channel di bagian bawah.

Tampilan Channel yang berada di bawah Status bagi sebagian pengguna malah dirasa mengganggu sehingga ingin mengembalikan tampilannya seperti semula dengan hanya muncul Status WhatsApp saja.

Cara Mengembalikan Tampilan WhatsApp Seperti Semula

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel.
  2. Pindah ke tab Updates.
  3. Pada bagian Channels, pilih channel yang telah diikuti.
  4. Lalu tekan tombol More berikon tiga titik di bagian kanan atas.
  5. Pada menu pop-up yang muncul, pilih opsi Unfollow.
  6. Selanjutnya tekan tombol Unfollow.
  7. Setelah berhasil unfollow, maka kamu dapat kembali ke tab Updates.
  8. Setelah semua channel kamu unfollow, maka tampilan Status WhatsApp akan kembali seperti semula.

Fitur Status di WhatsApp sebenarnya mirip dengan Story yang memungkinkan pengguna dapat memperlihatkan momen berharganya dalam bentuk foto atau video dengan jangka waktu singkat hanya 24 jam.

Hadirnya tab Updates sendiri dimaksudkan agar Status dapat dilihat secara mudah oleh pengguna WhatsApp karena tata letaknya mudah ditemukan ketika membuat aplikasi.

Selanjutnya, WhatsApp mencoba meletakkan fitur Channel di tab Updates agar turut mudah dicari oleh pengguna. Sebenarnya fitur Channel dimaksudkan agar sebuah instansi, organisasi, media, perusahaan, atau lainnya dapat menyebarkan informasi ke banyak orang secara cepat.

Namun jika fitur Channel terasa belum bermanfaat untuk sebagian pengguna, WhatsApp biasanya akan mengkaji kembali apakah kehadiran Channel tetap dipertahankan di aplikasinya.

Saat ini terlihat banyak pengguna yang memang lebih menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkirim pesan kepada pengguna lain secara individu maupun grup. Selain itu, fitur Call maupun Video Call pun terasa sangat membantu ketika ingin berkomunikasi secara langsung dengan pengguna lain.

Dengan begitu, keberadaan fitur Status dan Channel di WhatsApp merupakan fitur pelengkap dibandingkan fitur utama seperti Chat, Call, dan Video Call.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar