ASUS TUF Gaming FX507
Laptop / PC

ASUS ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) Tawarkan Grafis Mulus dan Performa Bertenaga

ASUS ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) Tawarkan Grafis Mulus dan Performa Bertenaga

Gadgetren – Masih teringat pada pertengahan bulan Maret 2024 kemarin, ASUS Republic of Gamers telah membawa deretan seri laptop ROG terbarunya. Salah satunya ialah ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) yang ditujukan untuk pengguna yang gemar bermain game berat hingga untuk para pembuat konten profesional.

ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) ditenagai oleh prosesor  Intel® Core™ i9-14900HX yang menggunakan konfigurasi 24 core dan 32 thread dengan frekuensi hingga 5,6GHz sehingga mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar dan cepat.

Prosesor tersebut berbasis arsitektur hybrid yang menggabungkan Raptor Cove core untuk performa tinggi dan Gracemont core untuk efisiensi daya. Kemudian teknologi memorinya juga dibekali DDR5.

Untuk mempercepat kinerja komputasi yang mutakhir, prosesor 14th Gen Intel® Core™ ini juga dilengkapi dengan fitur canggih berupa Intel® Deep Learning Boost yang dapat mempercepat komputasi dengan akselerasi AI. Selain itu juga terdapat Intel® Smart Cache Technology yang disebut dapat meningkatkan kinerja cache dengan menggunakan cache L3 bersama antara core Raptor Cove dan Gracemont.

Prosesor tersebut juga dipadukan dengan prosesor grafis terkencang menggunakan NVIDIA GeForce RTX™ seri 4090 yang memungkinkan pemain game dapat merasakan pengalaman bermain game dengan kualitas grafis mumpuni dan framerate maksimal tanpa efek stuttering maupun tearing.

Di sisi lain bagi pembuat konten, prosesor grafis tersebut dapat menunjang pekerjaan atau proyek mereka untuk menyelesaikan pekerjaannya lebih cepat berkat proses rendering yang jauh lebih singkat serta kemampuan multitasking dalam satu perangkat.

Sebagai bagian dari seri GeForce RTX 4000, prosesor grafis GeForce RTX 4090 dibangun dengan arsitektur Ada Lovelace yang diklaim dapat menawarkan performa yang jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya serta menawarkan fitur-fitur andalannya berupa ray tracing, DLSS 3.0, dan NVIDIA Advanced Optimus. Semuanya untuk mengoptimalkan grafis visual yang mulus dan memanjakan mata.

ASUS-ROG-Strix-SCAR-16-atau-18-

Bagian CPU dan GPU ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) juga didukung sistem pendinginan berupa ROG Intelligent Cooling. ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) kali ini dibekali kipas yang menggunakan konfigurasi Tri-Fan dengan menggabungkan tiga kipas khusus untuk mendinginkan seluruh komponen yang ada di dalam laptop.

Tak hanya tiga kipas untuk membuat dingin laptop ini tetapi juga didukung desain heatsink unik bernama Full-Width Heatsink. Adapun desain heatsink tersebut membentang sepanjang bagian belakang bodi ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) sehingga memaksimalkan proses pelepasan panas.

Ditambah lagi sistem pendinginan laptop gamin ini juga menggunakan kipas berteknologi Arc Flow Fan dan thermal compound berupa liquid metal Thermal Grizzly Conductonaut Extreme. Semuanya untuk menjaga suhu CPU dan GPU ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) tetap dalam kondisi normal dan stabil.

Beralih ke bagian tampilan, ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) mengusung layar berukuran 18″ yang memiliki resolusi Quad HD (2560 x 1600 piksel) serta mendukung refresh rate hingga 240 Hz dan teknologi NVIDIA G-SYNC yang dapat menyesuaikan frame rate GPU dengan refresh rate layar untuk menghilangkan tearing dan stuttering.

 ASUS-ROG-Strix-SCAR-18

Yang menjadi spesial, panel ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) menggunakan teknologi ROG Nebula HDR yang menggunakan panel Mini LED untuk menciptakan efek HDR. Panel Mini LED membuat layar dapat mengeluarkan warna hitam lebih gelap dan warna terang lebih cerah sehingga menciptakan rasio kontras 100.000:1.

Sementara teknologi panel ROG Nebula HDR menggunakan algoritma pencahayaan lokal khusus yang disebut ROG Nebula HDR Engine. Algoritma tersebut disebut telah dilatih dengan lebih dari 150 video dan 2000 foto sehingga dapat menyesuaikan pencahayaan HDR secara dinamis untuk meminimalkan efek blooming di sekitar zona-zona redup. Dengan begitu konten yang dihasilkan dapat terlihat lebih hidup dan tajam.

Selain itu, layar ROG Strix SCAR 18 (G834JYR) juga mendukung color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display untuk dapat menghasilkan warna yang akurat. Kemudian juga telah dibekali fitur Eye Care yang dapat meminimalisir dampak radiasi sinar biru terhadap kesehatan mata.

Tinggalkan Komentar