ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Hands-On Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) dan Nitro V 15 Special Edition

Hands-On Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) dan Nitro V 15 Special Edition

Gadgetren – Acer Indonesia secara resmi telah meluncurkan Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) terbaru yang menggunakan prosesor Intel Core i9 generasi ke-14 di Tanah Air.

Dalam acara tersebut, saya berkesempatan untuk melakukan hands-on Acer Predator Helios Neo 16 generasi baru tersebut. Tak hanya sampai di situ saja, saya pun turut mencoba juga laptop gaming Acer seri lainnya yang bernama Acer Nitro V 15 Special Edition.

Tentunya Acer Predator Helios Neo 16 terbaru ini membawa peningkatan spesifikasi hardware dan performa dibandingkan laptop sebelumnya. Sementara Nitro V 15 Special Edition dihadirkan untuk memperingati 25 tahun Acer telah hadir di Indonesia dengan peningkatan hardware dibandingkan varian standarnya.

Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72)

Dibandingkan generasi sebelumnya, Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) terlihat futuristik karena menyematkan garis-garis menyala yang membentuk logo Predator pada bagian cover atau cangkangnya.

Tak hanya sampai di situ saja, pada bagian cangkangnya pun terdapat kode-kode PredatorVerse pada bagian kanan bawah cover yang menambah menarik dan misterius dari desain laptop ini.

Pada saat laptop ini dibuka, saya langsung dapat melihat layar yang luas mampu menampilkan konten dengan jernih dan menghadirkan gerakan transisi yang halus sehingga nyaman di mata.

Acer Predator Helios Neo 16 - Feature New

Lebih lengkapnya, Acer Predator Helios Neo 16 ini mempunyai layar 16 inci dengan resolusi WQXGA,100% DCI-P3, tingkat kecerahan hingga 500 nits, aspek rasio 16:10, dan refresh rate 240Hz.

Sementara laptop ini menggunakan keyboard RGB yang dapat menampilkan beragam warna dengan empat zona sehingga memudahkan pengguna untuk mengetik maupun memainkan game di kondisi redup atau gelap.

Susunan tata letak tombol-tombol keyboard di laptop ini juga membuat saya nyaman ketika mengetik. Sementara touchpad memiliki area yang luas sehingga memudahkan untuk menggeser cursor, memilih berbagai menu, dan menavigasi di layar.

Dengan dukungan prosesor Intel Core i9-14900HX, membuat laptop gaming ini mempunyai performa bertenaga untuk melahap beragam aplikasi dan game berat sekalipun dengan lancar.

Dukungan RAM DDR5 berkapasitas 16 GB, mampu membuat aktivitas multitasking dapat berjalan dengan mulus di laptop ini. Dengan hadirnya SSD 1 TB, membuat laptop gaming dapat menampung banyak game, aplikasi, dan file sekaligus.

Produk ini juga mempunyai dukungan GPU NVIDIA GeForce RTX 4070 atau RTX 4060 yang dapat menampilkan grafis dengan bagus untuk game, aplikasi video editor, sistem operasi, dan lainnya. Didukung fitur Ray Tracing yang mampu membuat layar menampilkan game dengan pencahayaan natural seperti dunia nyata.

Acer Predator Helios Neo 16 New - Sticker

Apalagi GPU dari NVIDIA ini mempunyai dukungan DLSS (Deep Learning Super Sampling) 3.5 yang merupakan inovasi dengan dukungan AI (Artificial Intelligence) yang mampu meningkatkan kinerja grafis secara signifikan, seperti fps (frame per second) yang tinggi serta stabil, sehingga dapat menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih mulus dan imersif di Acer Predator Helios Neo 16.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan teknologi 3D Fan Aeroblade generasi ke-5, termal logam cair, dan pipa transfer panas agar dapat membuat suhu tetap stabil ketika memainkan game dalam waktu lama.

Terdapat 12 lubang pembuangan angin dengan kombinasi 6 lubang di sisi bagian belakang, 3 lubang di sisi bagian kiri, dan 3 lubang di sisi bagian kanan agar panas dari laptop dapat dikeluarkan dengan baik.

Pada sisi belakangnya, hadir juga dua port USB Type-C Thunderbolt, port HDMI, dan lubang power connector. Sementara sisi kanannya, terdapat 2 port USB 3.2. Beralih ke sisi kirinya, terdapat port USB 3.2, port Ethernet LAN (RJ-45), slot microSD, dan port jack audio 3,5mm.

Acer Predator Helios Neo 16 ini sudah dilengkapi dengan speaker yang didukung DTS X sehingga mempunyai pengalaman audio yang imersif, terutama ketika menjalankan game First Person Shooter (FPS), Strategy, Role Playing Game (RPG), dan lainnya.

Seperti biasanya, Acer Predator Helios Neo 16 ini dilengkapi dengan tombol keyboard berlogo Predator yang dapat mengakses fitur PredatorSense dengan berbagai fungsi, seperti memantau sistem, overclock, menyesuaikan preferensi RGB, mengatur kipas pendingin, dan masih banyak lagi sehingga dapat membuat kinerja serta penggunaan fitur laptop ini menjadi lebih optimal.

Sebagai laptop generasi terbaru, Acer Predator Helios Neo 16 ini memiliki tombol keyboard khusus berlogo Copilot sehingga dapat mengakses fitur Microsoft Copilot yang merupakan asisten digital pintar berdasarkan AI (Artificial Intelligence) yang dapat membantu berbagai tugas dan kebutuhan penggunanya.

Acer Indonesia telah membuka pre-order Acer Predator Helios Neo 16 terbaru mulai dari tanggal 7 hingga 31 Maret 2024 dengan diskon Rp2.500.000, dimana varian dengan GPU NVIDIA GeForce RTX4070 dari harga Rp33.499.000 menjadi Rp30.999.000 dan NVIDIA GeForce RTX4060 dari harga Rp29.499.000 menjadi Rp26.999.000.

Acer Nitro V 15 Special Edition

Pada bagian cover atau cangkang dari ini terlihat logo N yang berarti Nitro ditambah dengan garis berwarna-warni secara diagonal yang biasa muncul di beberapa game yang menegaskan bahwa Acer Nitro V 15 Special Edition merupakan laptop gaming.

Pada saat saya memegang dan mengangkatnya, terasa bahwa Acer Nitro V 15 Special Edition ini lebih ramping dan ringan dibandingkan dengan Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72).

Setelah laptop dibuka, saya langsung dihadapkan pada layar 15,6 inci dengan teknologi IPS, dan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) yang mampu menampilkan konten secara luas sehingga saya dapat melihatnya dengan leluasan.

Acer Nitro V 15 Special Edition - Display

Adapun refresh rate 144Hz, membuat layarnya mampu menampilkan gerakan transisi perpindahan menu dengan halus. Tentunya kecepatan refresh rate yang tiinggi ini juga akan terasa ketika memainkan game dengan FPS yang tinggi.

Meskipun tidak mempunyai lampu RGB empat zona, namun keyboard dari Acer Nitro V 15 Special Edition ini juga mempunyai backlit dengan cahaya yang berwarna putih sehingga memudahkan untuk mengetik, memainkan game, maupun beraktivitas dalam kondisi redup.

Apalagi tombol-tombol keyboard dari laptop ini juga terasa nyaman ketika ditekan sehingga proses mengetik ataupun memainkan game terasa lancar. Touchpad yang dihadirkan pada Acer Nitro V 15 Special Edition memiliki area yang luas sehingga memudahkan dalam proses navigasi di layarnya.

Acer Nitro V 15 Special Edition - Sticker

Terdapat juga tombol keyboard berlogo N yang ketika ditekan akan masuk ke NitroSense. Fitur yang satu ini dapat digunakan memantau sistem, mengendalikan kipas pendingin, memonitor suhu, dan mengatur performa agar Acer Nitro V 15 Special Edition dapat digunakan dengan optimal.

Hal yang paling mencolok dibandingkan versi standarnya, Acer Nitro V 15 Special Edition ini sudah menggunakan prosesor Intel Core i9-13900H yang mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game yang berat dengan mulus.

Untuk menunjang kinerja multitasking dari Acer Nitro V 15 Special Edition, RAM GDDR5 berkapasitas 16 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya pun terasa lega karena sudah menggunakan SSD 512 GB.

GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 yang dibenamkan pada Acer Nitro V 15 Special Edition mampu menghadirkan pengalaman game yang memanjakan mata karena menghadirkan grafis berkualitas bagus berkat hadirnya beragam fitur, seperti Ray Tracing, NVIDIA DLLS 3.5, dan NIVIDIA Max-Q.

Tak ketinggalan, speaker dengan dukungan DTS X yang dapat menghasilkan suara menggelegar untuk berbagai konten, seperti film, game, musik, dan masih banyak lagi. Pada sisi belakangnya terdapat lubang pembuangan angin.

Acer Nitro V 15 Special Edition - Front

Pada sisi kirinya, terdapat power connector, port Ethernet LAN (RJ-45), port HDMI, 2 port USB 3.2, dan port USB Type-C Thunderbolt. Sementara pada sisi kanannya terdapat port jack audio 3,5mm, port USB 3.2, dan lubang pembuangan angin.

Sebagai laptop gaming edisi khusus untuk memperingati 25 tahun Acer di Indonesia, Acer Nitro V 15 Special Edition ini sudah dijual dengan harga resmi Rp22.499.000. Namun untuk saat ini sedang ada diskon mencapai Rp2.500.000 sehingga harganya menjadi Rp19.999.000.

Sebagai catatan, kedua laptop gaming ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Home Student 2021 dan sistem operasi Windows 11 Home. Semua produk ini juga mendapatkan garansi 3 tahun dari Acer Indonesia (3 tahun spare part dan 3 tahun service) serta tambahan Acer Priority Care.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar