Tips dan Trik

Simpan Privasimu dengan Menghapus Riwayat Pencarian Facebook!

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Banner[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Riwayat pencari adalah salah satu privasi yang sering disembunyikan seseorang dari orang lain dengan cara menghapusnya. Tak terkecuali fitur pencarian di Facebook.

Facebook adalah tempat yang dapat digunakan untuk menemukan banyak orang dan mengorek informasi dasarnya, seperti mengorek informasi calon gebetan misalnya. Bahkan pada akun-akun yang bersifat terbuka, pengguna dapat mencari tahu informasi akun tersebut dengan lebih mendalam, sehingga dapat dengan mudah menentukan langkah untuk menarik gebetan tersebut.

Namun, saat kita sedang mencari tahu orang melalui fitur penelusuran di Facebook, secara otomatis platform media sosial raksasa ini akan merekam setiap aktivitas pencarian yang dilakukan tanpa kita sadari. Facebook akan membuat daftar riwayat pencarian tersebut dan menyimpannya.

Nah, tentunya akan berabe dong, kalau kita ketahuan sedang stalking gebetan lewat akun Facebook yang dimilikinya gara-gara riwayat pencarian yang belum terhapus. Apalagi kalau sampai ketahuan oleh calon gebetan itu sendiri.

Untuk mengantisipasinya, pengguna Facebook sebenarnya dapat menghapus riwayat penelusuran yang pernah dilakukannya. Secara default, pengguna dapat menghapusnya dengan menggunakan fitur penghapus riwayat pencarian yang tersedia di dalam platformnya.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Browser

Untuk menghapus riwayat pencarian Facebook melalui browser seperti Chrome, pengguna dapat menggunakan browser apapun, yang jelas browser tersebut harus dapat digunakan untuk mengakses platform media sosial Facebook. Setelah terbuka, pengguna Facebook dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Cara Hapus Riwayat Pencarian Facebook via Web

  1. Ketuk kolom pencarian Facebook seperti saat kita akan melakukan pencarian
  2. Setelah muncul menu riwayat pencarian terbaru, ketuk tombol SUNTING yang ada di paling atas menu riwayat pencarian terbaru
  3. Pada bagian atas menu Riwayat Pencarian, Pengguna akan menemukan opsi hapus pencarian
  4. Klik opsi hapus pencarian tersebut
  5. Jika muncul pop-up konfirmasi dengan menekan tombol Hapus Pencarian

Cara Menghapus Riwayat Pencarian Facebook Melalui Aplikasi Facebook di Android

Cara kerja untuk menghapus riwayat pencarian Facebook di aplikasi Facebook Android hampir mirip dengan cara menghapusnya melalui browser. Berikut ini langkah-langkah menghapus riwayat pencarian Facebook melalui aplikasi Android:

Cara Hapus Riwayat Pencarian Facebook via Android

  1. Buka aplikasi Facebook yang terinstal di ponsel
  2. Ketuk kolom penelusuran yang terletak pada bagian paling atas layar, dan pilih opsi SUNTING
  3. Setelah Log Aktivitas terbuka, pilih Tombol Hapus Pencarian
  4. Konfirmasi proses penghapusan riwayat Facebook dengan menekan tombol Konfirmasi

Setelah melakukan salah satu dari kedua cara tersebut, pengguna dapat mencoba apakah riwayat masih tersimpan atau tidak dengan cara mengetuk kolom pencarian Facebook. Jika muncul riwayat penelusuran terbaru, pengguna dapat mengulang langkah-langkah cara menghapus riwayat Facebook di atas, untuk memastikan telah menekan tombol yang semestinya.

Tinggalkan Komentar