ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

3 Cara Screenshot vivo Y100 5G yang Dapat Dipilih dengan Mudah

Cara Screenshot vivo Y100 5G Header

Gadgetren – Hampir mirip dengan ponsel berbasis Android lainnya, vivo Y100 5G hadir dengan dukungan kombinasi tombol untuk mengambil screenshot.

Kombinasi tombol yang umum digunakan untuk screenshot di vivo Y100 5G, yakni tombol Volume Bawah dan Power yang ditekan secara berbarengan selama beberapa detik yang nantinya membuat layar berkedip menandakan bahwa screenshot telah diambil.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, screenshot ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna vivo Y100 5G dapat mengabadikan beragam konten yang tampil pada layar sehingga dapat digunakan untuk bukti pembayaran, bukti percakapan, tutorial, dan masih banyak lagi.

Cara Screenshot vivo Y100 5G dengan Tombol

  1. Cari area yang akan kamu screenshot.
  2. Setelah area ditentukan, tekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.
  3. Layar yang berkedip atau suara shutter berbunyi.
  4. Pratinjau screenshot akan muncul telah diambil.
  5. Ketuk pratijau untuk edit atau dibagikan.

Meskipun kombinasi tombol Volume Bawah + Power merupakan metode paling familiar dan mudah untuk mengambil screenshot. Namun tombol Power punya fungsi lain yang sangat vital, tepatnya untuk menyalakan atau mematikan perangkat.

Agar tombol power tidak terlalu sering digunakan untuk aktivitas yang tidak vital, pihak vivo telah menghadirkan fitur gesture 3 jari untuk memudahkan dalam pengambilan screenshot. Fitur ini pun sudah aktif sejak pertama kali vivo Y100 5G dinyalakan sehingga kamu tidak melakukan pengaturan terlebih dulu.

Cara Screenshot vivo Y100 5G dengan Gesture 3 Jari

  1. Dari halaman Home Screen, cari area yang akan diambil screenshot.
  2. Setelah area dipilih, sapu layar dari atas ke bawah menggunakan 3 jari yang dirapatkan.
  3. Screenshot diambil ketika layar ponsel berkedip atau suara shutter berbunyi.
  4. Kamu dapat melihat hasil gambar screenshot di aplikasi Albums atau Files.

Terlihat bahwa gesture 3 jari tidak melibatkan tombol fisik sama sekali sehingga tombol Power menjadi aman. Selain dengan 3 jari, kamu juga dapat memanfaatkan tombol S-Capture yang berada di Quick Settings untuk bisa mengambil screenshot.

Cara Screenshot vivo Y100 5G dengan S-Capture

  1. Cari area yang akan kamu screenshot.
  2. Setelah area ditentukan, maka sapu layar dari atas ke bawah dengan 1 jari.
  3. Pada Quick Settings yang muncul, tekan tombol S-Capture.
  4. Pilih Rectangular screenshot.
  5. Tentukan besar area untuk diambil screenshot.
  6. Terakhir, tekan tombol Save.

Selain screenshot biasa, kamu juga dapat memilih beberapa fitur yang muncul di S-Capture seperti Record Screen, Long Screenshot, Record Animation, atau Funny screenshot sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya ketiga metode ini sama-sama mudah untuk dilakukan ketika mengambil screenshot, namun sebaiknya kamu menggunakan gesture 3 jari atau tombol S-Capture agar tombol Power maupun Volume Bawah lebih panjang umurnya.

Tentunya kamu dapat memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan. Menariknya, fitur S-Capture juga menyediakan banyak lagi mode untuk mengambil screenshot, terutama untuk versi panjang halaman dengan Long Screenshot.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar