ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan vivo V30 Pro, Tak Hanya Andalkan Kamera!

Kelebihan dan Kekurangan vivo V30 Pro - Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga sampai Rp8.999.000 atau paling mahal dari serinya, perangkat vivo V30 Pro yang baru diperkenalkan tentu bisa membuat sebagian orang sedikit penasaran.

Dengan banderol harga yang relatif mahal, sebuah ponsel umumnya akan dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni maupun berbagai macam keunggulan. Hanya saja apakah perangkat vivo V30 Pro pun menawarkannya?

Di atas kertas, perangkat tersebut memang mempunyai beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan perangkat-perangkat sekelasnya. Hanya saja di sisi lain masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum kita meminangnya.

Kelebihan vivo V30 Pro

1. Kamera Unggulan

Sektor fotografi menjadi keunggulan utama dari vivo V30 Pro seperti generasi-generasi yang sebelumnya. Bahkan secara khusus lewat perangkat tersebut, vivo untuk pertama kalinya membawa kamera yang dikembangkan bersama ZEISS ke seri vivo V.

Berjuluk ZEISS Triple Main Camera, setiap lensa di kamera belakang vivo V30 Pro sudah tersertifikasi oleh ZEISS. Di dalamnya termasuk lensa utama bersensor Sony IMX920, super-wide, maupun potret yang sama-sama menawarkan resolusi hingga 50MP.

Fitur-fitur yang dikembangkan bersama ZEISS juga turut hadir menemani keunggulan lensa kamera vivo V30 Pro. Misalnya ZEISS Style Portrait dengan berbagai macam filter pengambilan gambarnya dan ZEISS Border Watermark yang menawarkan watermark khusus.

Di sisi lain, vivo V30 Pro juga kembali menghadirkan lampu Aura Light Portrait yang menawarkan sebaran cahaya 19 kali lebih luas dan pencahayaan 50 kali lebih lembut ketimbang LED Flash biasa. Jadi bisa menghasilkan gambar yang baik meskipun di kondisi gelap.

Keunggulan di sektor fotografi ini tak hanya berlaku untuk kamera belakangnya saja. Perangkat vivo V30 Pro pasalnya juga mempunyai kamera depan beresolusi 50MP sebagai penunjang yang memungkinkan kita melakukan selfie dengan kualitas lebih baik.

Tim Gadgetren sendiri sudah sempat menjajal kemampuan fotografi dari vivo V30 Pro. Hasilnya, kamera depan maupun belakangnya dapat menghasilkan foto berkualitas bagus di berbagai macam kondisi pencahayaan.

2. Layar Menarik

Menariknya lagi, perangkat vivo V30 Pro mencoba membawa layar dengan desain melengkung di sisi samping kanan maupun kirinya. Mirip seperti apa yang ditawarkan oleh berbagai macam ponsel kelas atas.

Kelebihan dan Kekurangan vivo V30 Pro - Layar

Layar vivo V30 Pro di sisi lain apalagi juga sudah menggunakan panel berteknologi AMOLED yang mempunyai tingkat kecerahan hingga 2.800nit. Ukurannya pun sangat luas di mana sampai 6,78 inci ketika diukur secara diagonal.

Yang sangat menggoda dari layar vivo V30 Pro, resolusi gambarnya mendukung tampilan sampai 1,5K (2800 × 1260 piksel). Jadi secara teknis mampu menyajikan konten secara lebih jelas dan tajam ketimbang panel Full HD+ atau di bawahnya.

Selain itu, panel vivo V30 Pro sudah mendukung pengaturan refresh rate yang sangat tinggi. Perangkat tersebut mampu menampilkan konten dengan animasi gambar sampai 120Hz selama game atau video yang ditayangkan sudah mendukungnya.

3. RAM dan Penyimpanan Besar

Menemani chipset yang dibawanya, vivo V30 Pro juga mengemas dukungan RAM dan media penyimpanan internal yang sangat besar. Perangkat tersebut hadir dengan konfigurasi tunggal yang secara berturut-turut menawarkan kapasitas 12GB dan 512GB.

Teknologi RAM yang digunakan juga tergolong mutakhir. Perangkat tersebut sudah menggunakan memori berjenis LPDDR5x yang mendukung fitur ekspansi RAM dengan tambahan hingga 12GB. Sementara penyimpanannya pun sudah memakai UFS 3.1.

4. Baterai Besar Dilengkapi Pengisian Daya Cepat

Sudah menjadi standar umum, ponsel di masa sekarang dipersenjatai dengan baterai berukuran besar. vivo V30 Pro juga demikian. Perangkat tersebut tercatat membawa kapasitas penyimpanan daya hingga 5.000mAh.

Hasil pengujian internal vivo menunjukkan bahwa baterai perangkat tersebut pun sudah dapat diandalkan untuk mengerjakan sejumlah aktivitas dengan durasi lama seperti bermain game sampai 8 jam, mengakses media sosial 13 jam, atau streaming YouTube 16 jam.

Sebagai penunjang, baterai vivo V30 Pro juga dilengkapi pengisian daya sangat cepat. Perangkat tersebut secara khusus memakai teknologi 80W FlashCharge yang memungkinkan baterainya terisi penuh hanya dalam waktu 43 menit saja.

Kekurangan vivo V30 Pro

1. Chipset Lawas

Meskipun mengemas berbagai macam dukungan baru, vivo V30 Pro sayangnya menggunakan chipset serupa dengan vivo V29 Pro maupun vivo V27 Pro yang mana tidak sempat diboyong ke Indonesia. Perangkat tersebut kembali mengandalkan MediaTek Dimensity 8200.

Secara teknis, kemampuan Dimensity 8200 sebenarnya masih sangat mumpuni untuk pemakaian di masa sekarang. Hanya saja kita di sisi lain sudah bisa mendapatkan beberapa model perangkat yang menawarkan chipset lebih mutakhir dengan banderol harga lebih terjangkau.

2. Jack Audio dan Slot Kartu Eksternal Absen

Seperti perangkat-perangkat menengah ke atas sekarang ini, vivo V30 Pro juga menghilang beberapa dukungan. Termasuk jack audio dan slot media penyimpanan eksternal yang masih cukup penting bagi sebagian orang.

Dengan absennya kedua dukungan ini, kita pun perlu melakukan beberapa penyesuaian. Misalnya membeli perangkat suara nirkabel atau kabel adaptor untuk menikmati musik hingga melakukan pengelolaan data lebih baik supaya penyimpanan perangkat tidak cepat penuh.

3. Pelindung Layar Dipertanyakan

Dibanderol dengan harga yang lumayan mahal, hadirnya pelindung layar di vivo V30 Pro juga perlu dipertanyakan. Perusahaan vivo sama sekali tidak menyebutkan apakah perangkat tersebut sudah mengemasnya atau belum.

Padahal umumnya, perangkat yang menyasar kelas menengah setidaknya sudah menawarkan lapisan kaca seperti Corning Gorilla Glass 3 atau Panda Glass. Sebagian ponsel dalam hal ini bahkan sudah membawa teknologi yang lebih mutakhir.

4. Speaker Mono

Speaker yang digunakan di vivo V30 Pro juga masih mono. Artinya, hanya dapat menghasilkan satu saluran suara saja di mana akan kurang maksimal saat digunakan untuk bermain game kompetitif, memutar musik, atau menonton video.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar