ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan POCO X6 Pro 5G, Monster Baru!

Kelebihan dan Kekurangan POCO X6 Pro 5G - Header

Gadgetren – POCO X6 Pro 5G memang termasuk salah satu perangkat yang sangat menarik di kelas menengah. Namun, apakah benar-benar layak dipertimbangkan saat kita memerlukan ponsel baru?

Jika mengacu harganya yang hanya dibanderol Rp4.999.000 atau Rp4.799.000 selama promo, spesifikasi dan dukungan dari perangkat ini memang bisa dibilang cukup tinggi. Bahkan pada sebagian aspeknya termasuk di atas rata-rata.

Hanya saja, POCO X6 Pro 5G memang bukan perangkat yang benar-benar sempurna. Ponsel menengah ini pun masih mempunyai beberapa kekurangan di balik harga terjangkau dan kelebihan-kelebihan yang ditawarkannya.

Kelebihan POCO X6 Pro 5G

1. Chipset Rasa Flagship

Kita yang memerlukan ponsel mumpuni untuk sekadar berkomunikasi, berjejaring di media sosial, menikmati hiburan, hingga bermain game sekalipun dapat mempertimbangkan POCO X6 Pro 5G sebagai pilihan. Perangkat ini soalnya dipersenjatai dengan MediaTek Dimensity 8300-Ultra.

Dimensity 8300-Ultra merupakan chipset bermanufaktur 4nm yang dikembangkan berdasarkan ARM Cortex-A715 dan ARM Cortex-A510 dengan kecepatan maksimal sampai 3,35GHz. Pemroses grafisnya pun mengandalkan ARM Mali-G615 MC6.

Kemampuan Dimensity 8300-Ultra makanya tidak boleh dipandang sebelah mata. Bahkan saat diuji dengan menggunakan AnTuTu versi 10, chipset tersebut mampu menyentuh kisaran angka 1.400 ribuan di mana bisa disetarakan dengan Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 atau bahkan Snapdragon 8 Gen 2.

Karenanya jika dibandingkan dengan berbagai perangkat di rentang harga serupa, kemampuan POCO X6 Pro 5G sudah di atas rata-rata. Bahkan sampai artikel diterbitkan bisa dikatakan belum ada yang mampu untuk menandinginya.

2. Konfigurasi Memori Menarik

Belum lagi, konfigurasi memori yang dipasangkan ke dalam POCO X6 Pro 5G juga jauh dari kata biasa. Perangkat ini tak hanya mempunyai RAM dan media penyimpanan internal berkapasitas besar tetapi teknologi yang digunakan juga mutakhir.

Untuk pasar Indonesia, POCO X6 Pro 5G yang dilepas dengan varian memori tunggal mempunyai RAM berkapasitas sebesar 12GB. Perangkat ini secara khusus sudah menggunakan teknologi LPDDR5x di mana menawarkan kemampuan baca-tulis data sangat tinggi.

Sementara untuk penyimpanannya, perangkat menengah ini sudah menggunakan media internal dengan teknologi UFS 4.0. Kapasitas yang disediakan sebesar 512GB atau lebih dari cukup untuk menampung banyak data maupun aplikasi sekaligus.

3. Layar di Atas Rata-rata

Menggunakan panel yang disebut Flow AMOLED, POCO X6 Pro 5G menawarkan tampilan gambar yang terlihat jernih. Bahkan secara teknis masih bisa tetap terlihat jelas di bawah terik matahari karena mampu beroperasi hingga kecerahan 1.800nits.

Ukuran panelnya memang masih sama dengan kebanyakan ponsel menengah, yakni seluas 6,67 inci. Hanya saja bingkainya lumayan tipis dan resolusi yang digunakan pun sudah di atas rata-rata berkat teknologi layar CrystalRes 1.5K (2712 × 1220 piksel).

Layar POCO X6 Pro 5G sudah mendukung HDR 10+ yang memungkinkan konten-konten HDR terlihat secara lebih baik. Terdapat teknologi Dolby Vision yang juga dapat meningkatkan kualitas produksi gambar untuk tayangan-tayangan tersebut.

Di sisi lain, layar POCO X6 Pro 5G juga sudah membawa pengaturan refresh rate hingga 120Hz. Perangkat ini pun dilengkapi dengan teknologi pemindai sidik jari terintegrasi di panel alih-alih menempatkannya di sisi samping bersama tombol Power.

4. Baterai dan Pengisian Daya Mumpuni

Hadir sebagai solusi pas untuk beraktivitas, POCO X6 Pro 5G mempunyai baterai berkapasitas 5.000mAh. Perangkat ini pun digadang-gadang mampu bertahan hingga 19 jam untuk menonton video, 29 jam melakukan panggilan telepon, hingga 50 jam memutar musik dalam sekali siklus pengisian.

Kalaupun terpaksa harus mengisi daya, perangkat ini sudah dilengkapi dengan teknologi 67W Turbo Charging yang mampu mempersingkat prosesnya. Bahkan secara teknis kita nanti hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit untuk membuat baterai penuh.

5. Sudah Bawa HyperOS

Yang tak kalah menarik, POCO X6 Pro 5G langsung hadir dengan sistem operasi Android 14 yang dibalut HyperOS. Kita tidak perlu menunggu lama untuk menjajal tampilan maupun berbagai macam fitur baru yang ditawarkan oleh antarmuka baru Xiaomi tersebut.

Selain itu, pemakaian antarmuka sistem HyperOS pada POCO X6 Pro 5G juga dapat membuat masa pakai perangkat semakin panjang. Ponsel ini apalagi dijanjikan akan memperoleh pembaruan mayor hingga selama tiga tahun dan patch keamanan empat tahun untuk memastikannya tetap mutakhir.

Kekurangan POCO X6 Pro 5G

1. Jack Audio dan Slot Kartu Eksternal Absen

Sayangnya, POCO X6 Pro 5G benar-benar mengikuti jejak ponsel-ponsel flagship yang umumnya dijual lebih mahal. Perangkat ini turut menghilangkan dukungan untuk jack audio 3,5mm maupun pemasangan kartu penyimpanan eksternal.

Absennya jack audio 3,5mm bisa diantisipasi dengan menggunakan perangkat suara nirkabel atau kabel konverter. Hanya saja kita memang perlu menyiapkan dana tambahan untuk membeli salah satu dari keduanya.

Sedangkan untuk penyimpanan, POCO X6 Pro 5G untungnya dilengkapi dengan kapasitas media internal yang sangat besar. Kita yang memerlukan ruang lebih banyak pun hanya perlu melakukan pengelolaan data seperti menghapus atau memindahkannya secara berkala.

2. Masih Ada Iklan

Antarmuka sistem HyperOS yang menjadi andalan baru Xiaomi pun sayangnya masih mewarisi sistem iklan dari MIUI. Kita dalam hal ini umumnya akan menemukannya di berbagai macam aplikasi bawaan perangkat.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar