ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan vivo V30, Lumayan Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan vivo V30 - Header

Gadgetren – Hadirnya vivo V30 mungkin bisa menjawab kebutuhan sebagian orang. Ponsel baru tersebut soalnya mempunyai spesifikasi dan dukungan yang lengkap untuk memenuhi berbagai macam aktivitas.

Banderol harganya apalagi juga tergolong lumayan terjangkau. Perangkat menengah atas tersebut sudah dapat dipinang dengan dana sebesar Rp5.999.000 atau Rp6.999.000 tergantung varian memori yang ditawarkan.

Terlepas dari beberapa kekurangan yang dimilikinya, vivo V30 di sisi lain juga mempunyai sejumlah kelebihan. Kita yang masih ragu-ragu pun dapat mempertimbangkannya supaya bisa lebih mudah untuk memutuskan untuk membeli perangkat tersebut atau tidak.

Kelebihan vivo V30

1. Layar Menawan

Perangkat vivo V30 salah satu di antaranya mempunyai dukungan layar yang sangat menarik. Panel miliknya sudah mengadopsi desain ponsel papan atas di mana bagian samping menggunakan tepian yang dibuat sedikit melengkung.

Spesifikasi layar dari vivo V30 juga sangat menarik. Perangkat tersebut sudah menggunakan panel AMOLED yang mempunyai resolusi sangat tinggi. Tidak hanya Full HD+ seperti kebanyakan ponsel di kelasnya tetapi sudah sampai 1,5K (2800 x 1260 piksel).

Tingkat kecerahan yang ditawarkan oleh panel AMOLED milik vivo V30 juga lebih unggul ketimbang perangkat lain. Secara teknis, layarnya bahkan mampu menangani hingga maksimal 2.800nits. Sangat mumpuni untuk menampilkan gambar dengan jelas meskipun di bawah terik matahari.

Di sisi lain, layar vivo V30 sudah berukuran sangat besar di mana mempunyai diagonal hingga 6,78 inci. Panelnya juga mendukung refresh rate sampai 120Hz sehingga secara teknis bakalan mampu menayangkan konten dengan setelan animasi paling tinggi.

Terdapat juga berbagai macam fitur yang dapat melindungi mata pengguna selama pemakaian. Termasuk di antaranya meliputi Anti-fatigue Curve 2.0, Biometric Brightness Adjustment, Low Blue Light tersertifikasi SGS, maupun 2160Hz Dimming.

2. Konfigurasi Mesin Menarik

Dalam balutan bodinya, vivo V30 juga mempunyai konfigurasi mesin yang sangat mumpuni. Dapur pacunya sudah mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3 (4nm) yang dapat beroperasi dengan kecepatan sampai 2,63GHz.

Snapdragon 7 Gen 3 sendiri mempunyai kemampuan yang tak boleh dipandang sebelah mata. Berdasarkan klaim pihak vivo, perangkatnya bahkan mampu menghasilkan skor AnTuTu sampai 830 ribuan poin berkat chipset ini.

Pada vivo 30, chipset ini pun dikombinasikan bersama RAM berukuran sangat besar. Kita dapat memilih antara varian 8GB atau 12GB yang mana masih bisa diperluas dengan memori virtual berkapasitas sebesar aslinya sebagai tambahan.

Penyimpanan yang disediakan oleh vivo 30 juga tergolong luas. Dalam hal ini, terdapat dua varian media internal yang bisa dipilih antara 256GB atau 512GB. Jadi tak perlu khawatir perangkat kehabisan tempat untuk menyimpan data atau memasang aplikasi.

3. Kamera Depan Beresolusi Tinggi

Selaras dengan kamera utamanya, vivo V30 pun menawarkan kamera depan dengan resolusi sangat tinggi untuk membantu kita mengabadikan momen-momen indah secara lebih baik. Lensa yang dipakainya secara teknis bahkan mampu menghasilkan gambar hingga 50MP.

Dengan kamera beresolusi tinggi, perangkat bakalan mampu menghasilkan foto berukuran besar. Jadi kita bisa mencetaknya ke dalam ukuran jumbo, memperbesarnya beberapa kali, atau melakukan cropping tanpa khawatir gambarnya akan pecah.

4. Baterai Besar Ditambah Pengisian Cepat

Dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, vivo V30 pastinya dapat menjadi pilihan pas bagi kita yang mempunyai aktivitas padat. Kita soalnya tidak perlu melakukan pengisian ulang berulang kali atau khawatir perangkat cepat kehabisan daya.

Berdasarkan hasil laboratorium vivo, baterai perangkat tersebut bakalan mampu bertahan hingga 8 jam untuk bermain game, 13 jam untuk mengakses layanan media sosial, atau 16 jam untuk melakukan streaming video tanpa jeda.

Saat terpaksa mengisi daya, kita pun tak perlu menunggu lama. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi 80W FlashCharge yang memungkinkan baterainya terisi penuh dalam waktu singkat. vivo V30 bahkan hanya memerlukan sekitar 43 menit untuk melakukannya.

Yang cukup menarik, pihak vivo mengklaim baterainya juga mempunyai masa pakai yang lama. Mereka menyebut bahwa kesehatannya tidak akan berkurang sampai di bawah 80 persen untuk 1.600 siklus pengisian daya penuh atau sekitar 4 tahun pemakaian.

Kekurangan vivo V30

1. Tidak Membawa Slot Kartu Eksternal dan Jack Audio

Meluncur sebagai ponsel menengah ke atas, vivo V30 sayangnya mengikuti jejak berbagai macam perangkat di kelasnya. Ponsel tersebut ikut menghilangkan slot kartu media eksternal maupun jack audio 3,5mm yang masih penting bagi sebagian orang.

Untuk slot kartu media eksternal, kita sebenarnya tidak perlu khawatir karena perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan penyimpanan internal berkapasitas besar. Kita pun hanya perlu mengelola data atau aplikasi secara lebih mendalam apabila memang dirasa masih kurang.

Sementara untuk jack audio, kita terpaksa menyiapkan uang lebih untuk beralih menggunakan perangkat suara nirkabel secara penuh atau membeli kabel konverter. Untung harga dari kedua aksesori ini cukup bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan ketersediaan dana.

2. Speaker Mono

Hilangnya jack audio pada vivo V30 apalagi juga diikuti dengan penggunaan speaker mono. Padahal kebanyakan perangkat yang menyasar kelas menengah sudah membawa speaker stereo sebagai keunggulannya.

Pengalaman mendengarkan musik atau bermain game dengan speaker bawaan perangkat tersebut makanya akan terasa kurang. Pemakaian headset atau headphone pun diperlukan sebagai salah satu solusi untuk mengatasinya.

3. Pelindung Layar Dipertanyakan

Meskipun dibanderol dengan harga lebih dari Rp5 juta, lapisan pelindung layar dari vivo V30 perlu dipertanyakan. Perusahaan tidak mengungkapkan secara pasti apakah perangkat tersebut sudah memakai kaca seperti Corning Gorilla Glass atau belum.

Kabar baiknya, paket penjualan dari perangkat tersebut tergolong lengkap. Di dalamnya sudah terdapat lapisan kaca pelindung tambahan yang langsung diaplikasikan ke ponsel sehingga kita tidak perlu membelinya lagi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar