ASUS TUF Gaming FX507
Berita Perangkat Pintar

Bisa Pantau Kesehatan Lebih Dalam, Samsung Perkenalkan Cincin Pintar Galaxy Ring

Bisa Pantau Kesehatan Lebih Dalam, Samsung Perkenalkan Cincin Pintar Galaxy Ring

Gadgetren – Setelah sedikit dibocorkan pada ajang Galaxy Unpacked 2024 kini Samsung kembali memamerkan perangkat wearable mungil yang bernama Samsung Galaxy Ring dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol.

Selain melalui berbagai sumber laporan di internet seperti dilansir Sammobile, kabar keberadaan Galaxy Ring juga disampaikan secara resmi oleh Dr. Hon Pak selaku Vice President and Head of Digital Health Team, MX Business at Samsung Electronics lewat situs samsung.com.

Dr. Hon Pak menyampaikan bahwa tujuan hidup sehat dan masalah kesehatan mental menjadi fokus utama pihaknya untuk menghadirkan perangkat yang semakin mudah digunakan bahkan untuk memantau kualitas tidur mereka.

Menurut Dr. Hon Pak untuk tidur menggunakan smartwatch tak banyak pengguna  yang melakukannya sehingga Samsung pun mencoba inovasi  baru melalui Galaxy Ring yang kini tahap produk prototipenya sudah final.

Dari foto yang ada pada situs Sammobile, Galaxy Ring tampak seperti cincin layaknya dikenakan di jari manis atau jari lainnya. Galaxy Ring disebut akan hadir dalam tiga varian warna mencakup Platinum Silver, Gold, dan Ceramic Black.

Dari foto yang ditampilkan, Galaxy Ring akan menyediakan sembilan varian model dengan ukuran 5 hingga 13 yang bisa disesuaikan jari penggunanya. Dr Hon Pak menyebutkan Galaxy Ring akan diluncurkan secara resmi sebelum akhir tahun 2024.

Kemungkinannya Galaxy Ring akan diluncurkan pada bulan Juli 2024 dengan pengiriman unit pada musim gugur dan kemungkinan akan berbarengan dengan Galaxy Unpacked pertengahan tahun yang dirumorkan akan membawa Galaxy Z Flip 6 dan Galaxy Z Fold 6.

Mengenai harganya sendiri belum dibocorkan oleh Dr Hon Pak. Namun melihat kompetitor lainnya yang sudah mengeluarkan perangkat wearable berbentuk cincin seperti Smart Ring Oura Ring yang memiliki harga $299 atau Rp4,6 jutaan, dirumorkan bahwa Galaxy Ring akan dijual dengan harga di bawah Oura Ring.

Muat lainnya DETIL LAMPIRAN Samsung-Galaxy-Ring-5-scaled

Galaxy Ring akan memberikan fitur-fitur lebih lengkap untuk dapat mendeteksi kualitas tidur yang tidak tersedia pada smartwatch dengan empat fitur pelacakan laju pernapasan dan detak jantung saat tidur, pergerakan malam, dan pelacakan latensi tidur.

Selain itu, Galaxy Ring juga akan menawarkan banyak sensor pelacakan kesehatan dan kebugaran untuk tidur, detak jantung keseharian, oksigen dalam darah, suhu tubuh melalui kulit, dan pelacakan periode, hingga akan mampu menyajikan metrik kualitas tidur yang didukung AI bernama Vitalitas dan memiliki data analisis tidur disebut My Vitality Score.

Data-data dari hasil pemantauan tidur bisa dilihat melalui aplikasi Samsung Health nantinya. Berdasarkan laporan The Verge, Vitality Score juga akan menjadi fitur Galaxy Watch melalui Galaxy Watch 6 yang akan hadir akhir tahun dan memerlukan ponsel seri Galaxy S24 agar dapat berfungsi dengan baik.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar