ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 8 Fitur iOS 17.3! Bukan Hanya Peningkatan Saja

Fitur iOS 17.3 - Header

Gadgetren – Menyempurnakan iOS 17 yang diluncurkan pada Tahun 2023 silam, Apple kembali memberikan pembaruan sistem operasi tersebut di mana kali ini mengusung kode 17.3.

Pembaruan teranyar dari sistem iOS tersebut kini pun sudah bisa dipasang oleh para pengguna iPhone. Kamu yang ingin segera mencicipinya dapat membuka bagian Settings > General > Software Update untuk mengecek ketersediaannya pada iPhone yang digunakan.

Yang sangat menarik meskipun bukan pembaruan mayor, iOS 17.3 tidak hanya menawarkan sebatas peningkatan maupun perbaikan. Sistem operasi versi baru tersebut juga membawa beberapa fitur baru untuk melengkapi apa yang sudah ada sebelumnya.

1. Stolen Device Protection

Salah satu di antaranya adalah Stolen Device Protection. Fungsinya untuk melindungi data-data penting seperti akun bank, password tersimpan, hingga akses ke sejumlah pengaturan saat perangkat iPhone hilang atau dicuri.

Saat mengaktifkan opsi Stolen Device Protection, akses ke sejumlah hal penting di perangkat iPhone tak hanya memerlukan passcode saja melainkan autentikasi biometrik dengan Face ID atau Touch ID. Jadi pencuri tidak dapat berbuat lebih banyak.

Adapun dalam hal ini, autentikasi biometrik di antaranya diperlukan saat seseorang ingin membuka kumpulan password yang tersimpan di iCloud Keychain, mematikan Lost Mode, menghapus konten, hingga melakukan pembelian di aplikasi Safari.

Proteksi yang ditawarkan oleh Stolen Device Protection juga semakin kuat karena akan membuat proses penggantian password Apple ID sedikit lebih rumit. Selain memerlukan autentikasi biometrik, kita kini soalnya perlu menunggu sampai kurang lebih satu jam sampai data diperbaharui sehingga ada jeda yang bisa digunakan jika ternyata bukan kamu yang melakukannya.

Penundaan pembaruan informasi Apple ID ini tentu dapat memberikan waktu bagi kita untuk mengantisipasi penggantian yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab. Perlu dicatat bahwa waktu tunda tidak diperlukan apabila kita melakukannya di tempat terpercaya seperti rumah atau kantor.

2. Collaborative Apple Music Playlists

Lewat pembaruan iOS 17.3, Apple juga menyematkan fitur Collaborative Apple Music Playlists. Kita dapat memanfaatkannya untuk mengundang orang lain supaya mereka bisa mendengarkan sekaligus menambahkan lagu ke dalam daftar putar yang kita miliki.

Fitur ini dapat digunakan untuk membagikan daftar putar di aplikasi Apple Music menggunakan tautan dan menyetujui siapa saja yang dapat mengaksesnya. Namun tak perlu khawatir, ada juga opsi untuk mengeluarkan orang, menghapus lagu, maupun mematikan dukungannya jika diperlukan.

3. Collaborative Playlist Emoji Reactions

Selain Collaborative Apple Music Playlists, Apple juga menghadirkan Collaborative Playlist Emoji Reactions. Fitur ini memungkinkan orang-orang menambahkan emoji ke lagu yang sedang didengar dari daftar putar untuk mengekspresikan perasaannya.

Setiap reaksi emoji yang ditambah pun akan ditampilkan ke semua orang yang ikut bergabung di dalam daftar putar. Nantinya akan dianimasikan sejak lagu yang berkaitan sedang diputar di aplikasi Apple Music untuk semakin menambah keseruan mendengarkan musik.

4. AirPlay 2

Fitur AirPlay 2 kini juga hadir lewat pembaruan iOS 17.3. Kita kini pun dapat menonton konten-konten dari layanan streaming hotel yang mendukung di iPhone, iPad, maupun MacBook secara langsung tanpa perlu menggunakan kredensial.

5. AppleCare

Sebagai peningkatan minor, pembaruan iOS 17.3 juga menghadirkan dukungan AppleCare yang lebih lengkap. Kita kini dapat melihat masa garansi dari semua perangkat yang terhubung dengan Apple ID pada bagian AppleCare & Warranty di halaman Settings.

6. Crash Detection

Fitur Crash Detection sebenarnya sudah didukung oleh lini iPhone 14 dan iPhone 15. Namun bersama dengan pembaruan iOS 17.3, fungsi dari dukungan ini kini mendapat optimasi untuk mencegahnya aktif ketika ada gerakan yang mirip kecelakaan.

7. Wishlists untuk TV Show dan Movie

Setelah sempat hilang bersama penonaktifan dukungan pembelian film maupun acara TV lewat iTunes Store di iOS 17.2, Apple kini membawa kembali fungsi wishlist atau daftar keinginan untuk konten-konten tersebut melalui iOS 17.3. Mereka menambahkan opsi Go to Wish List pada bagian Movie and TV Show.

8. Peningkatan Keamanan

Di samping berbagai macam fitur anyar dan peningkatannya, pembaruan iOS 17.3 juga membawa perbaikan untuk kurang lebih 16 masalah keamanan. Termasuk di antaranya meliputi kerentanan di WebKit, celah pada kernel, hingga proteksi untuk peranti lunak mata-mata agar ponsel lebih aman dari serangan digital.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar