ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S24+, Semakin Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S24+ - Header

Gadgetren – Gelaran acara Galaxy Unpacked 2024 memperkenalkan beberapa produk baru dari Samsung. Adapun di antaranya termasuk perangkat flagship mereka, yakni Samsung Galaxy S24+.

Perangkat kelas atas tersebut pun dapat menjadi opsi lebih baik jika kita memerlukan ponsel dengan ukuran layar lebih luas ketimbang versi standar. Hanya saja kita memang perlu mengeluarkan dana lebih banyak untuk meminangnya.

Meskipun terbilang cukup mahal, apa yang ditawarkan oleh Galaxy S24+ menariknya lumayan selaras dengan banderol harganya. Perangkat tersebut tercatat membawa beberapa kelebihan yang membuatnya layak dipertimbangkan di balik kekurangan-kekurangannya.

Kelebihan Samsung Galaxy S24+

1. Dapur Pacu Mumpuni

Salah satu keunggulan dari Galaxy S24+ terletak pada bagian dapur pacunya. Flagship baru tersebut soalnya sudah mengemas Samsung Exynos 2400 di mana termasuk salah satu chipset papan atas yang menawarkan berbagai macam teknologi mutakhir.

Exynos 2400 merupakan chipset berinti sepuluh yang dikembangkan berdasarkan arsitektur ARM Cortex-X4, Cortex-A720, dan Cortex-A520 dengan menggunakan manufaktur 6nm. Kecepatan maksimalnya mampu menembus angka 3,2GHz.

Chipset ini menggunakan pemroses grafis Samsung Xclipse 920 yang dikembangkan berdasarkan AMD RDNA 3. Adapun di dalamnya membawa sejumlah peningkatan, mencakup kemampuan ray tracing yang dapat menciptakan efek bayangan dan pantulan cahaya realistis.

Bersama dengan chipset ini, Galaxy S24+ kini juga menawarkan dukungan memori yang lebih mumpuni. Samsung soalnya menyematkan RAM berkapasitas 12GB serta media penyimpanan yang dapat dipilih antara 256GB atau 512GB.

Dengan kombinasi dapur pacu yang dibawa Galaxy S24+, berbagai aktivitas mulai dari bekerja hingga bermain game pun dapat dilakukan dengan lancar. Kita apalagi tidak perlu khawatir perangkat cepat panas karena Samsung kini menyematkan sistem termal dengan Vapor Chamber 1,5 kali lebih besar.

2. Layar Lebih Baik

Untuk jajaran ponsel flagship baru mereka, Samsung tercatat menggunakan layar yang lebih menarik. Hal ini juga berlaku untuk Galaxy S24+ yang mana sebenarnya masih menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X seperti pendahulunya.

Layar Galaxy S24+ kini di antaranya tercatat mempunyai ukuran yang sedikit lebih besar, yaitu menjadi seluas 6,7 inci. Resolusi panelnya juga ditingkatkan sampai QHD+ (3120 x 1440 piksel) yang secara teknis bakalan mampu menampilkan tayangan gambar dengan lebih tajam.

Tidak hanya sampai di situ, layar Galaxy S24+ kini juga mempunyai tingkat kecerahan sampai 2.600 nits yang menjanjikan tampilan tetap jelas meskipun digunakan langsung di luar ruangan. Pengaturan refresh rate adaptif yang didukung kini juga lebih luas dengan rentang 1 sampai 120Hz.

3. Bawa Galaxy AI

Berjalan dengan antarmuka sistem One UI 6.1, Galaxy S24+ turut menawarkan dukungan sistem kecerdasan buatan Samsung terbaru yang disebut Galaxy AI. Adapun di dalamnya mencakup sejumlah fungsi menarik seperti Circle to Search, Live Translate, Note Assist, maupun Photo Assist.

Bagi kamu yang belum tahu, Circle to Search memungkinkan kita mencari informasi dari sebuah obyek di dalam gambar dengan membuat lingkaran di sekitarnya. Live Translate berfungsi untuk menerjemahkan bahasa secara langsung semisal saat melakukan panggilan telepon.

Note Assist dapat memudahkan kita membuat ringkasan dari tulisan atau informasi panjang sehingga kita tidak perlu membacanya secara keseluruhan. Sementara Photo Assist bisa dipakai mengedit foto secara praktis seperti untuk menghapus atau memindahkan obyek.

4. Baterai Lebih Besar

Datang dengan dimensi bodi yang sedikit lebih bongsor, Galaxy S24+ juga menawarkan dukungan baterai yang lebih besar. Perangkat besutan Samsung tersebut kini mempunyai kapasitas penyimpanan daya hingga 4.900mAh.

Dikombinasikan bersama manajemen pemakaian baterai cerdas, perangkat tersebut pun dapat digunakan dengan siklus pemakaian yang lebih lama. Galaxy S24+ bahkan diklaim bisa bertahan hingga selama 31 jam untuk memutar video atau 92 jam untuk musik.

Kalaupun perlu melakukan pengisian daya, perangkat tersebut pun sudah dilengkapi dengan teknologi 45W Super Fast Charging 2.0. Baterai Galaxy S24+ hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk mengisi hingga 65 persen.

Di sisi lain, Galaxy S24+ pun ditunjang dengan teknologi Fast Wireless Charging 2.0 yang memungkinkan kita melakukan pengisian daya secara nirkabel. Tersedia juga dukungan Wireless PowerShare yang dapat membuat ponsel tersebut berlaku selayaknya power bank dan dipakai untuk mengisi perangkat lain.

5. Jaminan Pembaruan Sangat Panjang

Yang tak kalah menarik, dukungan maupun fitur Galaxy S24+ juga tidak akan ketinggalan jaman meskipun sudah digunakan selama bertahun-tahun. Samsung soalnya menjanjikan pembaruan sistem berjangka sangat panjang untuk ponsel tersebut.

Dalam hal ini, Samsung menjanjikan pembaruan sistem operasi maupun patch keamanan hingga selama 7 tahun untuk Galaxy S24+. Artinya kita dapat memakai perangkat tersebut kurang lebih sampai Tahun 2031 mendatang.

Kekurangan Samsung Galaxy S24+

1. Paket Penjualan Kurang Lengkap

Sayangnya di balik berbagai macam keunggulannya, paket penjualan dari Galaxy S24+ tergolong kurang lengkap. Kita soalnya hanya akan memperoleh pembuka slot kartu dan kabel data USB Type-C selain perangkat tersebut.

Kita makanya perlu menyiapkan dana tambahan untuk membeli beberapa aksesori secara terpisah. Misalnya untuk adaptor pengisi daya 45W original Samsung, kita memerlukan biaya sebesar Rp499.000. Nominalnya bisa semakin membengkak jika kita juga memerlukan case atau pelindung layar tambahan.

2. Semakin Mahal

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Galaxy S24+ mengalami peningkatan harga yang lumayan banyak. Hanya saja ini tergolong wajar karena spesifikasi dan dukungan yang ditawarkan oleh perangkat tersebut juga meningkat secara signifikan.

Untuk meminang perangkat tersebut, kita setidaknya memerlukan dana sebesar Rp16.999.000. Hanya saja kita berkesempatan memperoleh model dengan media internal dua kali lebih besar dengan harga serupa jika mengikuti masa pre-order.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar