ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Instagram Agar Hilang dari Daftar

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Instagram - Header

Gadgetren – Berselancar di Instagram tentunya tak lepas kegiatan pencarian yang dilakukan setiap pengguna untuk mencari akun maupun profil akun seseorang yang dikenal, para pembuat konten, tokoh ternama, hingga artis terkenal.

Pencarian di Instagram yang sudah dilakukan biasanya akan meninggalkan jejak nama di kolom yang mana bisa jadi menumpuk sehingga tidak nyaman dilihat. Kamu tidak merasa nyaman dengan banyaknya nama-nama akun dalam kolom pencarian pun bisa menghapusnya secara manual melalui fitur bawaan Instagram.

Penghapusan sebenarnya akan tetap dilakukan oleh Instagram secara otomatis dalam jangka waktu 30 hari. Namun jika kamu tidak ingin menunggu dan perlu menghapus riwayat Instagram secara langsung bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Instagram

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel kamu.
  • Ketuk foto profil di pojok kanan bawah layar.
  • Di halaman profil ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar.
  • Pilih menu Settings and privacy.
     cara-hapus-riwayat-pencarian-IG
  • Pilih menu Accounts Center.
  • Pilih menu Your information and Permissions.
     cara-hapus-riwayat-pencarian-IG
  • Pilih menu Search history.
     cara-hapus-riwayat-pencarian-IG
  • Pilih salah satu akun dan profil Instagram atau Facebook untuk dihapus riwayat pencariannya.
  • Kamu bisa hapus semuanya dengan clear all searches di bawah layar. cara-hapus-riwayat-pencarian-IG
  • Pilih tahapan waktu pencarian misalnya Last hour, yesterday, dan all time.
  • Setelah itu ketuk clear all searches.
     cara-hapus-riwayat-pencarian-IG

Setelah melakukan tahapan tersebut, maka riwayat pencarian yang ada di akun Instagram kamu akan bersih dan hilang. Selain itu kamu juga bisa menghapus riwayat pencarian secara manual pada kolom pencarian Instagram dengan mengetuk tanda silang pada setiap nama akun yang tampil.

Sementara itu kamu juga sebenarnya bisa menyetel penghapusan menjadi tujuh hari. Nantinya riwayat pencarian akan terhapus secara otomatis dan nama akun-akun yang dicari sebelumnya tidak akan muncul lagi.

Fitur ini sebenarnya memiliki berbagai fungsi, namun tentunya opsi yang dihadirkan merupakan salah satu bentuk menjaga keamanan yang dihadirkan oleh Instagram. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan sendiri dengan kebutuhan baik itu secara otomatis maupun manual.

Tentunya tidak hanya riwayat pencarian saja, kamu juga bisa menghapus jenis riwayat lainnya jika dibutuhkan. Sebelum itu kamu bisa melihat riwayat akun secara lengkap untuk mengetahui aktivitas yang telah terjadi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar