ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Apple MacBook Air 13 dan 15 Inci Kini Hadir dengan Chip M3 dan Fitur AI

Apple Macbook Air M3

Gadgetren – Apple kini telah menghadirkan varian laptop MacBook Air dengan ukuran layar 13 inci dan 15 inci yang ditenagai seri chip M3 yang diklaim mampu menawarkan  performa lebih kencang dari generasi sebelumnya.

MacBook Air dengan chip M3 ini sudah bisa dibeli di pasar global dengan harga banderol mulai 1.099 USD atau setara Rp17,3 jutaan untuk model 13 inci dan 1.299 USD atau sekitar Rp20,4 jutaan untuk model 15 inci. Keduanya tersedia dalam empat varian warna mencakup Midnight, Starlight, Space Gray, dan Silver.

MacBook Air sebelumnya diketahui menjadi produk yang laris di pasaran dan pihak Apple tampaknya yakin dengan tidak menggelar acara khusus produk ini dapat kembali berkibar di pasaran. Ditambah lagi dengan dukungan chip M3 yang akan memberikan pengalaman komputasi semakin canggih untuk penggunanya.

Apple menyebutkan MacBook Air generasi terbaru ini dapat menghadirkan kinerja performa lebih cepat sampai 60% dibandingkan model sebelumnya dengan chip Apple M1.

Sementara bila dibandingkan dengan MacBook Air berbasis Intel, kinerja performanya diklaim bisa mencapai 13 kali lipat lebih cepat. Chip M3 secara bawaan menyediakan dukungan kecerdasan buatan yang memungkinkan aplikasi dengan fitur AI dapat berjalan lebih cepat dan optimal.

Berisi Neural Engine 16-core, MacBook Air baru ini menawarkan fitur kamera canggih, fitur speech to text secara real-time, terjemahan, prediksi teks, dan berbagai fitur berbasis AI lain pada laptopnya.

Apple juga turut menghadirkan sejumlah fitur lain berbasis AI seperti AI Math Assistance di Goodnotes 6, Pixelmator Pro yang dapat menyempurnakan foto secara otomatis hingga menghilangkan noise pada video menggunakan CapCut.

Chip M3 yang dibenamkan juga didukung kartu grafis yang mampu menawarkan mesh shading dan ray tracing untuk menghadirkan grafis yang lebih akurat termasuk cahaya dan bayangan.

 Apple-MacBook-Air-lifestyle-gaming-240304

Selain itu prosesor grafisnya juga sudah mendukung decode AV1 sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman layanan streaming lebih efisien dan berkualitas tinggi.

Untuk mengimbangi kinerja yang semakin cepat, ketahanan daya baterai disebut dapat mencapai penggunaan hingga 18 jam dalam kondisi penuh atau enam jam lebih lama dibanding MacBook Air berbasis Intel.

Secara tampilan, MacBook Air 13 inci dan 15 inci tebar pesona dengan panel Retina Display yang mempunyai tingkat kecerahan mencapai 500 nits serta mendukung kedalaman hingga 1 miliar warna.

Selain itu pengguna juga dapat menampilkan konten pada dua monitor eksternal meski laptop ditutup yang disebut dapat menyuguhkan resolusi yang lebih tinggi.

Apple-MacBook-Air-Continuity-PowerPoint-240304

Soal koneksi, MacBook Air baru ini memiliki dua port Thunderbolt untuk transfer file lebih cepat, jack audio 3,5 mm untuk mendengarkan konten video dan musik lebih privat, webcam FaceTime HD 1080p dan tiga mikrofon, speaker dengan dukungan Spatial Audio dan Dolby Atmos, serta Touch ID.

Greg Joswiak selaku Senior VP of Worldwide Marketing Apple dalam situs resmi Apple menyampaikan bahwa MacBook Air adalah Mac kami yang paling populer dan dicintai dengan lebih banyak pelanggan yang memilihnya dibandingkan laptop lainnya.

“Dan hari ini menjadi lebih baik lagi dengan chip M3 dan kemampuan baru. Pengguna akan merasakan kecepatan luar biasa dalam segala hal yang mereka lakukan,” terangnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar