ASUS TUF Gaming FX507
Berita Wearable

Pre Order OPPO Watch X dengan Google WearOS Resmi Digelar, Ini Keunggulannya

Pre Order OPPO Watch X dengan Google WearOS Resmi Digelar, Ini Keunggulannya

Gadgetren – OPPO secara resmi telah merilis perangkat terbarunya yang bernama OPPO Watch X. Sebagai smartwatch premium, OPPO Watch X dijual dengan harga Rp5.999.000 yang menawarkan dua pilihan warna mencakup Platinum Black dan Mars Brown.

Saat ini OPPO Watch X dapat dipesan sampai tanggal 15 Maret 2024 melalui e-commerce yang menjadi partner resmi OPPO di Indonesia seperti di Tokopedia,  Shopee, Lazada, Akulaku, Blibli, dan situs OPPO. Kemudian dapat dipesan secara offline di OPPO Store, OPPO Gallery, dan toko rekanan resmi OPPO.

Sebagai penawaran menarik, setiap pemesan akan mendapatkan cashback senilai Rp500 ribu jika melakukan pembelian bundling dengan smartphone OPPO. OPPO Watch X tampil dengan desain device bundar dan strap warna hitam serta cokelat.

Pada aspek tampilannya, OPPO Watch X mengusung layar berukuran 1,43 inci berpanel AMOLED yang memiliki resolusi resolusi 466 x 466 serta mendukung refresh rate 60Hz  yang disebut kaya warna dan responsif. Layarnya telah dilindungi oleh cover kristal safir 2.5D untuk ketahanan terhadap goresan dan sidik jari sambil menjaga kejernihan optik.

Bagian perangkatnya menggunakan material stainless steel yang disebut kokoh dan menampilkan kesan logam premium. Kemudian tombol dan bingkai tengah terhubung untuk memberikan struktur yang kuat namun ringan.

Guna dapat dipakai dalam waktu yang lama, OPPO Watch X telah teruji kehandalan perangkatnya berkat lulus standar militer AS MIL-STD-810H.

Selain itu untuk menambah ketahanannya, OPPO Watch X juga telah tersertifikasi IP68 yang menandakan perangkat tahan air dan debu serta ketahanan air 5ATM yang berarti perangkat dapat ditenggelamkan di air biasa hingga 50 meter.

Jam tangan pintar ini menawarkan sistem operasi yang modern dengan dukungan WearOS dari Google sehingga tampilan antarmukanya terbilang intuitif dan segar.

Dengan dukungan WearOS dari Google membuat OPPO Watch X dapat menawarkan aplikasi yang disediakan Google Play. Bagian jeroannya untuk menjalankan performa perangkat menggunakan arsitektur dual-engine yang meliputi Snapdragon W5 Gen 1 dan MCU BES2700.

Mengenai dukungan fitur olahraga, OPPO Watch X dapat menemani pengguna melatih tubuhnya seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang.

OPPO-Watch-X

Bagi para pecinta lari, OPPO Watch X dapat melaca pengenalan posisi berlari yang mana secara teknis dapat mendeteksi waktu kontak tanah (GCT) pelari, keseimbangan antara GCT kaki kiri dan kanan, frekuensi langkah, hingga panjang langkah.

Olahraga yang didukung OPPO Watch X lainnya ialah bulutangkis dengan menggunakan mode bulutangkis profesional.

Fitur ini dikembangkan internal OPPO yang bertujuan untuk dapat mengumpulkan data khusus selama permainan dan menghasilkan analisis pasca-pertandingan di lima hal dari eksplosivitas, aktivitas, daya tahan, konfrontasi, dan ofensif.

Dengan begitu membantu pengguna untuk dapat menyesuaikan kekuatan dan kecepatan ayunan mereka. Seperti halnya pengenalan posisi berlari, data yang disediakan dapat dijadikan pedoman sehingga memungkinkan pengguna untuk menganalisa kelemahan mereka dan meningkatkan permainan mereka.

Adapun fitur-fitur kesehatan yang disediakan OPPO Watch X seperti dapat melacak tingkat nafas, tingkat oksigen darah saat tidur, detak jantung, mendengkur, gerakan tubuh, dan perilaku tidur lainnya.

Dengan laporan pemantauan tidur mingguan yang tersedia melalui aplikasi OHealth, pengguna juga dapat memantau perubahan durasi tidur, kebiasaan tidur, risiko mendengkur, dan skor tidur keseluruhan.

 OPPO-Watch-X-spek

Berkat rangkaian sensor dan algoritma yang canggih, OPPO Watch X dapat memantau tingkat stres selama periode waktu tertentu dengan menghitung variabilitas detak jantung (HRV).

Terkait ketahanan baterai, OPPO Watch X dibekali daya besar 500mAh yang dilengkapi pengisian cepat yang disebut dapat mengisi daya dari 0% menjadi 100% dalam waktu 60 menit.

OPPO Watch X juga disebut dapat memberikan waktu pakai baterai hingga 100 jam saat berada dalam Mode Pintar dan hingga 12 hari waktu siaga dalam Mode Hemat Daya sehingga pengguna tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengisi ulang smartwatch mereka setiap hari.

Dengan GPS dual-frequency, OPPO Watch X disebut mampu menerima kedua sinyal GPS L1 yang umum digunakan dan sinyal GPS L5 yang lebih canggih.

Penggunaan dua antena terpisah untuk setiap sinyal GPS ini diklaim dapat meningkatkan tingkat presisi dan keandalan posisi bagi pengguna saat berlari, bersepeda, mendaki, atau berolahraga bahkan pada lingkungan dengan cakupan sinyal GPS yang buruk.

John Renaldi selaku Senior Director of Product and Design, Wear OS by Google menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pembaruan signifikan pada antarmuka Wear OS untuk mendukung kemampuan yang tercipta di atas arsitektur dual-engine OPPO.

“Melalui kolaborasi ini, OPPO Watch X dengan mulus dapat beralih antara chip rendah daya dan chip performa tinggi untuk memberikan pengalaman smartwatch kaya fitur dan premium dengan daya tahan baterai yang dioptimalkan,” ujar John.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar