Review Smartphone

Review Kamera Space Zoom 100x di Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra

Selain menggunakan kamera 108MP, kekuatan utama lain dari kamera Samsung Galaxy S20 Ultra terletak pada fitur Space Zoom 100x. Ponsel yang satu ini dapat melakukan pembesaran foto hingga 100x agar dapat menangkap objek di kejauhan dengan lebih jelas.

Ada tiga tahap pembesaran foto di Galaxy S20 Ultra yang masing-masing menggunakan proses berbeda yaitu pembesaran optik hingga 4x, Hybrid Optic Zoom hingga 10x, dan pembesaran digital hingga 100x.

Pada pembesaran 4x, Galaxy S20 Ultra melakukan pembesaran secara optik melalui kamera telephoto lipatnya. Pembesaran antara 4-10x menggunakan Hybrid Optic Zoom yang mana adalah kombinasi dari lensa lipat dengan sensor beresolusi tinggi. Hasilnya pembesaran foto masih terlihat bagus kualitasnya walaupun sudah di atas pembesaran optik.

Pembesaran di atas 10x dilakukan secara digital yang dibantu dengan pemrosesan oleh kecerdasan buatan untuk meminimalisir getaran tangan dan penurunan kualitas gambar yang dihasilkan oleh pembesaran tingkat tinggi.

Untuk menguji coba kemampuan pembesaran foto di Galaxy S20 Ultra, saya menggunakan model sebuah boneka yang diletakkan cukup jauh dari lokasi pemotretan.

Galaxy S20 Ultra - Kamera Siang Zoom 01 - 1xPembesaran 1x

Pada foto dengan pembesaran 1x bonekanya tidak terlihat jelas bahkan jika fotonya diperbesar secara manual dengan aplikasi penampil gambar.

Galaxy S20 Ultra - Kamera Siang Zoom 01 - 4xPembesaran 4x

Galaxy S20 Ultra - Kamera Siang Zoom 01 - 10xPembesaran 10x

Pada pembesaran 4x dan 10x, gambar bonekanya menjadi semakin terlihat jelas. Kualitas kedua foto secara keseluruhan sekilas tidak ada perbedaan jauh dan tampil dengan baik. Perbedaan baru terlihat ketika bonekanya dilihat dengan seksama.

Galaxy S20 Ultra - Kamera Siang Zoom 01 - 4x - CropPembesaran 4x – crop

Galaxy S20 Ultra - Kamera Siang Zoom 01 - 10x - CropPembesaran 10x – crop

Pada pembesaran optik 4x, bonekanya dapat terlihat dengan baik. Namun pembesaran 10x berhasil memperlihatkan detail pada boneka dengan lebih jelas lagi terutama pada tekstur kain bonekanya. Objek foto di sekeliling boneka seperti rerumputan pun terlihat lebih tajam.

Galaxy S20 Ultra - Kamera Siang Zoom 01 - 100xPembesaran 100x

Jika pada pembesaran hingga 10x saya tidak menemukan kesulitan dalam pengambilan fotonya, berbeda dengan ketika saya mengambil foto di pembesaran 100x. Saya kesulitan untuk menstabilkan tangkapan foto pada layar ponsel dan hasilnya pun sering tidak bagus.

Walaupun hasil foto pada pembesaran 100x kurang bagus, kemampuan pembesaran foto Galaxy S20 Ultra ini patut diapresiasi untuk ukuran sebuah ponsel.

Saya sendiri merasa pembesaran foto 10x di Galaxy S20 Ultra adalah batas pembesaran untuk penggunaan sehari-hari. Kualitas fotonya tetap terjaga dan bermanfaat di situasi tertentu misalnya untuk memfoto hewan dari jarak jauh yang biasanya akan kabur jika didekati.

Tinggalkan Komentar