ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

9 Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 20 Pro Plus, Sudah Ngebut!

Kelebihan dan Kekurangan Tecno Spark 20 Pro Plus Header

Gadgetren – Membawa fitur yang lebih tinggi dibandingkan versi Pro biasa, Tecno Spark 20 Pro Plus juga telah dihadirkan di Indonesia.

Perangkat yang satu ini terlihat menawan karena menggunakan layar penuh yang melengkung di kedua sisinya. Sementara performanya yang ditawarkan oleh perangkat ini terasa bertenaga berkat penggunaan chipset MediaTek Helio G99 Ultimate.

Perangkat yang satu ini sudah menggunakan sistem operasi Android 14. Sementara itu, Tecno Spark 20 Pro Plus sudah dilengkapi dengan kamera utama yang beresolusi besar untuk mengabadikan momen berharga pengguna dengan baik.

Kelebihan Tecno Spark 20 Pro Plus

1. Layar yang Memanjakan Mata

Layar penuh 6,78 inci yang melengkung di kedua sisinya membuat konten dapat ditampilkan seolah-olah dengan tanpa bezel sehingga area layar terasa luas yang membuat pengguna dapat melihatnya dengan leluasa.

Ditambah lagi layar dengan teknologi AMOLED dan Full HD+ (2346 x 1080 piksel) dapat menampilkan konten dengan terang serta jernih. Apalagi tingkat kecerahan puncaknya mencapai 1.000 nits sehingga pengguna masih dapat melihat konten pada layar walaupun sedang berada di bawah terik matahari sekalipun.

Navigasi antar menu, menonton film dari aplikasi streaming, dan memainkan game terasa menjadi lebih menyenangkan karena layarnya sudah memiliki refresh rate dengan kecepatan tinggi mencapai 120Hz.

2. Lancar Memainkan Game

Dibandingkan versi biasanya, chipset MediaTek Helio G99 Ultimate (6nm) Octa-Core 2,2 GHz mampu menghadirkan performa game yang lancar ketika berjalan pada Tecno Spark 20 Pro Plus.

Apalagi terdapat RAM 8 GB yang dikombinasikan dengan Extended RAM hingga 8 GB sehingga mampu menghadirkan aktivitas multitasking aplikasi dan game yang mulus pada ponsel ini.

Untuk penyimpanan internalnya mencapai 256 GB sehingga mampu menampung banyak file, aplikasi, maupun game sekaligus. Terdapat juga fitur MediaTek HyperEngine yang memungkinkan peningkatan performa ketika game berjalan di ponsel.

3. Baterai Besar dan Pengisian Cepat

Tecno Spark 20 Pro Plus mengandalkan baterai berkapasitas besar 5.000mAh yang mampu bertahan lama dalam pemakaian normal untuk aktivitas sehari-hari seperti menjalankan game, media sosial, email, editor dokumen, dan masih banyak lagi.

Terdapat juga fitur Power Saving Mode yang memungkinkan ponsel ini mampu bertahan lama ketika sudah mencapai persentase kritis antara 5% hingga 15%. Fitur 33W Super Charge pun memungkinkan pengisian daya baterai menjadi sangat cepat sehingga membuat pengguna tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama.

4. Desain yang Menarik

Berbeda dengan Spark 20 Pro yang mengusung desain seperti iPhone, Tecno Spark 20 Pro Plus justru hadir dengan desain berbeda dengan terdapat pada empat lingkaran dengan matrik 2×2 di dalam lingkaran besar.

Hal tersebut membuat Tecno Spark 20 Pro Plus terlihat unik. Apalagi ponsel ini hadir dengan dua pilihan warna yang terdiri dari Temporal Orbits dan Magic Skin 2.0 yang dapat menampilkan warna menarik ketika terkena pantulan cahaya.

5. Kamera Beresolusi Besar

Secara bawaan, Tecno Spark 20 Pro Plus hadir dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP dan makro 2 MP. Dengan resolusi sangat besar, kamera utamanya dapat menghasilkan foto berkualitas bagus.

Apalagi penggunaan teknologi 9-in-1 pixel binning yang mampu menyatukan 9 piksel kecil dalam 1 piksel besar sehingga mampu menyerap cahaya lebih banyak hingga 900% dibandingkan menggunakan resolusi penuh untuk menghasilkan foto yang terang dan jelas pada kondisi siang hari maupun malam hari.

Untuk kamera depannya pun mempunyai resolusi 32 MP yang dapat menghasilkan foto selfie dengan subjek yang memiliki wajah yang mulus dan cepat.

6. Fitur Lengkap

Sertifikasi IP53 membuktikan ponsel telah tahan terhadap air dan cipratan debu. Sementara itu ponsel ini juga mampu menghadirkan suara stereo berkat adanya dua speaker.

FItur NFC (Near Field Communication) membantu pengguna untuk melakukan pembayaran digital maupun pengisian saldo kartu e-money dengan mudah. Sensor fingerprint di bawah layar ponsel ini dapat mendeteksi sidik jari dengan responsif sehingga membuat pembukaan kunci layar menjadi cepat.

Kekurangan Tecno Spark 20 Pro Plus

1. Absennya Kamera Ultrawide

Tecno Spark 20 Pro Plus sayangnya tidak dibekali dengan kamera ultrawide yang mampu mendukung pengambil foto dengan area luas secara cepat dan mudah. Dengan harga Rp2.699.000, perangkat dari kompetitor di kelas ini sudah banyak yang memiliki dukungan kamera tersebut.

Bisa dibilang kamera ultrawide ini sudah menjadi hal yang biasa bagi ponsel di harga Rp2 jutaan karena manfaatnya yang baik untuk mengambil foto dengan area luas. Pengguna tidak perlu repot menggunakan mode Panorama sama sekali.

2. Belum Mendukung Jaringan 5G

Dengan di kisaran harga Rp2 jutaan, Tecno Spark 20 Pro Plus juga belum didukung jaringan 5G. Padahal perangkat dari merek lain sudah banyak yang mendukung jaringan 5G karena mengikuti perkembangan zaman dan mempunyai kecepatan internet tinggi.

3. Tidak Port Jack Audio 3,5mm

Tecno Spark 20 Pro Plus tidak dilengkapi dengan port jack audio 3,5mm karena beberapa faktor yang salah satunya untuk membuat ketebalan bodinya menjadi ramping menjadi 7,55mm.

Dengan tidak hadirnya port tersebut, pengguna harus menggunakan perangkat audio yang mendukung koneksi Bluetooth atau USB Type-C agar dapat terhubung secara praktis dengan Tecno Spark 20 Pro Plus.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar