ASUS TUF Gaming FX507
Review Peralatan Elektronik

Review PX WFD-4K Ultra, Bikin Mudah Tampilkan Ponsel di Monitor dan TV

Review PX WFD-4K Ultra Header

Review PX WFD-4K Ultra
  • Rating
4

Kesimpulan

PX WFD-4K Ultra dengan desainnya yang ringkas bisa menjadi alternatif menarik buat kamu yang ingin melakukan mirroring ke layar eksternal dari perangkat di berbagai sistem operasi.

Yang Disukai

  • Sudah USB-C
  • Dukung WiFi 2.4GHz dan 5GHz
  • Pengoperasian mudah
  • Sedikit delay

Yang Tidak Disukai

  • Harus terhubung ke router

Gadgetren – PX, perusahaan asal Taiwan telah meluncurkan PX WFD-4K Ultra di Indonesia yang berfungsi untuk melakukan mirroring atau menduplikasi tampilan dari suatu perangkat seperti ponsel ke layar eksternal.

PX WFD-4K Ultra telah tersedia seharga Rp698.000 dengan masa garansi selama 18 bulan melalui toko resmi PX di berbagai e-commerce Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Akulaku, Blibli, dan Bukalapak.

PX WFD-4K Ultra memiliki desain yang sangat mungil sekali, bahkan tidak lebih besar dari telapak tangan orang dewasa. Hal ini membuat PX WFD-4K Ultra tidak memakan tempat saat digunakan dan sangat mudah untuk diposisikan menemani berbagai perangkat lain seperti TV.



Dari tampilan luarnya, perangkat ini pun tidak terlihat terlalu banyak yang bisa dibicarakan. Menemani logo PX di bagian atas terdapat sebuah tombol lingkaran dengan lampu berwarna putih yang berfungsi sebagai indikator daya. Menekan lama tombol tersebut akan mematikan atau menghidupkan perangkat.

PX WFD-4K Ultra (2)

Desainnya Ringkas!

Sementara pada bagian belakangnya terdapat port USB-C untuk daya 5V/2A dan HDMI 2.0 untuk koneksi video. Penggunaan USB-C tentunya sangat disambut dengan baik karena kabel USB-C kini sudah umum ditemukan pada perangkat modern sehingga akan mengurangi jenis kabel yang harus dimiliki.

Di sekeliling bodinya terdapat ventilasi untuk membuang suhu panas yang dihasilkan saat perangkat bekerja. Lalu pada bagian bawahnya terdapat kaki karet tipis yang cukup pakem supaya perangkat tidak mudah bergeser.

PX WFD-4K Ultra (3)

Pada paket penjualannya sendiri sudah disediakan kabel USB dan HDMI dengan panjang kurang lebih sekitar 50 cm. Selain itu juga ada buku panduan untuk pemasangan maupun bagaimana pengoperasian PX WFD-4K Ultra.

Untuk pemasangan PX WFD-4K Ultra sendiri pun sangat mudah sekali. Setelah terhubung ke sumber daya dan layar eksternal (pada pengujian menggunakan monitor PC), akan langsung ditampilkan berbagai informasi perangkat yang dibutuhkan seperti SSID, Password, IP, dan konektivitas.

Tersedia pula dua buah QR Code untuk terhubung ke WiFi router dan mirroring dari ponsel. Hal ini berarti PX WFD-4K Ultra membutuhkan WiFi router untuk bisa bekerja yang mana mungkin bisa menjadi kendala di lokasi tertentu.

PX WFD-4K Ultra (4)

Praktis Terhubung Banyak Perangkat

Pada pengaturan awal mengharuskan ponsel terhubung terlebih dahulu ke PX WFD-4K Ultra sesuai dengan nama SSID yang tampil di layar. Selanjutnya pindai QR Code pertama menggunakan aplikasi kamera atau sejenisnya di ponsel untuk diarahkan ke halaman pengaturan EZCast menggunakan browser dengan alamat IP yang tertera.

Nantinya akan tampil berbagai menu untuk pengaturan PX WFD-4K Ultra. Masuk ke menu Internet untuk memilih jaringan WiFi sekitar yang terdeteksi. Pilih SSID router yang diinginkan dan masukkan password untuk menghubungkan PX WFD-4K Ultra ke router tersebut.

Jika sukses, maka pada bagian pojok kanan atas monitor akan terlihat ikon yang tadinya berwarna abu berubah menjadi biru yang menandakan bahwa sudah terhubung ke ponsel dan router. PX WFD-4K Ultra pun siap untuk digunakan mirroring nirkabel dari perangkat yang terhubung.

PX WFD-4K Ultra (6)

Mirroring pada ponsel iOS bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur Airplay Mirroring. Sementara pada ponsel Android sedikit berbeda karena setiap merek memiliki nama fitur sendiri misalnya saja Samsung SmartView, OPPO ScreenCast, vivo Smart Mirroring, atau Xiaomi Cast.

Selama pengujian, PX WFD-4K Ultra digunakan untuk mirroring dari ponsel Samsung. Oleh karena itu langkah yang dibutuhkan jauh lebih singkat karena tinggal hanya perlu mengaktifkan Smart View saja. Lalu pilih nama SSID dari PX WFD-4K Ultra untuk terhubung.

Secara otomatis tampilan ponsel akan langsung muncul di monitor yang terhubung ke PX WFD-4K Ultra tanpa perlu memasang aplikasi tambahan lagi. Menariknya PX WFD-4K Ultra juga bertindak sebagai Access Point sehingga perangkat bisa tetap terhubung ke jaringan internet.

PX WFD-4K Ultra Setting

Untuk kualitas gambar dan audio yang ditampilkan tentunya akan tergantung pada kecepatan koneksi hingga dukungan perangkat. PX WFD-4K Ultra pun mendukung jaringan WiFi 2.4GHz maupun 5GHz untuk menjamin koneksi stabil.

Selama pengujian, PX WFD-4K Ultra terhubung ke router 5GHz yang mana mampu mentransmisikan gambar dan audio dengan cukup jelas dan jernih. Memang masih ada sedikit latensi terjadi, namun cukup minim dan konten yang tampil pun masih terasa responsif.

Minim Latensi dengan WiFi 5GHz

Tersedia pula Miracast mode Video dan Game yang bisa dipilih untuk menyesuaikan dengan jenis konten yang ingin dilakukan mirror. Namun latensi tidak sampai 1 detik saat bermain Genshin Impact sehingga tergolong masih bisa ditoleransi dan tidak terlalu menjadi masalah ketika bertarung melawan musuh.

PX WFD-4K Ultra dapat menampilkan gambar hingga resolusi 4K 60Hz untuk menunjang monitor maupun TV masa kini. Bahkan menariknya juga mendukung gambar HDR yang mana tentunya akan sangat bergantung pada perangkat asal maupun layar eksternal yang digunakan.

PX WFD-4K Ultra (7)

Tak ketinggalan ada fitur One Click Switching yang disediakan dengan hanya tinggal menekan tombol yang ada di atas perangkat untuk berubah mode antara Portrait dan Landscape secara praktis untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya orientasi gambar juga dapat secara otomatis mengikuti orientasi dari perangkat asal.

Beberapa perangkat memang bisa terhubung sekaligus ke PX WFD-4K Ultra, tetapi hanya satu perangkat saja yang bisa mirroring dalam satu waktu. Oleh karena itu perlu menghentikan proses mirror yang ada jika ingin melakukan mirror di perangkat lain kemudian.

PX WFD-4K Ultra dengan MiraScreen sendiri mendukung berbagai protokol nirkabel seperti Miracast, Airplay, DLNA, dan Chromecast. Oleh karena itu melakukan mirroring dengan PX WFD-4K Ultra bisa juga menggunakan aplikasi EZCast jika perangkat tidak memiliki fitur Cast secara bawaan.

Secara keseluruhan, PX WFD-4K Ultra bisa menjadi alternatif menarik buat kamu yang kerap melakukan mirroring dari perangkat ke layar eksternal. Apalagi jika memiliki beragam jenis perangkat dengan sistem operasi berbeda, maka PX WFD-4K Ultra bisa menjadi pusat penghubung.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Iya kak produk ini gampang banget connectnya. Saya pakai buat nonton dari smartphone ke Layar TV, hasil gambar bening banget. Saya beli produk antena TV PX juga, dan USB Type C Hub Converternya. Kualitasnya memang top banget.