ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menghapus Riwayat Mi Browser Xiaomi Biar Privasi Aman

Cara Menghapus Riwayat Mi Browser - Header

Gadgetren – Ponsel-ponsel buatan Xiaomi meluncur dengan aplikasi peramban bawaan bernama Mi Browser yang memungkinkan kita lebih mudah dalam mengakses berbagai macam layanan berbasis web.

Namun seperti halnya pada aplikasi peramban yang lain, Mi Browser juga akan menyimpan riwayat penelusuran yang kita lakukan. Hal ini ditujukan untuk mempermudah kita dalam menemukan web yang kita kunjungi sebelum-sebelumnya.

Sayangnya bagi sebagian di antara kita, penumpukan riwayat penelusuran di Mi Browser termasuk hal yang perlu dihindari. Adapun salah satu alasannya karena berkaitan dengan data privasi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Cara Menghapus Riwayat Mi Browser

  • Jalankan aplikasi Mi Browser.
  • Buka tab Profile (ikon orang) yang terletak di menu pojok kanan bawah.
    Cara Menghapus Riwayat Mi Browser - 1
  • Selanjutnya pilih menu Bookmarks & History.
    Cara Menghapus Riwayat Mi Browser - 2
  • Masuk ke tab History.
    Cara Menghapus Riwayat Mi Browser - 3
  • Ketuk tombol Clear History di bagian bawah.
  • Ketuk tombol OK jika muncul jendela konfirmasi.
    Cara Menghapus Riwayat Mi Browser - 4

Untungnya, menghapus riwayat penelusuran di Mi Browser bukan termasuk perkara yang sulit. Kita bahkan dapat melakukannya melalui aplikasi peramban tersebut secara langsung sebagaimana langkah-langkah di atas.

Yang sangat menarik, Mi Browser di sisi lain juga mempunyai dukungan untuk menghapus riwayat penelusuran secara otomatis. Jadi kita nanti tidak perlu repot-repot melakukannya setiap kali menggunakan aplikasi peramban tersebut.

Menghapus Riwayat Mi Browser Secara Otomatis

  • Buka menu Bookmarks & History di Mi Browser dengan memakai cara yang sebelumnya.
  • Buka tab History.
  • Nyalakan opsi Clear history upon exit.
    Cara Menghapus Riwayat Mi Browser - 5

Dengan mengaktifkan opsi Clear history upon exit, Mi Browser nanti akan menghapus riwayat secara otomatis saat kita menutupnya. Jadi daftar penelusuran sebelumnya tidak akan muncul setiap kita membuka kembali aplikasi tersebut.

Selain menggunakan fungsi Clear history upon exit, kita sebenarnya juga dapat menghindari penyimpanan riwayat penelusuran dengan memanfaatkan mode incognito. Mi Browser pun mempunyai dukungan untuk mengaktifkannya.

Menggunakan Incognito

  • Di halaman utama Mi Browser, ketuk Manage Tab (ikon kotak) di pojok kanan atas.
    Cara Menghapus Riwayat Mi Browser - 6
  • Setelah itu, ketuk tombol Incognito (ikon topeng) di bar menu bawah.
    Cara Menghapus Riwayat Mi Browser - 7
  • Lakukan penelusuran seperti yang diinginkan.

Hanya saja karena dirancang untuk melindungi privasi para pengguna, mode incognito yang ditawarkan oleh Mi Browser mempunyai beberapa pembatasan. Kita salah satu di antaranya tidak dapat melakukan screenshot untuk web yang dikunjungi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar